Jumat, 19 Juli 2013

Tips mengatasi sembelit saat berpuasa

Penyebab sembelit & cara mengatasinya

Penyakit sembelit atau dikenal juga dengan sebutan konstipasi merupakan kelainan sistem pencernaan dengan terjadinya pengerasan tinja / feses yang berlebihan sehingga sulit untuk dikeluarkan serta mengakibatkan rasa sakit pada penderitanya, yakni ketika harus buang air besar. Konstipasi atau sembelit yang sudah parah bisa menyebabkan gejala yang lebih parah lagi mengarah ke kanker usus. Gejala tersebut sendiri disebut sebagai obstipasi dan dapat berakibat fatal. Namun, penyaakit sembelit sendiri merupakan salah satu penyakit yang paling umum yakni menyerang 80% manusia – pasti pernah mengalami penyakit sembelit. Mengapa bisa sampai begitu?

penyebab gejala dan cara mengatasi penyakit gangguan pencernaan sembelit konstipasi atau susah buang air besar BAB di saat berpuasa
Penyebab Penyakit Sembelit

Penyakit sembelit sendiri disebabkan oleh beberapa hal, yakni sebagai berikut:

Mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh.

  • Panas dalam.

  • Punya aktivitas yang cukup padat, stres atau mungkin depresi.

  • Kurang elastisnya usus, pada umumnya pada saat hamil atau usia lanjut.

  • Karena hormon dalam tubuh, sebagai contoh pada saat menstruasi.

  • Kelainan anatomis pada sistem pencernaan tubuh.

  • Pola makan dangayahidup yang tidak teratur atau diet yang buruk.

  • Terlalu banyak minum obat yang mengandung kalsium atau alumunium.

  • Kurang asupan vitamin C dan kurang mengonsumsi makanan berserat.

  • Gejala dari penyakit lainnya seperti tifus atau hernia.

  • Sering menunda buang air besar dalam waktu yang lama.

  • Pertaltik usus terhenti dan usus besar menyerap kembali cairan feses yang disebabkan oleh emosi atau cemas yang berujung kejang.

  • Kurang berolahraga.

Gejala Konstipasi

Nah, gejala-gejala penyakit sembelit biasanya memang sudah diketahui apalagi dengan status penyakit ini adalah salah satu penyakit yang paling umum. Beberapa gejala penyakit sembelit adalah sebagai berikut:

  • Perut yang terus-terusan terasa penuh dan bahkan kembung karena tumpukan tinja di dalam perut.

  • Tinja menjadi keras, hitam dan panas serta kecil-kecil. Bahkan jika parah bisa berbentuk bulat-bulat.

  • Ketika buang air besar sulit untuk mengeluarkan tinja, bahkan ada yang bisa sampai mengalami ambeien.

  • Terdengar bunyi-bunyian dari perut.

  • Sering buang angin dan berbau busuk daripada biasanya.

  • Mual

  • Sakit punggung ketika tinja yang bertumpuk sudah banyak.

Beragam jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari akan memberikan dampak bagi tubuh kita. Namun, dari semua jenis makanan yang disantap, hendaknya mengandung unsur serat yang berguna bagi tubuh.

Seperti yang terdapat pada buah, sayuran dan jenis kacang. Terlebih saat berpuasa seperti saat ini lantaran tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam.

Tanpa keseimbangan serat yang cukup akan terjadi gangguan da lam sistem pencernaan, termasuk sistem pembuangan kotoran atau feses dari tubuh. Masalah yang paling sering dihadapi ada lah kesulitan buang air besar atau sembelit.

Rata-rata konsumsi serat orang Indonesia hanya sekitar 12,5 gram per hari. Padahal kebutuhan serat yang harus dipenuhi, yaitu minimal 25 gram setiap harinya. Serat yang disarankan ialah yang diperoleh dengan mengonsumsi nutrisi yang berimbang. Asupannya bisa dari sayur dan buah sebanyak 50 hingga 60 persen, protein 30 persen, dan lemak 20 persen.

Konsumsi air minum yang cukup juga diperlukan agar kita terhindar jauh-jauh dari sembelit. “Konsumsi serat orang Indonesia masih rendah,” kata ahli gizi dari Departemen Ilmu Gizi FK UI, Saptawati Bardosono yang mengakui penyebab sembelit juga karena kurangnya mengonsumsi makanan berserat.

Makanan berserat mampu menahan air sehingga bermanfaat untuk melembabkan, melunakkan, dan memberikan berat pada feses. Jika kebutuhan serat tercukupi, feses akan keluar dengan normal, dan tidak akan terjadi sembelit. Namun, sayangnya menurut pakar nutrisi, Emilia E Achmadi orang Indonesia masih salah kaprah dalam mengonsumsi buah.

Sebagai contohnya adalah membuang kulit ari pada buah salak dan jeruk. Padahal bagian putih pada jeruk dan salak apabila dimakan akan mampu mencegah sembelit. “Sudah jumlahnya kurang, seratnya malah dibuang, ”katanya.

Sembelit jangan dianggap remeh. Jika berlangsung lama, bisa berakibat fatal. Kotoran yang harusnya keluar secara teratur akan tetap di dalam usus, bisa menyebabkan kelainan di usus tersebut. Mulai dari polip, maag, kembung, wasir, atau bahkan kanker usus besar yang paling parah. Apabila sembelit sudah terjadi, lebih baik diperiksa lebih lanjut ke dokter, agar bisa ditangani dengan tepat.

Pembuangan feses bisa dilakukan dengan obat pencahar yaitu laksatif. Namun, dosisnya harus tepat dan jangan sampai dikonsumsi terus menerus dalam waktu yang panjang. Beberapa obat juga bisa memicu sembelit jika kita mengkonsumsinya kurang tepat.

Seperti obat rematik, obat maag, suplemen zat besi, suplemen kalsium, dan antidiare. Selain itu, minuman yang me ngandung probiotik juga bisa dikonsumsi untuk mencegah sembelit. Bakteri baik dari minuman probiotik ini, akan menjaga usus tetap sehat, jumlah racun dan bakteri jahat berkurang, sehingga pencernaan lancar dan sembelit pun hilang.

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/07/22/m7just-ogah-sembelit-saat-puasa-inilah-jurusnya

http://macammacampenyakit.com/cara-mengatasi-sembelit-konstipasi/

Rabu, 17 Juli 2013

Tips Berbuka Puasa Aman dan Sehat


Tips Berbuka Puasa Aman dan Sehat

Saat tiba waktu berbuka, umat yang menjalankan ibadah puasa memang diperbolehkan makan dan minum. Tapi bukan berarti Anda bisa melahap semua makanan yang diinginkan sekaligus.

Berbuka puasa pun perlu mengikuti langkah-langkah yang benar, karena lambung yang tidak terisi makanan dalam waktu lama cenderung lebih rentan mengalami gangguan pencernaan. Berikut ini tips berbuka puasa yang benar, seperti dikutip dari fasting ygoy.

Berbuka Puasa Aman dan Sehat

1. Berbukalah dengan yang Manis
Tahukah Anda, alasan kenapa kita sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan manis terlebih dulu saat berbuka? Karena selama berpuasa, tubuh kehilangan banyak energi dan kurang nutrisi. Gula, atau makanan/minuman yang mengandung gula bisa memberi asupan energi dengan cepat, sehingga tubuh pun cepat kembali segar.

Tapi perhatikan juga konsumsinya, jangan sampai berlebihan dan usahakan gula yang Anda konsumsi alami, yang berasal dari buah-buahan. Idealnya, Anda disarankan makan tiga butir kurma dan air putih, atau satu cangkir teh manis. Anda pun bisa berbuka dengan buah-buahan seperti melon dan semangka.

2. Hindari Minuman Terlalu Dingin
Hindari minuman yang terlalu dingin. Minuman dingin bisa membuat perut cepat kenyang, sehingga kita kehilangan selera untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, yang tidak didapatkan tubuh selama berpuasa. Akibatnya, tubuh akan cepat lemas saat berpuasa esok harinya.

3. Beri Jeda Waktu untuk Makan Berat
Saat berbuka, biasanya kita cenderung kalap, ingin melahap semua makanan yang tersaji. Tapi tahanlah keinginan itu. Lambung perlu beradaptasi dengan makanan setelah lebih dari 12 jam kosong. Langsung 'menghantamnya' dengan makanan berat, akan membuat perut 'kaget' dan bisa menimbulkan perut kembung hingga sembelit.

