Minggu, 12 Februari 2012

Whitney Houston Meninggal Dunia

Penyanyi pop kawakan asal Amerika Serikat Whitney Houston meninggal dunia pada usia 48 tahun, Sabtu (11/2/2012). Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara Kristen Foster. Akan tetapi, penyebab dan lokasi kematiannya belum diketahui.

Berita kematian Houston datang di malam perayaan bagi insan musik Grammy Award. Informasi awal datang dari publisis Houston Kristen Foster yang mengkonfirmasi tentang kematian Houston. Sepanjang hidup Whitney Houston penuh kontroversi, termasuk tentang ia sebagai pengguna obat-obatan terlarang.

Houston memulai karier menyanyinya di tahun 1980-an dan hingga akhir 90-an Houston masih terus menjadi artis dengan penjualan album terlaris. Beberapa lagu yang populer dan meledak di pasaran antara lain I Will Always Love You, Waiting to Exhale, I Have Nothing. Whitney Houston menjadi inspirasi bagi banyak penyanyi muda, seperti Christina Aguilera hingga Mariah Carey. Houston merilis debut album pada 1985 yang meroketkan namanya, terjual 25 juta copy di seluruh dunia. Totalnya, Houston merilis 7 album dan 3 album soundtrack film. Ia sudah meraih 6 Grammy dan totalnya menjual 170 juta copy dari album dan single. Dia merraih 30 Billboard awards, 22 piala American Music Awards, dan 2 Emmy awards. Houston sudah main 3 film, diawali Waiting to Exhale tahun 1992, dan dijadwalkan kembali ke layar lebar tahun ini, main film remake Sparkle.

Sebelum dilaporkan meninggal Houston diminta dokter pribadinya untuk segera mengubah gaya hidupnya. Perempuan berusia 47 tahun itu diminta harus berhenti merokok jika masih ingin bertahan hidup.

Pernyataan itu disampaikan dokter pribadinya setelah Houston didiagnosa emfisema di tubuhnya. Emfisema merupakan penyakit paru-paru kronis yang ditandai kerusakan jaringan sehingga paru-paru kehilangan elastisitas.

Hilangnya elastisitas itu membuat udara di dalam paru-paru tidak bisa keluar dan masuk dengan normal. Akibatnya kantong udara akan membesar karena penumpukan udara di dalamnya. Dalam kondisi ini, penderita biasanya memperlihatkan gejala sulit bernapas. Penyebab utama emfisema adalah rokok.
Whitney, sang ratu pop dunia, sebelumnya dikenal sebagai pengguna obat-obatan terlarang. Hingga saat ini, seperti dikutip USAtoday.com dari Associated Press, belum ada informasi detil mengenai kematiannya.

Pada puncak karirnya, istri Bobby Brown ini dikenal sebagai diva di industri musik dunia. Sejak pertengahan tahun 1980-an hingga akhir 1990, dia adalah salah satu artis terlaris.
 



0 komentar: