Jumat, 30 November 2012

Kuis Kesehatan, sekedar iseng Uji pengetahuan kesehatan

Ujilah pengetahuan dasar Anda tentang makanan sehat dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut  ini.  Pilihlah jawaban yang tepat, lalu pelajarilah jawabannya yang diberikan di akhir kuis ini.

1. Sumber utama energi bagi tubuh adalah:
a.    Karbohidrat
b.    Protein
c.    Lemak

2. Semakin tua seseorang, maka kebutuhan energinya pun akan semakin meningkat.
a.    Benar
b.    Salah

3. Daging sapi mengandung lebih banyak protein dari pada ikan.
a.    Benar
b.    Salah

4. Makanan sehat harus mengikutsertakan daging yang banyak.
a.    Benar
b.    Salah.

5. Agar sehat sepanjang harinya, makanlah sebutir telur setiap pagi.
a.    Benar
b.    Salah

6. Kolesterol dalam telur ayam terdapat di:
a.    Bagian putih telur
b.    Bagian kuning telur

7. Manakah yang mengandung kolesterol?
a.    Benar.
b.    Kacang tanah.
c.    Ayam.

8. Ikan tidak mengandung kolesterol.
a.    Benar.
b.    Salah.

9. Vitamin C perlu dikonsumsi setiap hari.
a.    Benar
b.    Salah

10. Vitamin mengandung kalori:
a.    Benar
b.    Salah

11. Sumber utama vitamin D adalah:
a.    Daging
b.    Susu

12. Sebaiknya berapa banyakkah garam yang harus dimakan setiap harinya?
a.    2 sendok makan
b.    1 sendok makan
c.    0,5–1,5 sendok teh

13. Agar tetap langsing jangan minum sewaktu makan.
a.    Benar
b.    Salah

14. Manakah yang membuat gemuk?
a.    Roti
b.    Daging
c.    Tidak keduanya

15. Nenas dapat menguruskan tubuh.
a.    Benar
b.    Salah

16. Untuk menurunkan berat badan jangan makan karbohidrat.
a.    Benar
b.    Salah

17. Manakah yang tidak mengandung kafein?
a.    Minuman kola
b.    Teh
c.    Sari buah.

18. Jika telah terlanjur makan terlalu banyak, maka tidak perlu makan pada waktu jam
      makan berikutnya.
a.    Benar
b.    Salah
19. Makanan manakah yang tidak mengandung serat?
a.    Polong-polongan.
b.    Buah-buahan
c.    Daging.

20. Air adalah satu-satunya minuman yang dibutuhakan manusia.
a.    Benar
b.    Salah

JAWABAN:
1. a.  Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber utama energi.  Sedangkan lemak adalah sumber yang kedua dan protein merupakan pilihan sumber yang terakhir.

2. b.    Pada umur di atas 30 tahun metabolisme tubuh semakin lambat sehingga tubuh membutuhkan lebih sedikit energi.

3. b.    Dengan berat yang sama ikan mengandung lebih banyak protein daripada daging sapi.

4. b.    Memang, protein adalah penting bagi tubuh tetapi kita tidak memerlukannya terlalu banyak.

5. b.    Telur mengandung sangat banyak kolesterol. Terlalu banyak telur tidak baik bagi tubuh.

6. b.    Bagian kuning telur ayam mengandung sekitar 250 mg kolestrol.

7. c.    Makanan nabati tidak mengandung kolesterol.

8. b.    Hampir semua ikan mengandung sekitar 50 mg kolestrol per 85 gramnya. Dengan berat yang sama, daging mengandung sekitar 75 mg kolestrol.

9. a.    Vitamin C tidak disimpan dalam tubuh. Kelebihannya dibuang melalui air kencing.

10.b.    Vitamin tidak mengandung kalori. Vitamin adalah zat kimia yang meningkatkan efisiensi pertumbuhan secara maksimum serta menjaga agar otot dan saraf dapat berfungsi dengan baik.

11. b.    Susu dan makanan yang berasal dari susu, biasanya diperkaya dengan vitamin D.

12. c.        Jumlah garam yang direkomendasikan untuk dimakan seorang dewasa setiap hari adalah 1100-3300 mg, atau sekitar 0,5-1,5 sendok teh dalam makanan.

13. b.    Minum sewaktu makan tidak akan menggemukkan. Malahan meminum air terlalu banyak sewaktu dan setelah makan akan mengganggu pencernaan.

14. c.        Tidak ada jenis makanan yang secara langsung menggemukkan. Tetapi kalori yang dikandungnyalah yang akan disimpan sebagai lemak jika tidak habis digunakan oleh tubuh.

15. b.    Nenas memang mengandung zat bromelin yang merangsang pencernaan protein. Selain itu nenas juga bersifat diuretik mempermudah proses buang air kecil. Tetapi, nenas tidak menguruskan tubuh.

16. b.    Karbohidrat adalah sangat penting. Menghilangkan karbohidrat dari menu makanan dapat mengganggu keseimbangan kadar asam dalam tubuh.

17. c.        Semua sari buah tidak mengandung kafein. Satu botol minuman kola dapat mengandung 40-65 mg kafein, satu gelas teh mengandung 75 mg, dan satu gelas kopi mengandung sekitar 130 mg kafein.

18. b.    Dengan tidak makan pada jam berikutnya, sistem kerja pencernaan tubuh akan tidak teratur. Oleh sebab itu, walaupun telah makan terlalu banyak sebelumnya, tetaplah makan juga pada jam makan berikutnya walaupun hanya sedikit.

19. c.        Hanya tumbuh-tumbuhan yang mengandung serat.

20. a.        Minuman lainnya hanya untuk kenikmatan tambahan saja.

Ada banyak alasan mengapa kita harus mengkonsumsi makanan.  Alasan yang baik adalah “makan agar sehat”.  Kita tahu bahwa seeorang yang sakit atau sakit-sakitan mempunyai banyak pantangan sehingga tidak bebas memilih makanannya sendiri.  Oleh sebab itu, marilah makan agar bisa sehat supaya bisa sehat untuk makan

Penyebab Stress dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebenarnya, apakah yang menyebabkan stres? Pertanyaan ini sangat sulit dijawab.  Sebab, hal-hal yang menimbulkan stres bagi seseorang belum tentu akan menimbulkan hal yang sama bagi orang lain.  Di samping itu, daftar hal-hal yang dapat menimbulkan stres sangatlah panjang.  Berikut ini adalah kesimpulan yang dapat ditarik mengenai sumber dan penyebab stres atau stressor secara umum.

Pertama, yang paling jelas adalah, tingkat dampak stres akan sangat ditentukan oleh sikap masing-masing individu.  Contohnya, gempa bumi yang dasyat memang akan mengganggu setiap orang, akan tetapi kata-kata hinaan belum tentu akan mengganggu perasaan setiap orang yang menerimanya.

Kedua, keadaan lingkungan akan menentukan tingkat dampak stres.  Contoh, suara ribut yang berasal dari dari ruang kantor kita sendiri akan lebih dapat ditoleransi daripada yang berasal dari ruang kantor orang lain.

Ketiga, hal yang telah diharapkan sebelumnya akan kurang mengganggu daripada hal yang kedatangnya sama sekali tidak diharapkan.  Dan, dampaknya akan lebih besar jika kejadian itu tidak dapat diramalkan sama sekali.

Keempat, mungkin yang terpenting adalah ketidakmampuan seseorang dalam mengatasi keadaan akan menimbulkan stres yang sangat besar.  Seseorang akan lebih tenang dalam menghadapi masalah jika dia tahu bahwa dia akan mampu mengatasi masalah tersebut.

penyebab Stress


Selanjutnya marilah kita tinjau beberapa sumber stress (stressor) pekerjaan yang paling umum ditemui para pekerja dan profesional worker dalam kehidupan modern sekarang ini.


PEKERJAAN YANG TERLALU BERAT ATAU TERLALU RINGAN. 
Seseorang yang terlalu cepat naik pangkat atau mendapat jabatan tanpa dibarengi oleh pengalaman serta kematangan jiwa yang cukup akan mengalami banyak stres.  Seseorang yang diberi pekerjaan yang tidak sebanding dengan kemampuannya pun akan mengalami hal yang sama.


PERUBAHAN. 
Alvin Toffler memulai bukunya yang berjudul Future Shock dengan pernyataan sebagai berikut: “Jutaan manusia biasa, yang normal jiwanya akan berbenturan secara tiba-tiba dengan masa depan”.  Buku itu mendefinisikan future shock (kejutan masa depan) sebagai “Terganggunya arah kehidupan yang disebabkan oleh tibanya masa depan sebelum waktunya”.  Demikian juga John Naisbitt.  Dalam bukunya yang berjudul Megatrends beliau menyatakan bahwa negara Amerika khususnya dan dunia umumnya, sedang mengalami banjir informasi yang dapat menelan mereka yang bertanggung jawab untuk menyerap arus informasi tersebut.  Perubahan norma dan pola kehidupan terjadi begitu cepat dan tak menentu, sehingga akan dapat membuat kita bingung dan bahkan putus asa.  Segala macam jenis perubahan yang terjadi di masyarakat luas maupun yang terjadi di kantor akan dapat menjadi sumber stres yang cukup besar.

POSISI TENGAH. 
Sumber stres yang lain adalah upaya para eksekutif untuk membuat para atasan dan bawahannya senang walaupun keinginan kedua belah pihak berbeda dan bahkan bertentangan.  Siapa pun yang berada dalam posisi ini, berada dalam keadaan sulit dan tidak akan selamanya bisa berhasil dalam usahanya tersebut.

TEKANAN.
Banyak eksekutif yang secara sadar atau tidak sadar telah menjadi budak waktu.  Seperti halnya di sekolah-sekolah berasrama, kelihatannya si pemukul bel-lah yang paling berkuasa.  Seolah-olah dialah yang menentukan kapan para pengajar boleh memulai atau mengakhiri perkuliahan, kapan siswa boleh makan, kapan mereka harus tidur dan bangun, dan sebagainya.  Di kantor terasa terlalu sedikit waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang begitu banyak.  Akan tetapi, banyak dari tekanan yang timbul adalah akibat ulah sendiri dengan membuat tujuan kerja yang terlalu tinggi.

PERSELISIHAN. 
Hal ini sering menjadi sumber ketegangan dalam kantor.  Suasana kerja yang tegang  akan merongrong semangat kerja. Jenis perselisihan yang timbul akan sangat bervariasi.  Akan tetapi, banyak dari perselisihan yang timbul merupakan akibat dari perbedaan yang mencolok dalam tingkat inteligensia, kecepatan berpikir, rasa tanggung-jawab, keluwesan bergaul, serta latar belakang kehidupan keluarga.

PERAN GANDA. 
Wanita karir yang telah berumah tangga memiliki pekerjaan ganda, yang masing-masingnya menuntut perhatian yang cukup besar. Besar kemungkinan bahwa tanggung jawabnya di kantor akan berbenturan dengan tanggung jawabnya di rumah.  Peran ganda ini dapat menjadi sumber stress yang potensial sehingga dibutuhkan ketrampilan khusus untuk menjaga kedua tanggung jawab ini dapat berjalan bersama-sama secara seimbang dan serasi.

Banyak hal lainnya yang dapat menjadi sumber stres bagi setiap orang yang masih hidup. Sebab, hampir semua hal yang kita temui dalam hidup ini dapat  menjadi  sumber stress yang potensial.
Berbicara mengenai stres, satu hal yang pasti adalah: kita sama sekali tidak dapat menghindari stres.  Akan tetapi, masing-masing kita dapat berbuat sesuatu untuk mengatasi stres itu.

Penyebab Stress dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebenarnya, apakah yang menyebabkan stres? Pertanyaan ini sangat sulit dijawab.  Sebab, hal-hal yang menimbulkan stres bagi seseorang belum tentu akan menimbulkan hal yang sama bagi orang lain.  Di samping itu, daftar hal-hal yang dapat menimbulkan stres sangatlah panjang.  Berikut ini adalah kesimpulan yang dapat ditarik mengenai sumber dan penyebab stres atau stressor secara umum.

Pertama, yang paling jelas adalah, tingkat dampak stres akan sangat ditentukan oleh sikap masing-masing individu.  Contohnya, gempa bumi yang dasyat memang akan mengganggu setiap orang, akan tetapi kata-kata hinaan belum tentu akan mengganggu perasaan setiap orang yang menerimanya.

Kedua, keadaan lingkungan akan menentukan tingkat dampak stres.  Contoh, suara ribut yang berasal dari dari ruang kantor kita sendiri akan lebih dapat ditoleransi daripada yang berasal dari ruang kantor orang lain.

Ketiga, hal yang telah diharapkan sebelumnya akan kurang mengganggu daripada hal yang kedatangnya sama sekali tidak diharapkan.  Dan, dampaknya akan lebih besar jika kejadian itu tidak dapat diramalkan sama sekali.

Keempat, mungkin yang terpenting adalah ketidakmampuan seseorang dalam mengatasi keadaan akan menimbulkan stres yang sangat besar.  Seseorang akan lebih tenang dalam menghadapi masalah jika dia tahu bahwa dia akan mampu mengatasi masalah tersebut.

penyebab Stress


Selanjutnya marilah kita tinjau beberapa sumber stress (stressor) pekerjaan yang paling umum ditemui para pekerja dan profesional worker dalam kehidupan modern sekarang ini.


PEKERJAAN YANG TERLALU BERAT ATAU TERLALU RINGAN. 
Seseorang yang terlalu cepat naik pangkat atau mendapat jabatan tanpa dibarengi oleh pengalaman serta kematangan jiwa yang cukup akan mengalami banyak stres.  Seseorang yang diberi pekerjaan yang tidak sebanding dengan kemampuannya pun akan mengalami hal yang sama.


PERUBAHAN. 
Alvin Toffler memulai bukunya yang berjudul Future Shock dengan pernyataan sebagai berikut: “Jutaan manusia biasa, yang normal jiwanya akan berbenturan secara tiba-tiba dengan masa depan”.  Buku itu mendefinisikan future shock (kejutan masa depan) sebagai “Terganggunya arah kehidupan yang disebabkan oleh tibanya masa depan sebelum waktunya”.  Demikian juga John Naisbitt.  Dalam bukunya yang berjudul Megatrends beliau menyatakan bahwa negara Amerika khususnya dan dunia umumnya, sedang mengalami banjir informasi yang dapat menelan mereka yang bertanggung jawab untuk menyerap arus informasi tersebut.  Perubahan norma dan pola kehidupan terjadi begitu cepat dan tak menentu, sehingga akan dapat membuat kita bingung dan bahkan putus asa.  Segala macam jenis perubahan yang terjadi di masyarakat luas maupun yang terjadi di kantor akan dapat menjadi sumber stres yang cukup besar.

POSISI TENGAH. 
Sumber stres yang lain adalah upaya para eksekutif untuk membuat para atasan dan bawahannya senang walaupun keinginan kedua belah pihak berbeda dan bahkan bertentangan.  Siapa pun yang berada dalam posisi ini, berada dalam keadaan sulit dan tidak akan selamanya bisa berhasil dalam usahanya tersebut.

TEKANAN.
Banyak eksekutif yang secara sadar atau tidak sadar telah menjadi budak waktu.  Seperti halnya di sekolah-sekolah berasrama, kelihatannya si pemukul bel-lah yang paling berkuasa.  Seolah-olah dialah yang menentukan kapan para pengajar boleh memulai atau mengakhiri perkuliahan, kapan siswa boleh makan, kapan mereka harus tidur dan bangun, dan sebagainya.  Di kantor terasa terlalu sedikit waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang begitu banyak.  Akan tetapi, banyak dari tekanan yang timbul adalah akibat ulah sendiri dengan membuat tujuan kerja yang terlalu tinggi.

PERSELISIHAN. 
Hal ini sering menjadi sumber ketegangan dalam kantor.  Suasana kerja yang tegang  akan merongrong semangat kerja. Jenis perselisihan yang timbul akan sangat bervariasi.  Akan tetapi, banyak dari perselisihan yang timbul merupakan akibat dari perbedaan yang mencolok dalam tingkat inteligensia, kecepatan berpikir, rasa tanggung-jawab, keluwesan bergaul, serta latar belakang kehidupan keluarga.

PERAN GANDA. 
Wanita karir yang telah berumah tangga memiliki pekerjaan ganda, yang masing-masingnya menuntut perhatian yang cukup besar. Besar kemungkinan bahwa tanggung jawabnya di kantor akan berbenturan dengan tanggung jawabnya di rumah.  Peran ganda ini dapat menjadi sumber stress yang potensial sehingga dibutuhkan ketrampilan khusus untuk menjaga kedua tanggung jawab ini dapat berjalan bersama-sama secara seimbang dan serasi.

Banyak hal lainnya yang dapat menjadi sumber stres bagi setiap orang yang masih hidup. Sebab, hampir semua hal yang kita temui dalam hidup ini dapat  menjadi  sumber stress yang potensial.
Berbicara mengenai stres, satu hal yang pasti adalah: kita sama sekali tidak dapat menghindari stres.  Akan tetapi, masing-masing kita dapat berbuat sesuatu untuk mengatasi stres itu.

Kamis, 29 November 2012

Beberapa Cek Kesehatan Rutin yang Penting

Boleh jadi anda bertanya-tanya dalam hati mengapa  perlu check-up setiap tahun (365 hari). Apa yang unik soal 365 hari. Mengapa tidak 457 atau 754 hari? Sebenarnya, hal ini disebut check-up tahunan agar lebih mudah diingat. Lebih dari itu, dalam kata tahunan tersebut tersirat satu arti yang menunjukkan suatu kerutinan. Check-up yang bersifat rutin dapat selalu mengingatkan tentang kesehatan diri kita. Di samping itu, ada beberapa penyakit yang mudah disembuhkan jika diketahui secara dini. Dengan kata lain, semakin tepat informasi yang kita dapatkan tentang kesehatan diri kita, maka semakin bijaksana pula keputusan-keputusan yang dapat kita buat demi kesehatan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tes medis yang paling umum dan paling penting yang dapat menolong kita dalam menjaga kesehatan kita.  Dan, juga yang dapat memberikan amaran secara dini tentang kemungkinan adanya suatu masalah.

Tes kolorektal dapat menunjukkan adanya kanker dubur serta dapat memberikan gambaran tentang penyakit lainnya seperti diverticulosis atau ulcerative colitis.  Tes ini menggunakan sigmoidoskopi dan atau rontgen. Tes ini tidak perlu bagi mereka yang berumur di bawah 50 tahun. Setelah itu perlu setiap tahun jika diduga memiliki faktor keturunan untuk itu.  Pemeriksaan tahunan ini dilaksanakan secara berturut-turut, kemudian sekali dalam 3-5 tahun. Demikianlah digariskan oleh American Cancer Society. Untuk jenis kanker ini, Dr Timothy Denzier seorang  gerentolog (ahli penyakit manula) menyatakan bahwa hanya 10% dari kanker ini yang dapat ditemukan secara manual. Sedangkan, dengan sigmoidoskopi dapat ditemukan lebih dari 50%.

Tes Mammogram dapat menemukan adanya kanker payudara setahun lebih awal daripada dengan tes rabaan. Jika kanker payudara ditemukan secara dini, maka sipenderita mempunyai peluang untuk selamat sebesar 90%. Tes ini tidak perlu dilakukan sebelum berumur 40 tahun, lalu pada umur 40-49 tahun jika ada faktor resiko yang besar, dan 1 kali setahun di atas umur 50 tahun. Jika seseorang memiliki faktor keturunan untuk kanker ini, maka di atas usia 40 tahun dia harus melakukan tes ini sebanyak 1 kali setahun.

Tes gula darah dan urin adalah penting untuk mengetahui adanya diabetes mellitus atau hiperglikemi maupun hipoglikemi, serta berguna untuk mengetahui adanya kelainan pada kelenjar tiroid dan adrenalin. Tes ini harus dilakukan setiap dua tahun bagi mereka yang memiliki fakor keturunan diabetes, dan setiap 3-5 tahun bagi yang lainnya. Dan, sesering yang ditentukan oleh dokter bagi mereka yang diduga mengidap diabetes.

Tes kolesterol menunjukkan kadar kolestrol dalam darah. Ini penting, sebab kadar kolestrol yang  tinggi dalam darah berhubungan erat dengan penyumbatan pembuluh darah. Tes ini dapat dilakukan setiap 10 tahun mulai masa dewasa. Jika tes menunjukkan kadar di atas normal yaitu di atas 260 mg/100 ml darah, maka Anda perlu mengubah gaya makan  Anda, dan perlu menjalani tes yang lebih sering. Para pasien yang memiliki risiko penyakit jantung harus melakukan tes ini setiap tahun atau menurut petunjuk dokter.
cek kesehatan, medical check up yang penting dilakukan secara berkala


Tes tekanan darah dapat menunjukkan adanya hipertensi yang boleh jadi tersembunyi selama ini. Tes ini sangat murah dan dapat Anda lakukan sendiri. Perlu bagi mereka yang mengalami pusing-pusing, payah jantung, dan perasaan kurang enak pada seluruh tubuh. Lagi pula tes ini adalah satu pemeriksaan rutin yang dilakukan di rumah-rumah sakit dan ruang praktek dokter. Tekanan darah yang tinggi akan melemahkan jantung dan seluruh sistem peredaran darah. Tes  ini dapat dilakukan 1 kali dalam 5 tahun bagi mereka yang berumur di bawah 40 tahun dan 1 kali dalam 1-3 tahun bagi mereka yang berumur di atas 40 tahun serta yang memiliki faktor  turunan memiliki tekanan darah tinggi.

Tes Elektrokardiogram (EKG) dapat menunjukkan penyakit pembuluh darah jantung, pembengkakan jantung, radang, denyutan jantung yang abnormal, serta kadar abnormal dari mineral-mineral yang mengatur sistem pendenyutan jantung. Ini dapat dilakukan setiap tahun bagi mereka yang berumur di atas 40 tahun, atau mereka yang telah berumur di atas 40 tahun dan berencana untuk memulai program olahraga rutin dan keras.

Cardiac Stress Test dilakukan untuk mengukur daya tahan atau kekuatan jantung sewaktu dibebani oleh olahraga. Tes ini dapat menunjukkan adanya pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat, yang tidak ditunjukkan oleh tes EKG. Tes ini perlu karena pembuluh darah yang telah menyempit tetap dapat berfungsi secara normal jika seseorang berada dalam keadaan istirahat. Tetapi, tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya sewaktu sedang berolahraga.