Setelah mengonsumsi makanan manis, berilah jeda waktu bagi lambung untuk mencerna makanan secara perlahan, kira-kira 10-15 menit. Baru mulai makan makanan berat, misalnya nasi beserta lauk dan sayur. Untuk lebih nyaman, Anda bisa mengonsumsi makanan berat setelah pulang salat Tarawih.

4. Makan Perlahan
Rasa lapar kadang bisa membuat kita kalap sehingga ingin mengunyah makanan lebih cepat agar bisa segera menghabiskan menu berikutnya. Makan dengan cepat bisa mengganggu kadar gula dalam darah, sehingga Anda akan selalu merasa lapar dan semakin semangat mengunyah makanan. Otak membutuhkan sekitar 15 sampai 20 menit untuk mengirim sinyal kenyang. Makan cepat dapat membuat Anda mengonsumsi makanan berlebihan dan memakan kalori lebih banyak. Tentunya Anda tidak mau, setelah 1 bulan berpuasa, tubuh justru akan jadi lebih gemuk.

Oleh karena itu, makanlah dengan pelan. Mengunyah secara perlahan akan memberi waktu bagi tubuh untuk menyerap glukosa dan kalori yang diperlukan tubuh, tapi mencegahnya agar tidak terserap berlebihan dan menjadikannya lemak.

Senin, 15 Juli 2013

Lomba Pidato Bahasa Inggris Erlangga untuk SMK

Topik

1. Bagaimana mencegah bullying di sekolah?

2. Sederhana pemuda cara bisa dilakukan untuk menyelamatkan alam.

3. Manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa.

4. Sosial media dan dampaknya terhadap pemuda.

5. Bagaimana menjadi seorang pengusaha muda?

Kualifikasi dan Pendaftaran

1. Peserta adalah mahasiswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK / MAK).

2. Peserta harus mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkannya kembali ke panitia dari Erlangga English Speech Contest 2013.

3. Peserta dapat mengunjungi www.erlangga.co.id untuk men-download formulir pendaftaran atau untuk mengisi pendaftaran secara online.

4. Keputusan Juri 'adalah final.

5. Peserta siap untuk menyampaikan pidato mereka di kantor cabang Penerbit Erlangga untuk awal (pilih salah satu topik).

6. Tidak ada biaya pendaftaran diperlukan.

7. Pendaftaran akan ditutup pada 30 September 2013.

8. Kontes ini hanya terbuka untuk non-pribumi Peserta berbicara bahasa Inggris.

HADIAH

1. Pertama Tempat Rp. 5 Juta + Sekolah Dana Pembangunan

2. Juara II Rp. Dana Pembangunan 4 miliion + Sekolah

3. Juara III Rp. 3 Juta + Dana Pembangunan Sekolah

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Pemasaran Nasional Departemen

Penerbit Erlangga

(021) 8717006 ext. 158/228

atau kunjungi: www.erlangga.co.id

http://erlangga.co.id/component/smartformer/?formid=10

http://erlangga.co.id/download/viewcategory/21-form-registrasi.html

http://erlangga.co.id/current-event/7589-erlangga-english-speech-contest-2013-dare-to-speak-smkmak.html

Minggu, 14 Juli 2013

Cara mengajari anak agar mau berpuasa

Bulan Ramadhan sudah 3 hari berjalan, semua orang dengan gembira menyambutnya, tak terkecuali anak-anak kita. Terkadang kita jumpai mereka berbincang masalah puasa dengan sesama temannya. Sebagian dari mereka dengan sukarela mau berpuasa atas kehendak pribadi namun ada pula yang malas. Disinilah kita sebagai orangtua muslim wajib memberikan arahan dan mengajarkan cara berpuasa kepada anak khususnya yang belum akil baligh.


Anak-anak harus dilatih sejak dini untuk menjalankan ibadah puasa. Bagi para orang tua, terkadang kesulitan mencari cara bagaimana mengajarkan puasa pada anak-anak sejak dini. Mengajarkan puasa bagi anak yang pertama kali puasa bukanlah hal yang mudah. Berikut adalah tips dan kiat untuk mengajarkan berpuasa kepada anak-anak agar terbiasa lancar berpuasa:



Menjelaskan Makna Bulan Ramadhan pada Anak
Untuk mengajarkan anak berpuasa, coba jelaskan tentang makna ramadhan. Tentu saja untuk memberikan anak pengetahuan tentang puasa dan ibadah-ibadah di bulan ramadhan ini dengan menggunakan bahasa anak dan dengan menyenangkan. Salah satu caranya bisa melalui cerita, anak diberikan cerita-cerita anak islami, dogeng yang berisi tentang makna bulan suci ini. Serta yang paling penting adalah orang tua memberi contoh.

Melakukan Puasa Bertahap bagi Anak
Bagi anak untuk melaksanakan puasa penuh tentu tidak mudah. Untuk belajar puasa anak bisa dilatih untuk makan di saat lapar dan makan tidak sampai kekenyangan. Jika sudah terbiasa, anak bisa diajak untuk berpuasa secara bertahap, misalnya untuk seminggu pertama anak berpuasa selama satengah hari sampai dhuhur, lalu bisa bertahap sampai jika sudah dirasa kuat sampai maghrib.

Memberikan Semangat dan Motivasi Anak
Orang tua sebaiknya selalu memberikan semangat pada anak untuk melaksanakan ibadah puasa, semangat itu bisa berupa kalimat langsung, contohnya "Ayo semangat Adek... kurang satu jam lagi kok :)". Jika anak tidak tahan, maka biarkan dulu mereka makan, lalu disambung lagi. Berikan penghargaan untuk untuk memotivasi mereka. Penghargaan tidak harus dalam bentuk barang, bisa dalam bentuk pujian, ungkapan rasa senang, serta kedekatan emosi, seperti sentuhan, pelukan atau belaian.

Mengajak Anak Terlibat Langsung
Ajaklah anak terlibat ketika saat berbuka, tarawih, makan malam, dan sahur sejak dini. Menghargai anak jika anak telah mengerjakan kebaikan, tetapi jangan dicela bila belum berhasil. Orang tua bisa memberi contoh yang baik untuk anak ketika bulan ramadhan, tidak mengeluh ketika beratnya berpuasa ketika beraktivitas. Beraktivitas yang menyenangkan dan menjalani puasa dengan penuh kesabaran.

Memberikan Menu Favorit dan Bergizi untuk Anak
Ketika berpuasa orang tua sementara harus menyembunyikan makanan-makanan yang dapat mengoda puasa anak. Tetapi ketika berbuka orang berusaha untuk menyajikan makanan favorit bagi anaknya. Khususnya ketika makan sahur, agar anak bersemangat untuk makan sahur.

Pada malam hari, ada baiknya anak makan lagi sebelum tidur atau pada saat-saat senggang di waktu malam. Jangan lupa untuk memberikan makanan yang mengandung gizi yang seimbang untuk anak. Beri makanan atau minuman yang mengandung gula saat buka. Untuk sahur, perbanyaklah makanan dari jenis protein dan lemak seperti susu, daging, nasi, telur, ikan, dan lainnya sebagai cadangan energi.

Mengenalkan dan mengajarkan puasa pada anak-anak sejak dini, agar mereka lebih mengenal apa dan bagaimana puasa itu, sehingga nantinya akan terbiasa. Semoga tips cara mengajari anak berpuasa di atas bermanfaat.

http://www.sekolahdasar.net/2012/07/cara-mengajarkan-anak-untuk-berpuasa.html

Jumat, 12 Juli 2013

Waktu Berolahraga saat Berpuasa

Puasa seringkali dijadikan alasan bagi seseorang untuk tidak berolahraga. Padahal, olahraga ringan sebenarnya masih bisa dilakukan saat menjalani puasa. Bahkan jika rutin melakukan olahraga, tubuh akan semakin bugar dan mengurangi efek lemas. Lantas kapan waktu yang paling tepat untuk berolahraga saat sedang puasa?

"Saya ingin menegaskan, puasa itu bukan alasan untuk tidak olahraga. Kalau mau tetap bugar saat berpuasa ya seharusnya tetap melakukan olahraga. Lakukan saja yang ringan, tidak perlu yang berat-berat," ungkap dokter kesehatan olahraga, dr Michael Triangto, SpKO, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (10/7/2013).

Yang penting untuk diingat adalah intensitas olahraga, tujuan dilakukan olahraga, dan faktor kemampuan dari orang tersebut. Jika terlalu memaksakan, dikhawatirkan ia malah akan mengalami dehidrasi dan kesulitan untuk meneruskan puasanya.