Dengan membaca daftar tes yang dapat dilakukan di laboratorium rumah sakit atau klinik, maka akan telihat bahwa ada tes untuk hampir semua bagian tubuh kita. Tidak semua tes tersebut perlu bagi setiap orang yang bergaya hidup sehat. Beberapa di antaranya akan perlu bagi mereka yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit tertentu seperti sakit jantung, diabetes, hipertensi, atau mereka yang mengidap salah satu penyakit tersebut. Serta bagi mereka yang memiliki gaya hidup berisiko tinggi seperi perokok, peminum, yang tidak bertarak dalam hal makanan maupun bekerja, serta yang terpapar ke zat-zat yang berbahaya di tempat bekerja.

Jika Anda merasa perlu menjalani salah satu tes medis di atas, konsultasikan dengan dokter Anda. Dia tahu yang terbaik.

Beberapa Cek Kesehatan Rutin yang Penting

Boleh jadi anda bertanya-tanya dalam hati mengapa  perlu check-up setiap tahun (365 hari). Apa yang unik soal 365 hari. Mengapa tidak 457 atau 754 hari? Sebenarnya, hal ini disebut check-up tahunan agar lebih mudah diingat. Lebih dari itu, dalam kata tahunan tersebut tersirat satu arti yang menunjukkan suatu kerutinan. Check-up yang bersifat rutin dapat selalu mengingatkan tentang kesehatan diri kita. Di samping itu, ada beberapa penyakit yang mudah disembuhkan jika diketahui secara dini. Dengan kata lain, semakin tepat informasi yang kita dapatkan tentang kesehatan diri kita, maka semakin bijaksana pula keputusan-keputusan yang dapat kita buat demi kesehatan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tes medis yang paling umum dan paling penting yang dapat menolong kita dalam menjaga kesehatan kita.  Dan, juga yang dapat memberikan amaran secara dini tentang kemungkinan adanya suatu masalah.

Tes kolorektal dapat menunjukkan adanya kanker dubur serta dapat memberikan gambaran tentang penyakit lainnya seperti diverticulosis atau ulcerative colitis.  Tes ini menggunakan sigmoidoskopi dan atau rontgen. Tes ini tidak perlu bagi mereka yang berumur di bawah 50 tahun. Setelah itu perlu setiap tahun jika diduga memiliki faktor keturunan untuk itu.  Pemeriksaan tahunan ini dilaksanakan secara berturut-turut, kemudian sekali dalam 3-5 tahun. Demikianlah digariskan oleh American Cancer Society. Untuk jenis kanker ini, Dr Timothy Denzier seorang  gerentolog (ahli penyakit manula) menyatakan bahwa hanya 10% dari kanker ini yang dapat ditemukan secara manual. Sedangkan, dengan sigmoidoskopi dapat ditemukan lebih dari 50%.

Tes Mammogram dapat menemukan adanya kanker payudara setahun lebih awal daripada dengan tes rabaan. Jika kanker payudara ditemukan secara dini, maka sipenderita mempunyai peluang untuk selamat sebesar 90%. Tes ini tidak perlu dilakukan sebelum berumur 40 tahun, lalu pada umur 40-49 tahun jika ada faktor resiko yang besar, dan 1 kali setahun di atas umur 50 tahun. Jika seseorang memiliki faktor keturunan untuk kanker ini, maka di atas usia 40 tahun dia harus melakukan tes ini sebanyak 1 kali setahun.

Tes gula darah dan urin adalah penting untuk mengetahui adanya diabetes mellitus atau hiperglikemi maupun hipoglikemi, serta berguna untuk mengetahui adanya kelainan pada kelenjar tiroid dan adrenalin. Tes ini harus dilakukan setiap dua tahun bagi mereka yang memiliki fakor keturunan diabetes, dan setiap 3-5 tahun bagi yang lainnya. Dan, sesering yang ditentukan oleh dokter bagi mereka yang diduga mengidap diabetes.

Tes kolesterol menunjukkan kadar kolestrol dalam darah. Ini penting, sebab kadar kolestrol yang  tinggi dalam darah berhubungan erat dengan penyumbatan pembuluh darah. Tes ini dapat dilakukan setiap 10 tahun mulai masa dewasa. Jika tes menunjukkan kadar di atas normal yaitu di atas 260 mg/100 ml darah, maka Anda perlu mengubah gaya makan  Anda, dan perlu menjalani tes yang lebih sering. Para pasien yang memiliki risiko penyakit jantung harus melakukan tes ini setiap tahun atau menurut petunjuk dokter.
cek kesehatan, medical check up yang penting dilakukan secara berkala


Tes tekanan darah dapat menunjukkan adanya hipertensi yang boleh jadi tersembunyi selama ini. Tes ini sangat murah dan dapat Anda lakukan sendiri. Perlu bagi mereka yang mengalami pusing-pusing, payah jantung, dan perasaan kurang enak pada seluruh tubuh. Lagi pula tes ini adalah satu pemeriksaan rutin yang dilakukan di rumah-rumah sakit dan ruang praktek dokter. Tekanan darah yang tinggi akan melemahkan jantung dan seluruh sistem peredaran darah. Tes  ini dapat dilakukan 1 kali dalam 5 tahun bagi mereka yang berumur di bawah 40 tahun dan 1 kali dalam 1-3 tahun bagi mereka yang berumur di atas 40 tahun serta yang memiliki faktor  turunan memiliki tekanan darah tinggi.

Tes Elektrokardiogram (EKG) dapat menunjukkan penyakit pembuluh darah jantung, pembengkakan jantung, radang, denyutan jantung yang abnormal, serta kadar abnormal dari mineral-mineral yang mengatur sistem pendenyutan jantung. Ini dapat dilakukan setiap tahun bagi mereka yang berumur di atas 40 tahun, atau mereka yang telah berumur di atas 40 tahun dan berencana untuk memulai program olahraga rutin dan keras.

Cardiac Stress Test dilakukan untuk mengukur daya tahan atau kekuatan jantung sewaktu dibebani oleh olahraga. Tes ini dapat menunjukkan adanya pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat, yang tidak ditunjukkan oleh tes EKG. Tes ini perlu karena pembuluh darah yang telah menyempit tetap dapat berfungsi secara normal jika seseorang berada dalam keadaan istirahat. Tetapi, tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya sewaktu sedang berolahraga.

Dengan membaca daftar tes yang dapat dilakukan di laboratorium rumah sakit atau klinik, maka akan telihat bahwa ada tes untuk hampir semua bagian tubuh kita. Tidak semua tes tersebut perlu bagi setiap orang yang bergaya hidup sehat. Beberapa di antaranya akan perlu bagi mereka yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit tertentu seperti sakit jantung, diabetes, hipertensi, atau mereka yang mengidap salah satu penyakit tersebut. Serta bagi mereka yang memiliki gaya hidup berisiko tinggi seperi perokok, peminum, yang tidak bertarak dalam hal makanan maupun bekerja, serta yang terpapar ke zat-zat yang berbahaya di tempat bekerja.

Jika Anda merasa perlu menjalani salah satu tes medis di atas, konsultasikan dengan dokter Anda. Dia tahu yang terbaik.

Resiko Kantor ber AC, Fakta ilmiah tentang AC

Sebagai pegawai kantoran boleh jadi Anda merasa sangat beruntung jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang harus bekerja di pabrik dan pertambangan, karena tidak harus terpajan ke pelbagai racun gas maupun racun lainnya. Dalam satu segi ini memang benar, akan tetapi tidak ada pegawai kantor yang benar-benar terlindung dari risiko bahaya. Buktinya, di Amerika Serikat sendiri, satu negara yang memiliki peraturan keselamatan kerja yang sangat ketat, terjadi lebih dari 40.000 kasus kecelakaan yang mengakibatkan cacat fisik, dan sekitar 200 kasus kematian yang berhubungan dengan keselamatan kerja setiap tahunnya.

Seorang pegawai yang bekerja di kantor yang nyaman dan sejuk pernah mengatakan: “Saya masuk ke kantor dengan semangat yang besar untuk menyelesaikan semua tugas saya dengan cepat dan tepat. Anehnya, setelah beberapa jam mata saya mulai perih dan kepala saya mulai terasa berat sehingga saya tidak bisa berkonsentrasi sepenuhnya. Pada saat-saat seperti ini saya merasa mengantuk.  Perasaan saya membaik setelah pulang makan dari kantin di gedung yang terletak di seberang jalan.  Tetapi, perasaan mengantuk itu muncul lagi menjelang sore hari”.

Boleh jadi gejala-gejala yang dialami oleh si pegawai di atas bukanlah sesuatu yang aneh bagi mereka yang bekerja di ruang yang ber-AC, yaitu ruangan yang dirancang sedemikian rupa sehingga kedap udara dan hemat energi.  Ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab gejala-gejala tersebut.  Satu di antaranya adalah karbon monoksida yang masuk melalui sistem ventilasi.  Boleh jadi gas ini berasal dari knalpot mobil yang berada di lantai dasar bangunan yang berfungsi sebagai ruang parkir.

AC di kantor, efek dan resikonya

Yang lainnya adalah zat formaldehida.  Zat ini adalah salah satu bahan baku dalam pembuatan bahan insulator, karpet, serta peralatan kantor lainnya, sehingga dapat menguap dari benda-benda lain lalu mengotori udara sekitarnya.  Di samping asap rokok teman sekerja, fungus, maupun bakteri dari sistem ventilasi yang kurang sempurna, gas ozon yang berasal dari mesin fotokopi pun dapat menyebabkan timbulnya gejala-gejala di atas.

Salah satu jalan untuk memecahkan masalah ini adalah dengan mengganti udara yang beredar dalam bangunan itu dengan udara yang lebih segar dari luar.  Tetapi, pemecahan ini kurang cocok sebab ruang kantor yang ber-AC dirancang agar kedap udara untuk menghemat biaya listrik.   Karena akan dibutuhkan biaya tambahan untuk mendinginkan udara segar yang dari luar.  Itulah sebabnya mengapa udara yang beredar dalam bangunan itu adalah udara yang sama yang didaur ulang.  Sistem pendauran ulang udara ini akan meningkatkan konsentrasi zat-zat pencemar dalam ruangan itu.  Zat-zat pencemar ini akan dapat berakibat buruk karena mempengaruhi kesehatan dan produktivitas kerja.

Sangat sedikit yang diketahui tentang dampak jangka panjang pencemaran udara ruangan ber-AC terhadap kesehatan.  Akan tetapi, sekarang telah banyak studi yang membuahkan bukti ilmiah bahwa asap rokok yang beredar dalam ruangan yang ber-AC berbahaya juga bagi yang tidak merokok yang berada dalam ruangan itu. Seorang yang tidak merokok yang menghirup asap rokok yang berasal dari seorang yang sedang merokok disebut perokok pasif.

Pada waktu sedang merokok, bukan hanya kedua paru-paru si perokok yang akan tercemar, paru-paru orang lain yang berada di sekitarnya juga ikut tercemar.  Asap rokok yang dihirup oleh si perokok pasif dapat berasal dari: pertama, dari ujung rokok yang sedang terbakar, dan kedua, asap rokok yang dihembuskan ke luar oleh si perokok aktif.  Semua zat racun yang terdapat dalam asap rokok dari sumber pertama diedarkan langsung ke udara sekitarnya.  Sedangkan jumlah racun yang tersisa dalam asap rokok dari sumber kedua tergantung kepada berapa dalam asap rokok itu dihisap sebelum dihembuskan ke luar oleh si perokok itu.

Secara nasional, Biro Kesehatan Lingkungan serta Badan Kesehatan dan Keselamatan Kerja negara Amerika Serikat menetapkan bahwa konsentrasi karbon monoksida di tempat kerja tidak boleh melebihi 50 ppm (parts per million) selama 8 jam kerja.  Akan tetapi, banyak kantor ber-AC yang konsentrassi karbon monoksidanya akan melebihi angka itu, jika di dalamnya banyak pegawai yang merokok dan jika pada saat yang sama sistem ventilasinya kurang baik.  Riset yang dilakukan oleh lembaga yang sama menunjukkan, bahwa gedung ber-AC yang memiliki ventilasi yang baik sekalipun bisa memiliki konsentrasi karbon monoksida yang lebih tinggi daripada udara kotor kota besar, jika memang banyak yang merokok dalam ruangan itu.

Hasil riset Dr. H. Hess yang dilaporkan dalam majalah Clinical Research menunjukkan bahwa konsentrasi karbon monoksida dalam darah seseorang yang berada dalam ruang yang penuh asap rokok, dapat menyamai darah seseorang yang telah mengisap  5–10 batang rokok. Angka konsentrasinya yang tepat tergantung kepada berapa lama dia berada dalam ruangan itu dan berapa tebal asap rokok yang terdapat di dalamnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seseorang yang sama sekali tidak pernah merokok dapat memiliki peluang yang cukup besar untuk menderita penyakit yang diderita oleh seorang perokok. Hal ini benar jika ia selalu berdampingan dengan mereka yang merokok.

Penelitian menunjukkan bahwa seorang anak yang salah satu orang tuanya adalah perokok, memiliki risiko 60% lebih besar untuk menderita radang paru-paru dan bronkitis. Risiko ini 120% lebih besar bagi anak yang kedua orang tuanya adalah perokok. Adalah suatu perkembangan yang besar dimana bahwa di DKI Jakarta sudah ada larangan untuk merokok di tempat umum.  Namun, saat ini kendalanya adalah banyaknya orang yang tetap masih melanggar aturan ini.  Semoga propinsi-propinsi lainnya pun akan mengikuti terobosan yang bijaksana ini.

Ketiga riset yang dilakukan di Yunani oleh Dr. D. Trichopoulos, dkk., di Jepang oleh Dr. T. Hirayama, serta di Amerika Serikat oleh Dr. G. H. Miller memberikan hasil yang sama yaitu: “ Peluang untuk mendapat kanker paru-paru bagi seorang istri yang suaminya adalah perokok jauh lebih besar daripada yang suaminya tidak merokok.”

Riset Dr. M. Shigeru dari Kyoto School of Medicine bekerja sama dengan Japan Tobacco Corporation dan Departmen Pendidikan negara sakura ini menghasilkan tiga resolusi yang di publikasikan di New England Journal of Medicine. Rangkuman ketiga resolusi itu menyatakan bahwa: “Sebaiknya perokok dilarang merokok di sekitar mereka yang tidak merokok.”

Banyak pegawai kantor yang bukan perokok enggan melarang rekan sekerjanya yang merokok dalam ruangan tempat mereka bekerja, sebab mereka merasa bahwa sepatutnya pihak manajemenlah yang pantas menegur mereka.  Memang akan sulit bagi si perokok untuk tidak merokok sepanjang jam kerja.  Untuk itu, perlu disediakan tempat-tempat khusus dimana seorang pegawai dapat merokok tanpa harus meracuni rekan sekerjanya yang tidak merokok.

Telah dibahas sebelumnya bahwa merokok jelas mengganggu kesehatan.  Selanjutnya akan dibahas bahwa daya saing satu perusahaan akan berkurang jika kesehatan pegawainya terganggu. Dengan demikian, tidaklah sulit untuk menyimpulkan bahwa pencemaran ruangan kerja yang ber–AC oleh asap rokok dapat mengurangi daya saing satu perusahaan dalam dunia bisnis yang dipengaruhi oleh persaingan yang ketat.

Jawatan Kosong di Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTEM) - Dis 2012

JAWATAN:
1. JURUTEKNIK (AWAM)
2. JURUTEKNIK (MEKANIKAL)
3. JURUTEKNIK (PEMBUATAN)
4. JURUTEKNIK (SENIBINA)
5. PENGAWAL KESELAMATAN
6. PEMBANTU AM PEJABAT
7. PEMBANTU TADBIR (PERKERANIAN/OPERASI)
8. PEMBANTU TADBIR (PENYELENGGARA STOR)
9. PEKERJA AWAM
10. TUKANG K3 (KAYU)
11. TUKANG K3 (PAIP)
12. PEMBANTU PERPUSTAKAAN
13. PENOLONG PEGAWAI HAL EHWAL ISLAM
14. PEMBANTU PEMBEDAHAN PERGIGIAN
15. PENOLONG PEGAWAI PERUBATAN
16. ATENDAN KESIHATAN
17. JURUAUDIT
18. PENOLONG AKAUNTAN
19. PEGAWAI PERGIGIAN
20. JURUTEKNIK (AWAM)

IKLAN JAWATAN:
http://e-perjawatan.utem.edu.my/cgi-bin/apply.pl?mselect=pentadiklan&myiklanid=11&myiklanyear=2012

BORANG PERMOHONAN ONLINE:
http://e-perjawatan.utem.edu.my/cgi-bin/perjawatan/applyonline.pl?maction=mperibadi&iklanid=11

Tarikh Tutup : 16 Disember 2012

Jawatan Kosong di Perbadanan Kemajuan Negeri Selangor (PKNS) - Dis 2012

JAWATAN:
1) Setiausaha Syarikat
2) Pegawai Keselamatan & Kesihatan Alam Sekitar
3) Pegawai Tadbir Gred N41
4) Pegawai Undang-Undang Gred L41
5) Penolong Pegawai Undang-undang Gred L29
6) Penolong Pegawai Senibina Gred J29
7) Penolong Jurutera Awam Gred J29
8) Penolong Pegawai Tadbir Gred N27
9) Setiausaha Pejabat Gred N27
10) Tukang K2 Gred R11

IKLAN JAWATAN:
http://static.jobsmalaysia.gov.my/html/jcs-resources/PKNS_2211.pdf

CARA MEMOHON:
Permohonan hendaklah dibuat melalui Laman Web JobsMalaysia (Kementerian Sumber Manusia) di :http://www.jobsmalaysia.gov.my

Tarikh Tutup : 10 Disember 2012

Jawatan Kosong di Majlis Perbandaran Selayang (MPS) - Nov 2012

JAWATAN:
1. ARKITEK LANDSKAP
2. PEGAWAI TADBIR
3. PEGAWAI VETERINAR
4. PENOLONG JURU UKUR BAHAN
5. PENOLONG PEGAWAI KESIHATAN PERSEKITARAN
6. PEMBANTU TADBIR (KESETIAUSAHAAN)
7. PEMBANTU PENILAIAN W17

IKLAN JAWATAN:
http://www.mps.gov.my/c/document_library/get_file?uuid=91c1fbc8-4183-4f09-b198-2a5a3e20d412&groupId=320862

BORANG PERMOHONAN:
http://www.mps.gov.my/c/document_library/get_file?p_l_id=22214&folderId=176044&name=DLFE-4201.pdf

Tarikh Tutup : 7 Disember 2012

Jawatan Kosong di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) - Dis 2012

JAWATAN:
1. ARTIS BUDAYA B17
2. PEMBANTU SETIAUSAHA PEJABAT N17
3. PEMBANTU PERPUSTAKAAN S17
4. PEMBANTU TADBIR (KEWANGAN) W17

IKLAN JAWATAN DAN CARA MEMOHON:
http://ewarga2.ukm.my/eiklan/peluangkerja.cfm

Tarikh Tutup : 11 Disember 2012


Jawatan Kosong di Lembaga Lebuhraya Malaysia (LLM) - Nov 2012

JAWATAN:
- PEGAWAI KHIDMAT PELANGGAN (GRED N17)

IKLAN JAWATAN:
http://ejawatan.llm.gov.my/N17LLM/IKLAN_N17_Kontrak.pdf

BORANG PERMOHONAN:
http://ejawatan.llm.gov.my/

Tarikh Tutup : 4 Disember 2012

Jawatan Kosong di Kerajaan Negeri Kelantan - Nov 2012

JAWATAN:
- PEGAWAI TADBIR NEGERI GRED N41

IKLAN JAWATAN:
http://www.spn.kelantan.gov.my/v5/iklanjaw/november2012

Tarikh Tutup : 2 Disember 2012


Rabu, 28 November 2012

Jambatan Kedua Pulau Pinang Dijangka Siap September 2013


Pembinaan Jambatan Kedua Pulau Pinang berjalan lancar dan dijangka siap pada September tahun depan, kata Pengarah Urusan Jambatan Kedua Sdn Bhd (JKSB), Datuk Dr Ismail Mohamed Taib.

Beliau berkata, kerja-kerja fizikal untuk jambatan itu kini 88.5 peratus siap dan disasarkan untuk mencapai 90 peratus pada akhir tahun ini.

"Kami berada pada kedudukan yang betul untuk menyiapkan jambatan ini tahun depan, dua bulan lebih awal daripada jadual, pada September tahun depan," kata beliau pada sidang media pada Seminar Antarabangsa Kedua mnegenai Reka bentuk dan Pembinaan Jambatan Kedua Pulau Pinang.

Ismail berkata, kos pembangunan untuk pembinaan jambatan baru itu ialah RM4.45 bilion.

Unjuran trafik bagi jambatan tersebut adalah sebanyak 25,000 pengguna setiap hari, katanya.

"Ia akan mengambil masa yang lama (untuk mendapatkan kembali kos pembinaan). Sekurang-kurangnya 20 tahun. Tetapi kami cuba untuk menjimatkan wang dalam kospembinaan dan kewangan.

"Kami tidak mahu menyusahkan kerajaan. Seboleh-bolehnya kami cuba berdikari," kata beliau.

Jambatan Kedua Pulau Pinang akan menjadi jambatan tahan seismik apabila siap kelak.

Ia boleh menahan gegaran gempa bumi 8.2 Richter dengan pusat pada kira-kira 300 kilometer.

Seminar berkenaan dirasmikan oleh Ketua Setiausaha Kementerian Kerja Raya, Datuk Himmat Singh.

Jambatan sepanjang 24 kilometer keseluruhan, dengan 16.9 kilometer di ataspermukaan air, akan menjadi jambatan terpanjang di Asia Tenggara apabila siapkelak.

Jambatan itu juga akan menjadi jambatan terpanjang di dunia yang mengaplikasikan penggunaan Bearing Getah Redaman Tinggi (HRDB) dalam pembinaannya.

Seminar antarabangsa selama dua hari itu bermula hari ini, dianjurkan bersama oleh JKSB dan Lembaga Lebuhraya Malaysia.

Seminar tersebut melibatkan 13 kertas kerja teknikal mengenai reka bentuk dan pembinaan Jambatan Kedua Pulau Pinang.

- BERNAMA

KWSP hadkan caruman maksimum sukarela

Kumpulan Wang Simpanan Pekerja (KWSP) akan mengenakan had maksimum RM60,000 setahun kepada semua caruman sukarela termasuk caruman di bawah Skim Simpanan Persaraan 1Malaysia, mulai 1 Januari 2013.