Menurut dr Michael, ada 3 tahapan waktu terbaik untuk melakukan olahraga saat bulan Ramadan sesuai dengan tujuannya, antara lain:

Tujuan 1: Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh

"Untuk tujuan ini, sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah sahur. Mengapa pagi hari? Sebab saat pagi hari biasanya suhu masih segar, sehingga tidak akan menimbulkan haus berlebihan," tutur dr Michael.

Komposisi olahraga pagi ini adalah latihan kardio 70 persen dan latihan angkat beban 30 persen. Contoh latihan kardio yang bisa dilakukan antara lain jogging, jalan cepat, dan bersepeda selama lebih kurang 30 menit. Sementara latihan angkat beban yang bisa dilakukan misalnya push up dan sit up. Latihan pagi ini juga bisa dilakukan bersama dengan olahraga, sehingga selain sehat juga bisa mempererat hubungan antara anggota keluarga.

Tujuan 2: Mempertahankan kekuatan otot

"Sedangkan untuk tujuan ini, sebaiknya dilakukan pada sore hari, yaitu lebih kurang 1,5-2 jam sebelum berbuka puasa. Lakukan olahraga dengan komposisi latihan kardio 50 persen dan latihan angkat beban 50 persen," ujar dr Michael.

Contoh latihan kardio misalnya sprint, sedangkan latihan angkat beban dengan menggunakan alat yang biasa ada di gym. Jika setelah melakukan latihan ini dirasakan lelah dan haus, tidak perlu khawatir karena dilakukan menjelang waktunya berbuka puasa.

Tujuan 3: Meningkatkan kekuatan dan kemampuan otot

"Tujuan ketiga ini tingkatannya lebih tinggi lagi, sebab tujuan utamanya adalah meningkatkan kekuatan otot, tidak hanya mempertahankannya," terang dr Michael.

Karena latihan ini dirasakan cukup berat, disarankan untuk melakukan latihan pada malam hari setelah ibadah salat tarawih. Lelah dan haus pada waktu ini tidak akan terlalu berpengaruh karena orang tersebut masih bisa langsung minum seperti saat latihan biasa.

bagaimana Memilih waktu olahraga yang tepat saat berpuasa, kapan saat dan lama berolahraga mencari keringat saat berpuasa ramadhan, olahraga yang baik di saat menunaikan ibadah puasaKomposisi latihan pada waktu ini adalah latihan kardio 30 persen dan latihan angkat beban 70 persen. Untuk latihan ini biasanya lebih dilakukan secara individual. Jika dirasakan mempengaruhi pola tidur, maka setelah latihan biasakan untuk minum cukup air, glukosa, dan elektrolit. Seluruh elemen ini bisa didapat dari cairan isotonik dan air kelapa murni.

Hindari Mie Instan dan Bubur Untuk Menu Sahur


Makanan dan minuman memegang peranan penting saat seseorang berpuasa. Karena asupan itu bisa mempengaruhi apakah seseorang nantinya jadi cepat lapar atau tidak. Agar tidak cepat lapar, sebaiknya Anda menghindari makanan yang lembek seperti bubur dan mi instan saat sahur.

"Mi instan itu mengandung kadar glikemik yang tinggi, energi yang kita keluarkan banyak, sehingga cepat lapar," kata dr Tirta Prawita Sari, MSc, SPGK, dalam seminar publik 'Puasa, keadaan lapar yang menyehatkan' di aula kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Jl Samratulangie, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2013).

Dia menjelaskan saat menjalankan ibadah puasa, tak jarang banyak orang yang merasa lemas dan merasa malas beraktivitas. Hal ini terjadi karena metabolisme tubuh menurun. Padahal, metabolisme berguna untuk keberlangsungan hidup dan menghasilkan energi.

Itu makanya selama puasa perlu dilakukan pola makan yang baik, yakni konsumsi makanan rendah glikemik saat sahur, dan tinggi glikemik saat berbuka. Mengapa perlu makanan yang mengandung glikemik tinggi saat buka puasa? Asupan makanan ini penting untuk segera menaikkan kadar gula darah.