Timbalan Ketua Pegawai Eksekutif (Operasi) KWSP, Datuk Ibrahim Taib dalam satu kenyataan hari ini berkata, ahli yang mencarum secara sukarela ini boleh mencarum serendah RM50 sebulan.

"Caruman sukarela dalam konteks KWSP merujuk kepada caruman diterima daripada golongan bekerja sendiri, pemilik tunggal perniagaan, rakan kongsi atau mereka yang tiada pendapatan tetap bulanan termasuk suri rumah,” katanya.

Menurut beliau, caruman boleh dibayar secara tunai atau cek menggunakan Borang KWSP 6A(1) untuk caruman sukarela dan Borang KWSP 6A(2) bagi Skim Simpanan Persaraan 1Malaysia.

"Kedua-dua borang tersebut boleh didapati di cawangan KWSP yang terdekat atau boleh dimuat turun dari laman web myEPF di www.kwsp.gov.my,” katanya.

Maklumat lanjut juga boleh diperoleh dengan menghubungi Pusat Panggilan KWSP di talian 03-8922 6000 atau mengunjungi cawangan KWSP berdekatan.

— BERNAMA

Kepemimpinan Islam mesti berlandas takwa

Oleh Dr Engku Ahmad Zaki Engku Alwi

Pemimpin yang baik sentiasa ingin berkhidmat dan berkorban demi kebahagiaan rakyat yang dipimpinnya dan tidak sekali-kali mengutamakan kepentingan dirinya, keluarga mahu pun kerabat terdekatnya.

Lebih daripada itu, Rasulullah SAW bersabda: “Pemimpin sesuatu bangsa pada hakikatnya adalah pelayan bagi bangsa itu.” (Riwayat Abu Na’im dan Ibnu Babuwaih)

    Kekuasaan dan amanah kepemimpinan jika tidak dilandas ketakwaan kepada Allah dan kesedaran bahawa kuasa adalah amanah Allah, maka dia cenderung berlaku zalim, sombong serta menindas rakyatnya”


Sehubungan itu, memadailah Rasulullah SAW dan Khulafa al-Rasyidin sebagai contoh ikutan terbaik dalam konteks kepemimpinan unggul dalam lipatan sejarah Islam. Rasulullah SAW sendiri seorang pemimpin yang mengambil berat kebajikan rakyatnya dan sanggup berkorban demi rakyat.

Pernah satu hari, Saidatina Aisyah kebingungan untuk menyediakan hidangan makanan untuk dimakan bersama Baginda. Di dapur tidak ada apa-apa kecuali segenggam gandum. Akhirnya, gandum yang sedikit itulah dimasaknya untuk hidangan bersama Rasulullah.

Tatkala Rasulullah SAW hendak makan, tiba-tiba datang seorang lelaki kurus mengucapkan salam. Dia pun berkata: “Ya Rasulullah! Saya ini orang miskin. Kami sekeluarga dalam beberapa hari ini menahan lapar kerana tidak memiliki apa-apa lagi untuk dimakan. Oleh itu, tolonglah kami.”

Rasulullah hanya terdiam dan tidak tahu bagaimana harus menjawab kerana Baginda sendiri tidak memiliki apa-apa. Akhirnya Baginda berkata: “Wahai saudaraku! Aku pun hari ini tidak mempunyai apa-apa untuk dimakan kecuali sekeping roti bakar. Namun, kalau kamu mahu menerimanya, dengan senang hati akan aku berikan kepadamu.”
Saidatina Aisyah tidak senang hati kerana tidak ada makanan lagi yang dapat mereka berdua makan pada hari itu. Lalu Aisyah berkata: “Mengapa Rasulullah lebih mementingkan orang lain daripada diri sendiri?” Baginda menjawab: “Wahai isteriku! Aku adalah pemimpin rakyatku. Kewajipanku adalah memberikan layanan dan perkhidmatan terbaik kepada mereka. Ingatlah, bagaimana aku harus menjawab apabila kelak Allah bertanya kepadaku: ‘Wahai Muhammad! Mana tanggungjawabmu sebagai pemimpin? Mengapa rakyatmu kelaparan sedangkan perutmu selalu kenyang?’”

Seorang pemimpin berkewajipan memberikan layanan dan perkhidmatan terbaik kepada rakyat yang berada di bawah pimpinannya. Pendek kata, kebahagiaan dan kesengsaraan rakyat adalah cermin kejayaan atau kegagalan pemimpin.

Keadaan ini berbeza dengan realiti masyarakat dewasa ini yang rata-rata ramai manusia yang tertipu dengan kekuasaan sehingga mereka sanggup berusaha untuk mendapatkannya dan meraihnya dengan pelbagai cara.

Kadang-kadang menyembunyikan agama, keyakinan, dan tidak kurang pula ada yang sanggup mempermainkan agama demi kepentingan politiknya. Sedangkan Rasulullah SAW pernah memberi peringatan keras bermaksud: “Sesungguhnya kalian semua berlumba-lumba untuk mendapatkan kekuasaan padahal pada hari akhirat nanti akan menjadi penyesalan kamu sekalian. Berbahagialah orang yang tidak mengejarnya dan celakalah orang yang berlumba-lumba mendapatkannya.” (Riwayat Jama’ah)

Kekuasaan dan amanah kepemimpinan yang dimiliki seseorang manusia jika tidak dilandas dengan ketakwaan kepada Allah dan kesedaran bahawa kuasa adalah amanah dari Allah, maka dia akan cenderung berlaku zalim, sombong serta menindas rakyatnya.

Oleh sebab itulah, Rasulullah SAW memberi amaran keras kepada umatnya supaya jangan tersalah memilih pemimpin daripada kalangan mereka.

Sabda Baginda SAW: “Apabila amanah disia-siakan, maka tunggulah saat kehancuran.” Seorang sahabat bertanya: “Apakah yang dimaksudkan dengan mensia-siakan amanah itu, wahai Rasulullah?” Rasulullah SAW menjawab: “Apabila sesuatu urusan diserahkan kepada orang yang tidak berkelayakan, maka tunggulah saat kehancurannya.” (Riwayat Bukhari)

Kepemimpinan dalam Islam bukan sekadar kontrak perjanjian yang termeterai antara seorang pemimpin dengan masyarakat di bawah pimpinannya, tetapi satu ikatan perjanjian yang suci antaranya dengan Allah.

Seorang pemimpin yang sebenar akan berkhidmat kerana Allah dan akan berjuang menegakkan keadilan Islam demi kesejahteraan hidup rakyatnya.

- BERITA HARIAN

Tiada pengambilan guru sandaran

KEMENTERIAN Pelajaran memaklumkan tidak ada pengambilan baharu bagi jawatan guru sandaran sepanjang tahun ini manakala pelantikan guru tetap pula hanya dibuat berdasarkan keperluan pengisian serta kekosongan jawatan.

Pengarah Bahagian Pendidikan Guru Kementerian Pelajaran, Datuk Mohd. Ghazali Ab. Rahman berkata, pihaknya perlu meneliti secara terperinci di peringkat proses temu duga calon guru sebelum diserapkan ke dalam profesion perguruan.

Menurutnya, selain mempunyai pencapaian akademik cemerlang, calon guru yang ditemu duga pada masa depan wajib memenuhi kriteria bersikap patriotik dan berperwatakan sesuai.

“Misalnya, kita hanya memilih 30 graduan terbaik daripada 10,000 permohonan guru, itu pun setakat kita tawarkan temu duga dan bukannya tawaran kemasukan jawatan guru,’’ katanya ketika ditemui Utusan Malaysia di pejabatnya dekat Putrajaya baru-baru ini.

Tegas Ghazali, langkah berhati-hati yang diambil itu bertujuan membetulkan persepsi masyarakat yang beranggapan profesion perguruan sebagai pilihan kerjaya terakhir setelah pelajar tamat pengajian.

“Sepanjang proses temu duga ini berlangsung, kita akan mengambil langkah penambahbaikan pengambilan guru bagi memastikan keperluannya menepati matlamat guru cemerlang seperti dihasratkan oleh kerajaan.

“Kita mahu menjadi seperti negara-negara maju lain yang mana pelajar mereka menjadikan profesion perguruan sebagai kerjaya utama mereka selain bidang kejuruteraan dan perubatan," ujarnya.

Beliau menambah, pengalaman pengambilan guru sebelum ini menjadi contoh terbaik kepada kementerian untuk melakukan proses penambahbaikan.

Hal ini demikian kerana, ujarnya, sebelum ini, sebahagian calon guru yang mempunyai kelayakan akademik yang cemerlang namun gagal memberikan jawapan terbaik apabila disoal mengenai keperluan profesional perguruan.

Sehubungan itu menurut Mohd. Ghazali, pihaknya perlu berhati-hati dan melakukan proses temu duga yang teliti semata-mata memastikan calon guru memenuhi piawaian dan keperluan pembelajaran dari semasa ke semasa.

Pada masa yang sama, katanya, kementerian akan memastikan pengambilan guru pada masa depan adalah mereka yang memiliki imej guru cemerlang dan mempunyai semangat patriotik tinggi, seterusnya menjadi ikon kepada pelajar.

Sementara itu, menurut kenyataan akhbar Unit Maklumat kementerian, tiada pengambilan pelantikan terbaharu Guru Sandaran Terlatih (GST) dan Guru Sandaran Tidak Terlatih (GSTT).

Jelas kenyataan tersebut, prosedur pelantikan guru melalui kaedah pelantikan secara tetap selepas calon lulus urusan temu duga jawatan Pegawai Perkhidmatan Pendidikan Siswazah Gred DG41 ditentukan oleh Suruhanjaya Perkhidmatan Pelajaran (SPP).

- UTUSAN

Terapi cari jodoh

DI katakan pada zaman sekarang, masih ramai di kalangan wanita yang masih belum bertemu jodoh.

Mungkin atas faktor kesibukan kerja, pendapatan yang tinggi serta tidak berjumpa pasangan yang diingini, ini sepatutnya tidak menjadi alasan kepada golongan ini untuk tidak mencuba mencari pasangan yang sesuai.

Masalah tidak mendapat jodoh ini sebenarnya bukan tertakluk kepada wanita sahaja, sebenarnya ramai di kalangan lelaki juga mengalami masalah yang serupa.

Akibat terlalu pemalu, pergaulan yang terbatas, malah tidak mengetahui bagaimana untuk mendapatkan bakal isteri yang sesuai, golongan lelaki pun sepatutnya perlu mendapatkan nasihat bagaimana untuk berkenalan dengan wanita yang baik.

Menurut Penasihat Program Jodoh Annabella House of Theraphy, Suhana Ahmad Marzuki, biasanya mereka yang datang ke pusat terapi ini untuk meminta bantuan bagi mendapatkan jodoh berusia dalam lingkungan 30-an ke atas iaitu wanita dalam lingkungan 30 tahun dan lelaki pula 35 tahun.

Malah, yang mencari jodoh ini tidak hanya tertakluk kepada mereka yang masih bujang sahaja, malah ia juga terbabit kepada mereka yang berstatus janda dan duda.

''Faktor kesepian adalah punca utama mengapa mereka yang berusia 30-an ini bergegas untuk mencari pasangan masing-masing.

''Mungkin pada asalnya kita melihat wanita atau lelaki yang berusia ini senang dengan keadaan yang mereka lalui, tetapi lambat laun perasaan sunyi akan datang kepada mereka. Ada yang melaluinya dengan tenang, tetapi ada yang tidak.

''Selain itu desakan keluarga dan ibu bapa juga antara faktor mengapa mereka akur untuk mencari pasangan," katanya yang juga mempunyai ijazah dalam bidang psikologi dari Universiti Islam Antarabangsa Malaysia (UIAM).

Menurut Suhana, selalunya mereka yang berdepan dengan isu kesukaran mendapatkan pasangan ini apabila mereka meletakkan kedudukan dalam satu statement yang negatif pada minda bawah sedar mereka.

Mungkin mereka berasakan kurang keyakinan diri, menganggap diri tidak cantik terlalu memilih, trauma dengan kisah masa lalu atau ibu bapa dan keluarga yang terlalu memilih.

''Apabila sampai ke tahap ibu bapa pemilih menyebabkan siapa sahaja pilihan anak-anak tidak mendapat tempat di hati kerana asyik melihat ada sahaja yang tidak kena pada mata mereka," katanya ketika ditemui baru-baru ini.

Menurut Suhana, menerusi sesi terapi minda yang dijalankan di Annabella House of Theraphy membantu menghapuskan pemikiran negatif pada minda dan cuba mendekatkan individu berkenaan pada keadaan yang bersesuaian dengan mereka.

''Di pusat terapi ini, kita sendiri telah mempunyai data-data daripada pelanggan kita. Dari situ kita akan perhalusi satu persatu untuk mempertemukan mereka dan cuba mengikut kriteria yang individu itu mahukan yang telah kita ketahui menerusi terapi sharing yang di jalankan.

''Terapi sharing ialah langkah pertama yang dilakukan oleh pusat terapi ini untuk mencungkil masalah atau perkara yang dipendamkan selama ini kerana terlalu malu untuk meluahkannya.

''Jika pada sesi pertama nampaknya masalah itu ternyata agak berat, individu akan disyorkan untuk datang ke sesi terapi buat kali kedua dan seterusnya jika didapati individu itu agak tertekan, pusat terapi akan mencadangkan untuk melakukan sesi terapi minda kepada pelanggan berkenaan," katanya.

Menerusi terapi minda ini katanya, pihaknya akan mengetahui lebih lanjut mengenai masalah yang dihadapi dengan cara scanning dan kemudian cuba memadam atau memformatkan kembali memori lampau di minda bawah sedar client ini satu persatu sambil cuba mengisi bayangan yang positif.

Seterusnya kata Suhana, selepas terapi ini, pasangan akan dipertemukan dengan individu yang dicadangkan di pusat itu dengan dipantau oleh seorang ustaz atau ahli panel pusat terapi.

Sepanjang sesi suai kenal berlangsung, pusat terapi ini boleh menjadi pusat rujukan sekiranya sepanjang perkenalan pasangan menghadapi masalah.

Jelas Suhana selepas lebih dua tahun program berkenaan dijalankan di pusat terapi itu, kira-kira 90 peratus pasangan yang dipertemukan berjaya mengenali hati budi masing-masing dan sudah pun mendirikan rumah tangga.

Setakat ini katanya, ramai yang telah berdaftar dengan pusat terapi berkenaan untuk cuba menanti mendapatkan pasangan yang sesuai.

Bagi mereka yang mahu mencuba, dapatkan perkhidmatan program pencarian jodoh di Annabella House of Theraphy yang terletak di Prima Saujana Kajang atau hubungi talian 03-87500213 atau layari www.annabella.com.my untuk pertanyaan lanjut.

- UTUSAN

Resiko Kantor ber AC, Fakta ilmiah tentang AC

Sebagai pegawai kantoran boleh jadi Anda merasa sangat beruntung jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang harus bekerja di pabrik dan pertambangan, karena tidak harus terpajan ke pelbagai racun gas maupun racun lainnya. Dalam satu segi ini memang benar, akan tetapi tidak ada pegawai kantor yang benar-benar terlindung dari risiko bahaya. Buktinya, di Amerika Serikat sendiri, satu negara yang memiliki peraturan keselamatan kerja yang sangat ketat, terjadi lebih dari 40.000 kasus kecelakaan yang mengakibatkan cacat fisik, dan sekitar 200 kasus kematian yang berhubungan dengan keselamatan kerja setiap tahunnya.

Seorang pegawai yang bekerja di kantor yang nyaman dan sejuk pernah mengatakan: “Saya masuk ke kantor dengan semangat yang besar untuk menyelesaikan semua tugas saya dengan cepat dan tepat. Anehnya, setelah beberapa jam mata saya mulai perih dan kepala saya mulai terasa berat sehingga saya tidak bisa berkonsentrasi sepenuhnya. Pada saat-saat seperti ini saya merasa mengantuk.  Perasaan saya membaik setelah pulang makan dari kantin di gedung yang terletak di seberang jalan.  Tetapi, perasaan mengantuk itu muncul lagi menjelang sore hari”.

Boleh jadi gejala-gejala yang dialami oleh si pegawai di atas bukanlah sesuatu yang aneh bagi mereka yang bekerja di ruang yang ber-AC, yaitu ruangan yang dirancang sedemikian rupa sehingga kedap udara dan hemat energi.  Ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab gejala-gejala tersebut.  Satu di antaranya adalah karbon monoksida yang masuk melalui sistem ventilasi.  Boleh jadi gas ini berasal dari knalpot mobil yang berada di lantai dasar bangunan yang berfungsi sebagai ruang parkir.

AC di kantor, efek dan resikonya

Yang lainnya adalah zat formaldehida.  Zat ini adalah salah satu bahan baku dalam pembuatan bahan insulator, karpet, serta peralatan kantor lainnya, sehingga dapat menguap dari benda-benda lain lalu mengotori udara sekitarnya.  Di samping asap rokok teman sekerja, fungus, maupun bakteri dari sistem ventilasi yang kurang sempurna, gas ozon yang berasal dari mesin fotokopi pun dapat menyebabkan timbulnya gejala-gejala di atas.

Salah satu jalan untuk memecahkan masalah ini adalah dengan mengganti udara yang beredar dalam bangunan itu dengan udara yang lebih segar dari luar.  Tetapi, pemecahan ini kurang cocok sebab ruang kantor yang ber-AC dirancang agar kedap udara untuk menghemat biaya listrik.   Karena akan dibutuhkan biaya tambahan untuk mendinginkan udara segar yang dari luar.  Itulah sebabnya mengapa udara yang beredar dalam bangunan itu adalah udara yang sama yang didaur ulang.  Sistem pendauran ulang udara ini akan meningkatkan konsentrasi zat-zat pencemar dalam ruangan itu.  Zat-zat pencemar ini akan dapat berakibat buruk karena mempengaruhi kesehatan dan produktivitas kerja.

Sangat sedikit yang diketahui tentang dampak jangka panjang pencemaran udara ruangan ber-AC terhadap kesehatan.  Akan tetapi, sekarang telah banyak studi yang membuahkan bukti ilmiah bahwa asap rokok yang beredar dalam ruangan yang ber-AC berbahaya juga bagi yang tidak merokok yang berada dalam ruangan itu. Seorang yang tidak merokok yang menghirup asap rokok yang berasal dari seorang yang sedang merokok disebut perokok pasif.

Pada waktu sedang merokok, bukan hanya kedua paru-paru si perokok yang akan tercemar, paru-paru orang lain yang berada di sekitarnya juga ikut tercemar.  Asap rokok yang dihirup oleh si perokok pasif dapat berasal dari: pertama, dari ujung rokok yang sedang terbakar, dan kedua, asap rokok yang dihembuskan ke luar oleh si perokok aktif.  Semua zat racun yang terdapat dalam asap rokok dari sumber pertama diedarkan langsung ke udara sekitarnya.  Sedangkan jumlah racun yang tersisa dalam asap rokok dari sumber kedua tergantung kepada berapa dalam asap rokok itu dihisap sebelum dihembuskan ke luar oleh si perokok itu.

Secara nasional, Biro Kesehatan Lingkungan serta Badan Kesehatan dan Keselamatan Kerja negara Amerika Serikat menetapkan bahwa konsentrasi karbon monoksida di tempat kerja tidak boleh melebihi 50 ppm (parts per million) selama 8 jam kerja.  Akan tetapi, banyak kantor ber-AC yang konsentrassi karbon monoksidanya akan melebihi angka itu, jika di dalamnya banyak pegawai yang merokok dan jika pada saat yang sama sistem ventilasinya kurang baik.  Riset yang dilakukan oleh lembaga yang sama menunjukkan, bahwa gedung ber-AC yang memiliki ventilasi yang baik sekalipun bisa memiliki konsentrasi karbon monoksida yang lebih tinggi daripada udara kotor kota besar, jika memang banyak yang merokok dalam ruangan itu.

Hasil riset Dr. H. Hess yang dilaporkan dalam majalah Clinical Research menunjukkan bahwa konsentrasi karbon monoksida dalam darah seseorang yang berada dalam ruang yang penuh asap rokok, dapat menyamai darah seseorang yang telah mengisap  5–10 batang rokok. Angka konsentrasinya yang tepat tergantung kepada berapa lama dia berada dalam ruangan itu dan berapa tebal asap rokok yang terdapat di dalamnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seseorang yang sama sekali tidak pernah merokok dapat memiliki peluang yang cukup besar untuk menderita penyakit yang diderita oleh seorang perokok. Hal ini benar jika ia selalu berdampingan dengan mereka yang merokok.

Penelitian menunjukkan bahwa seorang anak yang salah satu orang tuanya adalah perokok, memiliki risiko 60% lebih besar untuk menderita radang paru-paru dan bronkitis. Risiko ini 120% lebih besar bagi anak yang kedua orang tuanya adalah perokok. Adalah suatu perkembangan yang besar dimana bahwa di DKI Jakarta sudah ada larangan untuk merokok di tempat umum.  Namun, saat ini kendalanya adalah banyaknya orang yang tetap masih melanggar aturan ini.  Semoga propinsi-propinsi lainnya pun akan mengikuti terobosan yang bijaksana ini.

Ketiga riset yang dilakukan di Yunani oleh Dr. D. Trichopoulos, dkk., di Jepang oleh Dr. T. Hirayama, serta di Amerika Serikat oleh Dr. G. H. Miller memberikan hasil yang sama yaitu: “ Peluang untuk mendapat kanker paru-paru bagi seorang istri yang suaminya adalah perokok jauh lebih besar daripada yang suaminya tidak merokok.”

Riset Dr. M. Shigeru dari Kyoto School of Medicine bekerja sama dengan Japan Tobacco Corporation dan Departmen Pendidikan negara sakura ini menghasilkan tiga resolusi yang di publikasikan di New England Journal of Medicine. Rangkuman ketiga resolusi itu menyatakan bahwa: “Sebaiknya perokok dilarang merokok di sekitar mereka yang tidak merokok.”

Banyak pegawai kantor yang bukan perokok enggan melarang rekan sekerjanya yang merokok dalam ruangan tempat mereka bekerja, sebab mereka merasa bahwa sepatutnya pihak manajemenlah yang pantas menegur mereka.  Memang akan sulit bagi si perokok untuk tidak merokok sepanjang jam kerja.  Untuk itu, perlu disediakan tempat-tempat khusus dimana seorang pegawai dapat merokok tanpa harus meracuni rekan sekerjanya yang tidak merokok.

Telah dibahas sebelumnya bahwa merokok jelas mengganggu kesehatan.  Selanjutnya akan dibahas bahwa daya saing satu perusahaan akan berkurang jika kesehatan pegawainya terganggu. Dengan demikian, tidaklah sulit untuk menyimpulkan bahwa pencemaran ruangan kerja yang ber–AC oleh asap rokok dapat mengurangi daya saing satu perusahaan dalam dunia bisnis yang dipengaruhi oleh persaingan yang ketat.