"Selama puasa, kuncinya yaitu konsumsilah makanan yang tinggi serat dan kandungan protein yang cukup. Selain protein, tubuh juga membutuhkan asupan lemak baik" sambung dr Tirta.

Menurut dr Tirta, lemak baik misalnya makan alpukat saat berbuka, tapi jangan mencampurnya dengan susu kental manis. Selain itu, sebaiknya Anda juga mengurangi konsumsi garam saat makan sahur. Hal ini dikarenakan garam menahan lebih banyak cairan dalam tubuh sehingga orang cepat merasa haus.

Selain itu, dr Tirta juga mengingatkan usai sahur usahakan jangan tidur. Sebab aktivitas tersebut bisa membuat cadangan lemak dalam tubuh lebih banyak.

Kamis, 11 Juli 2013

Kebanyakan Tidur Tubuh Makin Lemas Saat Berpuasa

Anda lemas di saat menjalankan ibadah puasa? Salah satu penyebabnya barangkali Anda kebanyakan tidur di siang hari atau terlambat bangun pagi.
saat berpuasa di bulan Ramadan, biasanya rasa kantuk akan datang secara berlebihan. Ini wajar karena energi yang dihasilkan tubuh dari makanan berkurang karena asupan makanan juga berkurang. Namun nyatanya setelah tidur lama, tubuh tidak terasa segar tetapi justru terasa semakin lemas. Mengapa terjadi demikian?

"Saat puasa khususnya di bulan Ramadan, tubuh akan menjadi kekurangan tidur dan utang tidur makin banyak. Ini membuat tubuh beradaptasi dengan cara mengantuk lebih sering dan tubuh menjadi lemas. Sangat wajar," tutur dr Andreas Prasadja, RPSGT, yang akrab disapa dr Ade, ahli kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (10/7/2013).


dr Ade juga menambahkan, saat puasa di bulan Ramadan jam tidur pasti akan berkurang karena aktivitas makan sahur setiap malam menjelang pagi. Dengan rutinitas ini, jam tidur otomatis akan berkurang, tidak seperti biasanya.

Saat tidak sedang di dalam bulan Ramadan, jam tidur yang dianjurkan setiap hari adalah sekitar 7-8 jam. Namun, dengan pengurangan ini maka jam tidur dipastikan akan berkurang. Untuk memenuhi pengurangan ini, tubuh akan tetap berusaha memenuhi jam tidur tersebut, sehingga siang hari orang akan mengalami kantuk berlebihan.

Adanya rasa kantuk yang berlebihan akan membuat seseorang justru menjadi kebanyakan tidur, akibatnya tubuhnya menjadi lemas. Sebaiknya tetap lakukan aktivitas di jam yang memang sudah seharusnya, namun berikan waktu lebih kurang sekitar 15 menit di sela istirahat siang untuk beristirahat.

"Misalnya siang hari dia ngantuk terus tidur sampai sore tanpa ada aktivitas lain, maka akan memberi efek yang tak baik juga. Intinya, ini terjadi karena utang tidurnya masih banyak dan masih butuh tidur lagi," ungkap dr Ade.

Tidur saat berpuasa di bulan Ramadan sebenarnya sangat penting, agar metabolisme tetap lancar. Selain itu, tidur cukup akan menjaga nafsu makan tetap wajar dan tidak tidak berlebihan. Menurut dr Ade, kurang tidur akan membuat nafsu makan meningkat dan terus berpengaruh sampai saat buka puasa.



sumber: http://health.detik.com/read/2013/07/10/145646/2298101/763/

Rabu, 10 Juli 2013

Kesalahan cewek dalam berpacaran

Inilah beberapa hal kesalahan seorang cewek dalam berpacaran,,, tanpa basa basi yuk kita lihat ke TKP

1. Ingin Mengubah Sifat dan Kebiasaan Cowok
Cewek yang selalu maunya mengubah cowoknya adalah cewek yang bawel, cerewet, banyak bacot, dan full of crap. Kebiasaan yang dalam bahasa Inggrisnya disebut "nagging" ini pada akhirnya akan mengurangi
daya tarik kamu secara drastis. Maka dari itu, kalau kamu mau cowok yang rapi, cari cowok yang rapi. Kalau mau cowok yang bersih, cari cowok yang bersih! Kalau mau yang kaya, cari yang kaya! Kalau mau cowok yang nurut, cari yang nurut.