Gaya Hidup Sehat Seutuhnya; Harga Sebuah Kesehatan

Dalam usahanya untuk mencari makna hidup, manusia berusaha untuk mencari harga dirinya.  Segala macam cara digunakan dalam upayanya untuk menentukan nilai setiap orang.  Di arena pertandingan dicari siapa yang tercepat, terkuat, maupun yang terberani.  Di tempat pekerjaan diadakan evaluasi atau penilaian untuk penentuan kenaikan pangkat maupun gaji.

Para ahli kimia pun telah mengadakan riset laboratorium untuk mencari harga pasaran bahan-bahan kimia yang membentuk tubuh manusia seperti karbon, hidrogen, oksigen, natrium, yodium, klor, flor, selenium, molibdenum, dan sebagainya.

 Hasil riset laboratorium tersebut menyatakan bahwa jika unsur kimiawi tubuh manusia dapat dipisahkan satu per satu, lalu dicocokkan dengan harganya di toko bahan kimia, maka kita dapat menentukan harga tubuh manusia dari segi bahan kimianya.

Para ilmuwan melaporkan bahwa berikut ini adalah “harga” tubuh manusia.  Pada tahun 1930-an kira-kira 98 sen AS atau Rp 9.100 (Kurs 1 Dolar AS = Rp 9.300).  Tahun 1960-an 3,50 dolar atau kira-kira Rp 32.500.  Tahun 1970-an 5,60 dolar atau kira-kira Rp 52.000.  Dengan catatan, jika berat tubuhnya adalah 70 kilogram, maka sekitar 45 kilogram dari berat tersebut adalah air, gratis!
Murah! Ya, mungkin juga.  Bagaimana dengan nilainya pada tahun 1980-an?

Terjadi peningkatan nilai bukan karena manusia menjadi tambah mahal, tetapi karena alat penganalisis kimia yang tersedia semakin canggih.

Dr. Harold J. Morovitz melaporkan satu hal yang cukup mengagetkan di Journal of Hospital Practice.  Dia menulis artikel tersebut setelah mendapat kartu hari ulang tahun dari putrinya, yang bertuliskan “Menurut para ahli biokemia zat-zat yang membentuk tubuh manusia hanya bernilai 98 sen AS”.  Sebagai reaksinya terhadap pernyataan itu, beliau mencari tahu berapa sebenarnya nilai uang bahan kimia yang membentuk tubuh manusia.  Sebagai hasil penyelidikannya, beliau melaporkan bahwa harga pasaran beberapa zat kimia yang membentuk tubuh manusia adalah sebagai berikut:

    Haemoglobin                                    $ 285/gram
    Insulin                                                        $  47,50/gram
    Tripsin                                                        $  36/gram
    Zat empedu                                        $  12/gram
    Kolagen                                                    $  15/gram
    Albumin                                                $    3/gram
    Asam deoksiribonukleat                    $  76/gram

Ada beberapa zat yang jumlahnya dalam tubuh agak sedikit, sehingga harganya agak lebih mahal seperti yang tertera di bawah ini.

Asetat kinase                                            $  8.860/gram
Alkalin fosfat                                        $     225/gram
Asam hialuronik                                $     175/gram
Brodikinin (asam amino)                 $12.000/gram

Yang cukup mengagetkan adalah dua jenis hormon yang terdapat dalam tubuh wanita yang memang sangat mahal seperti berikut ini:

Hormon FSH                    $   8.000.000/gram
Hormon Prolaktin             $ 17.500.000/gram

Dengan menghitung persentase setiap bahan kimia dalam tubuh, maka nilai manusia adalah $ 245,54 per gramnya.  Maka, nilai bahan kimia tubuh seseorang dengan berat tubuh 70 kilogram dengan berat kering (tanpa air) sekitar 45 kilogram, akan bernilai lebih US$ 11.000 atau sekitar Rp 103.000.000.000.

Sangat mahal? Tentu.  Dengan diciptakannya alat penganalisis yang lebih canggih, maka nilai tersebut akan terus meningkat.

Seyogyanya, manusia tidaklah ternilai harganya.  Sebab nilai di atas barulah “harga” tubuhnya.  Kita semua yakin bahwa nilai napas hidupnya bernilai lebih dari itu.  Belum lagi dihitung nilai rohaninya.
Tidak dapat disangkal lagi bahwa tubuh manusia adalah “harta benda” yang sangat mahal.  Sehingga perlu dipelihara dan dijaga keutuhannya dengan baik dan hati-hati.

Anda memiliki tubuh yang mahal.  Namun, nilai sejati tubuh Anda naik dan turun tergantung pada gaya hidup Anda.  Bagaimanakah cara menaikkan nilai tubuh kita? Yaitu dengan menjaga keutuhan dan tingkat kesehatannya

Selasa, 27 November 2012

Gaya Hidup Sehat Seutuhnya; Harga Sebuah Kesehatan

Dalam usahanya untuk mencari makna hidup, manusia berusaha untuk mencari harga dirinya.  Segala macam cara digunakan dalam upayanya untuk menentukan nilai setiap orang.  Di arena pertandingan dicari siapa yang tercepat, terkuat, maupun yang terberani.  Di tempat pekerjaan diadakan evaluasi atau penilaian untuk penentuan kenaikan pangkat maupun gaji.

Para ahli kimia pun telah mengadakan riset laboratorium untuk mencari harga pasaran bahan-bahan kimia yang membentuk tubuh manusia seperti karbon, hidrogen, oksigen, natrium, yodium, klor, flor, selenium, molibdenum, dan sebagainya.

 Hasil riset laboratorium tersebut menyatakan bahwa jika unsur kimiawi tubuh manusia dapat dipisahkan satu per satu, lalu dicocokkan dengan harganya di toko bahan kimia, maka kita dapat menentukan harga tubuh manusia dari segi bahan kimianya.

Para ilmuwan melaporkan bahwa berikut ini adalah “harga” tubuh manusia.  Pada tahun 1930-an kira-kira 98 sen AS atau Rp 9.100 (Kurs 1 Dolar AS = Rp 9.300).  Tahun 1960-an 3,50 dolar atau kira-kira Rp 32.500.  Tahun 1970-an 5,60 dolar atau kira-kira Rp 52.000.  Dengan catatan, jika berat tubuhnya adalah 70 kilogram, maka sekitar 45 kilogram dari berat tersebut adalah air, gratis!
Murah! Ya, mungkin juga.  Bagaimana dengan nilainya pada tahun 1980-an?

Terjadi peningkatan nilai bukan karena manusia menjadi tambah mahal, tetapi karena alat penganalisis kimia yang tersedia semakin canggih.

Dr. Harold J. Morovitz melaporkan satu hal yang cukup mengagetkan di Journal of Hospital Practice.  Dia menulis artikel tersebut setelah mendapat kartu hari ulang tahun dari putrinya, yang bertuliskan “Menurut para ahli biokemia zat-zat yang membentuk tubuh manusia hanya bernilai 98 sen AS”.  Sebagai reaksinya terhadap pernyataan itu, beliau mencari tahu berapa sebenarnya nilai uang bahan kimia yang membentuk tubuh manusia.  Sebagai hasil penyelidikannya, beliau melaporkan bahwa harga pasaran beberapa zat kimia yang membentuk tubuh manusia adalah sebagai berikut:

    Haemoglobin                                    $ 285/gram
    Insulin                                                        $  47,50/gram
    Tripsin                                                        $  36/gram
    Zat empedu                                        $  12/gram
    Kolagen                                                    $  15/gram
    Albumin                                                $    3/gram
    Asam deoksiribonukleat                    $  76/gram

Ada beberapa zat yang jumlahnya dalam tubuh agak sedikit, sehingga harganya agak lebih mahal seperti yang tertera di bawah ini.

Asetat kinase                                            $  8.860/gram
Alkalin fosfat                                        $     225/gram
Asam hialuronik                                $     175/gram
Brodikinin (asam amino)                 $12.000/gram

Yang cukup mengagetkan adalah dua jenis hormon yang terdapat dalam tubuh wanita yang memang sangat mahal seperti berikut ini:

Hormon FSH                    $   8.000.000/gram
Hormon Prolaktin             $ 17.500.000/gram

Dengan menghitung persentase setiap bahan kimia dalam tubuh, maka nilai manusia adalah $ 245,54 per gramnya.  Maka, nilai bahan kimia tubuh seseorang dengan berat tubuh 70 kilogram dengan berat kering (tanpa air) sekitar 45 kilogram, akan bernilai lebih US$ 11.000 atau sekitar Rp 103.000.000.000.

Sangat mahal? Tentu.  Dengan diciptakannya alat penganalisis yang lebih canggih, maka nilai tersebut akan terus meningkat.

Seyogyanya, manusia tidaklah ternilai harganya.  Sebab nilai di atas barulah “harga” tubuhnya.  Kita semua yakin bahwa nilai napas hidupnya bernilai lebih dari itu.  Belum lagi dihitung nilai rohaninya.
Tidak dapat disangkal lagi bahwa tubuh manusia adalah “harta benda” yang sangat mahal.  Sehingga perlu dipelihara dan dijaga keutuhannya dengan baik dan hati-hati.

Anda memiliki tubuh yang mahal.  Namun, nilai sejati tubuh Anda naik dan turun tergantung pada gaya hidup Anda.  Bagaimanakah cara menaikkan nilai tubuh kita? Yaitu dengan menjaga keutuhan dan tingkat kesehatannya

Apa yang dimaksud dengan blog?

Blog merupakan singkatan dari web log, blog adalah sebuah situs yang asal mulaya merupakan catatan harian online yang dibuat oleh siapa pun, kapan pun, dan di manapun. Berbeda dengan situs berita pada umumnya, isi blog cenderung lebih lugas, jujur, terus terang, apa adanya, dan lebih fenomenal. Blog kebanyakan  ditulis oleh orang pribadi  alias milik pribadi berbeda dengan  website pada umumnya.
pengertian nanfaat tujuan dan macam-macam blog gratis
Blogging
Menurut Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Komunitas Blogger


Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Jenis-jenis blog

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru atau para pemerhati pendidikan.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
sumber ; Wikipedia

Manfaat dan tujuan dalam nge Blog

  • Sebagai sarana untuk mengekspresikan diri, ajang curhat, menyampaikan uneg-uneg dan ekspresi lain dari diri si pemilik blog
  • Sebagai wadah penyaluran bakat dalam menulis.
  • Sebagai sarana mempromosikan produk barang atau jasa termasuk promosi diri misalnya seorang artis atau pakar ahli tertentu.
  • Sebagai sumber penghasilan baik penghasilan utama maupun penghasilan sampingan 
  • Sebagai tempat berbagi ilmu pengetahuan
 

Macam-Macam Blog

 

Berbagai macam dan jenis blog dapat dibedakan atas media yang digunakan, perangkat (device) yang dipakai untuk membuat blog, isi blog, dan sebagainya. Berikut jenis-jenis blog yang umumnya ada di Internet.

1. Blog biasa
Umumnya blog berisi content dalam bentuk tulisan saja. Inilah yang dinamakan dengan blog pada umumnya.

2. Photoblog
Atau dikenal juga dengan fotolog, merupakan sebuah blog yang fokus isinya berupa foto-foto / image.

3. Podcast
Podcast merupakan sebuah blog yang memuat file-file audio yang bisa di-download. Umumnya dalam bentuk MP3, sehingga dikenal juga dengan istilah MP3 blog.

4. Vlog
Vlog merupakan singkatan dari video blog. Blog jenis ini isinya berupa video.

Jenis-jenis Blog / Penyedia Blog Gratisan lokal maupun internasional

  • Blogger.com
  • wordpress.com
  • Typepad.com
  • livejournal.com
  • blogdrive.com
  • blogsome.com
  • edublogs.org
  • diaryland.com
  • xanga.com

Penyedia blog lokal gratis.

  • blogdetik.com
  • kompasiana.com
Buat Kamu yang mau belajar Blogspot silakan buka Link Ini
Demikian penjelasan mengenai pengertian blog, manfaat dan tujuan nge blog, jenis dan macam-macam blog serta penyedia blog gratis lokal / Indonesia maupun dunia/ Internasional.

Tips Agar Postur Tubuh Baik


Semua orang tentunya ingin selalu tampil awet muda. Oleh karena itu, kebanyakan orang berlomba-lomba melakukan segala upaya agar selalu tampil muda. Bahkan, berbagai prosedur operasi pun dijalani agar dapat tampil lebih muda. Namun, apakah ada yang pernah terpikir bahwa dapat berdiri dengan tegak di usia tua juga penting? Bayangkan jika kulit wajah masih kencang, namun badan sudah bungkuk? Tentunya kita akan terlihat tua dengan badan yang bungkuk. Postur yang baik akan lebih membuat seseorang tampak lebih muda dibandikan dengan face lift atau Botox. Face lift adalah operasi plastik untuk menghilangkan kerutan wajah, kulit kendur, timbunan lemak, atau terlihat tanda-tanda penuaan lain untuk tujuan kosmetik. Postur yang baik juga mempunyai manfaat dapat menjaga kesehatan tulang. Meskipun postur membungkuk mungkin akan terjadi secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Namun kita dapat mencegah kerusakan tulang belakang yang sering disebabkan oleh osteoporosis, serta mencegah kerusakan tulang atas dan tengah. Seperti dikutip dari Health.com. Berikut 7 Cara Untuk Memiliki Postur Tubuh Yang Bagus, yaitu :

1. Peregangan
Kebanyakan orang menghabiskan waktu dengan duduk membungkuk di depan komputer. “Peregangan dan meningkatkan jangkauan gerak adalah merupakan hal yang penting,” kata Jonathan F. Bean, MD, MS, MPH, sebuah asisten profesor di department of physical medicine and rehabilitation at Harvard Medical School di Boston. Untuk menjaga tubuh tetap lentur, cobalah untuk bangun selama beberapa menit setiap setengah jam dan melakukan peregangan, berjalan, atau hanya sekedar berdiri.

2. Melakukan Latihan Ringan
Cobalah latihan ini: Setiap pagi dan malam, berbaring di lantai dan melakukan relaksasi dengan meletakkan kedua tangan seolah-olah melingkari kepala selama 2 atau 3 menit. Untuk latihan tambahan, letakkan gulungan handuk di lantai, yaitu tepat di bawah tulang belakang, kemudian lakukan peregangan. “Tetapi lakukan peregangan ini secara perlahan-lahan dan berhentilah jika merasa tidak nyaman atau sakit,” kata Dr. Bean. “Jika ingin menyelesaikan latihan ini, pastikan bahwa sudah mendapatkan fleksibilitas terlebih dahulu,” tambah Dr. Bean.

3. Duduk Lurus
“Bila harus bekerja dengan duduk di kursi, duduklah dengan baik, dengan postur tubuh tegak dan lurus merupakan kebiasaan yang baik,” kata Rebecca Seguin, PhD, seorang ahli physiologist and nutritionist di Seattle. “Hal ini dapat dilakukan dengan membiasakan diri, disiplin latihan yang berfokus pada kesadaran tubuh, seperti pilates dan yoga, dapat membantu tubuh untuk tetap duduk lurus,” tambah Seguin. Pastikan tempat kerja Anda dikondisikan untuk dapat melakukan postur tubuh yang tepat.

4. Memperkuat Otot
Pilates dan yoga adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan otot, otot-otot perut, dan daerah panggul. Otot-otot ini membentuk dasar dari postur yang baik, dan otot kuat dapat memiliki manfaat lain, yaitu mencegah urinary incontinence. Urinary incontinence adalah hilangnya kontrol kandung kemih. Sebuah otot yang kuat bahkan dapat membuat seks lebih menyenangkan.

5. Lakukan Yoga
Selain membantu untuk meningkatkan kesadaran tubuh dan kekuatan otot, menurut Dr Bean yoga juga merupakan cara terbaik untuk membangun dan mempertahankan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot seluruh tubuh. Mulailah berlatih yoga secara bertahap dan mengamati respon tubuh. Pastikan guru yoga mengerti kebutuhan dan kemampuan Anda. Hatha atau yoga restoratif adalah latihan yang baik untuk memulai latihan bagi seorang pemula.

6. Perkuat Tulang Belakang
Setelah menopause, otot-otot sekitar tulang belakang perempuan mungkin telah melemah lebih parah dibandingkan dengan laki-laki. Latihan khusus untuk otot ekstensor punggung, fleksor leher, otot-otot panggul, dan otot samping merupakan latihan yang penting. Pelatih dapat membantu, bahkan ada alat-alat khusus untuk latihan khusus otot-otot ini. Menurut Dr. Bean, ketahanan tulang belakang dan batang otot juga penting. Hal itulah yang membuat tubuh tetap dapat berdiri tegak tanpa rasa yang menyakitkan.

7. Angkat Beban
Vertebral compression fractures dapat mengurangi tinggi badan dan merupakan ciri dari usia tua. Hal tersebut disebabkan oleh penyakit osteoporosis yang mengakibatkan menipisnya tulang. Wanita dan laki-laki dapat mencegah terjadinya osteoporosis dengan beberapa latihan, seperti berjalan, memanjat tangga, dan angkat beban. “Orang yang melakukan jalan kaki secara teratur selama hidup mereka cenderung memiliki kepadatan tulang yang lebih baik,” jelas Seguin.

Senin, 26 November 2012

Tips Agar Postur Tubuh Baik


Semua orang tentunya ingin selalu tampil awet muda. Oleh karena itu, kebanyakan orang berlomba-lomba melakukan segala upaya agar selalu tampil muda. Bahkan, berbagai prosedur operasi pun dijalani agar dapat tampil lebih muda. Namun, apakah ada yang pernah terpikir bahwa dapat berdiri dengan tegak di usia tua juga penting? Bayangkan jika kulit wajah masih kencang, namun badan sudah bungkuk? Tentunya kita akan terlihat tua dengan badan yang bungkuk. Postur yang baik akan lebih membuat seseorang tampak lebih muda dibandikan dengan face lift atau Botox. Face lift adalah operasi plastik untuk menghilangkan kerutan wajah, kulit kendur, timbunan lemak, atau terlihat tanda-tanda penuaan lain untuk tujuan kosmetik. Postur yang baik juga mempunyai manfaat dapat menjaga kesehatan tulang. Meskipun postur membungkuk mungkin akan terjadi secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Namun kita dapat mencegah kerusakan tulang belakang yang sering disebabkan oleh osteoporosis, serta mencegah kerusakan tulang atas dan tengah. Seperti dikutip dari Health.com. Berikut 7 Cara Untuk Memiliki Postur Tubuh Yang Bagus, yaitu :

1. Peregangan
Kebanyakan orang menghabiskan waktu dengan duduk membungkuk di depan komputer. “Peregangan dan meningkatkan jangkauan gerak adalah merupakan hal yang penting,” kata Jonathan F. Bean, MD, MS, MPH, sebuah asisten profesor di department of physical medicine and rehabilitation at Harvard Medical School di Boston. Untuk menjaga tubuh tetap lentur, cobalah untuk bangun selama beberapa menit setiap setengah jam dan melakukan peregangan, berjalan, atau hanya sekedar berdiri.

2. Melakukan Latihan Ringan
Cobalah latihan ini: Setiap pagi dan malam, berbaring di lantai dan melakukan relaksasi dengan meletakkan kedua tangan seolah-olah melingkari kepala selama 2 atau 3 menit. Untuk latihan tambahan, letakkan gulungan handuk di lantai, yaitu tepat di bawah tulang belakang, kemudian lakukan peregangan. “Tetapi lakukan peregangan ini secara perlahan-lahan dan berhentilah jika merasa tidak nyaman atau sakit,” kata Dr. Bean. “Jika ingin menyelesaikan latihan ini, pastikan bahwa sudah mendapatkan fleksibilitas terlebih dahulu,” tambah Dr. Bean.

3. Duduk Lurus
“Bila harus bekerja dengan duduk di kursi, duduklah dengan baik, dengan postur tubuh tegak dan lurus merupakan kebiasaan yang baik,” kata Rebecca Seguin, PhD, seorang ahli physiologist and nutritionist di Seattle. “Hal ini dapat dilakukan dengan membiasakan diri, disiplin latihan yang berfokus pada kesadaran tubuh, seperti pilates dan yoga, dapat membantu tubuh untuk tetap duduk lurus,” tambah Seguin. Pastikan tempat kerja Anda dikondisikan untuk dapat melakukan postur tubuh yang tepat.

4. Memperkuat Otot
Pilates dan yoga adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan otot, otot-otot perut, dan daerah panggul. Otot-otot ini membentuk dasar dari postur yang baik, dan otot kuat dapat memiliki manfaat lain, yaitu mencegah urinary incontinence. Urinary incontinence adalah hilangnya kontrol kandung kemih. Sebuah otot yang kuat bahkan dapat membuat seks lebih menyenangkan.

5. Lakukan Yoga
Selain membantu untuk meningkatkan kesadaran tubuh dan kekuatan otot, menurut Dr Bean yoga juga merupakan cara terbaik untuk membangun dan mempertahankan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot seluruh tubuh. Mulailah berlatih yoga secara bertahap dan mengamati respon tubuh. Pastikan guru yoga mengerti kebutuhan dan kemampuan Anda. Hatha atau yoga restoratif adalah latihan yang baik untuk memulai latihan bagi seorang pemula.

6. Perkuat Tulang Belakang
Setelah menopause, otot-otot sekitar tulang belakang perempuan mungkin telah melemah lebih parah dibandingkan dengan laki-laki. Latihan khusus untuk otot ekstensor punggung, fleksor leher, otot-otot panggul, dan otot samping merupakan latihan yang penting. Pelatih dapat membantu, bahkan ada alat-alat khusus untuk latihan khusus otot-otot ini. Menurut Dr. Bean, ketahanan tulang belakang dan batang otot juga penting. Hal itulah yang membuat tubuh tetap dapat berdiri tegak tanpa rasa yang menyakitkan.

7. Angkat Beban
Vertebral compression fractures dapat mengurangi tinggi badan dan merupakan ciri dari usia tua. Hal tersebut disebabkan oleh penyakit osteoporosis yang mengakibatkan menipisnya tulang. Wanita dan laki-laki dapat mencegah terjadinya osteoporosis dengan beberapa latihan, seperti berjalan, memanjat tangga, dan angkat beban. “Orang yang melakukan jalan kaki secara teratur selama hidup mereka cenderung memiliki kepadatan tulang yang lebih baik,” jelas Seguin.