2. Menomorduakan Cowok
Cowok mana sih yang mau aja dinomorduakan, dinomortigakan, atau diberi prioritas yang lebih rendah lagi dalam dunia seorang cewek? Jawabannya hanya ada satu. Cowok lossy! Pada dasarnya cowok memilih lebih baik dia mencari cewek lain lagi di mana dia selalu menjadi nomor satu.


3. Ngambek Tujuh Hari & Tujuh Malam
Kamu pikir cowok suka sama cewek yang sekali marah bisa ngambektujuh hari dan tujuh malam? Misalnya saya yang jadi cowoknya sih, kalau kamu mau begitu ya terserah. Mendingan selama kamu lagi ngambek, saya cari cadangan pengganti kamu. Kecuali pacar kamu adalah seorang cowok lossy, salah salah begitu ngambek kamu hilang, kesabaran dia pun udah hilang.


4. Menuntut Cowok untuk Membaca Pikiran Cewek
Kalau cowok salah beli hadiah ulang tahun kamu, kamu bilang dia nggak memperhatikan kesukaan kamu. Kalau dia pilih pergi sama temannya gara gara kamu bilang terserah dia mau ke mana, kamu bilang dia lebih mementingkan temannya.Kalau dia ajak kamu makan di restoran yang salah, kamu bilang dia nggak tau makanan kesukaan kamu. Kalau dia berkeras traktir kamu melulu, kamu bilang dia ada maunya. Cewek sering protes kalau cowoknya nggak punya ide, tapi cewek sendiri kalau punya ide nggak mau bilang terang terangan. Mungkin cowok dan cewek nggak jauh berbeda, tapi paling nggak, cowok umumnya nggak ngambek kalau ceweknya salah menebak keinginannya. Karena itu ya cewekcewek, jangan harapkan cowok
kamu untuk bisa membaca pikiran kamu. Kemungkinan besar mereka nggak akan pernah bisa!


5. Menyebut Kekurangan Cowoknya di Depan Umum
Cowok yang mau dipermalukan oleh ceweknya di depan umum adalah cowok lossy, dan itu udah nggak ada tawar menawar lagi. Kalau cowok kamu kabur gara gara ini, mungkin kamu perlu pasang rem yang pakem
di mulut kamu. Yang perlu kamu jaga adalah hal hal yang sifatnya pribadi. Kalau kamu merasa bahwa kamu sering mempermalukan cowok kamu di depan umum, mungkin ini pertanda tidak puasnya kamu terhadap hubungan kamu berdua. Coba kamu pikir baikbaik dan analisa apa yang kurang, daripada hanya bisa buka mulut dan nggak mengerjakan apaapa.


6. Berpandangan Bahwa Cowok Harus Selalu Membayar
Hanya ada satu situasi di mana cewek sama sekali nggak keberatan membayar: kalau untuk keperluannya sendiri. Apakah kamu cewek yang seperti ini? Kalau kamu jawab iya, artinya kamu adalah seorang gold
digger. Kalau cewek mau disejajarkan dengan cowok, kenapa nggak traktir cowok sesering cowok traktir cewek? Kenapa cowok harus membayar melulu? Hubungan percintaan yang benar adalag saling memberi dan menerima dan bukan menerima terus atau memberi terus.


7. Terlalu Mementingkan Teman Teman
Cewek sesekali boleh mementingkan kepentingan sobat sobat cewek Anda tapi jika kamu sebagai cewek terus atau sering berperilaku seperti ini maka jangan salah jika cowok anda meninggalkan anda.


8. Harus Diperlakukan Seperti Ratu Agung
Kalau kamu maunya diperlakukan seperti ratu agung terus menerus, artinya kamu adalah cewek yang maunya menerima melulu dan jarang mau memberi. Mengapa cewek menuntut untuk disamakan dengan cowok dan secara bersamaan juga minta ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi seperti ratu agung? Mana konsistensinya? Inilah bukti di mana cewek tipe ini hanya mau enaknya saja. Kalau kamu cewek yang selalu minta diperlakukan seperti ratu agung, mungkin kamu perlu segera mulai memperlakukan cowok kamu seperti raja agung sebelum dia kabur.

Selasa, 02 Juli 2013

Lagu Papa Kini Sendiri

Ini lirik lagu 'Papa Kini Sendiri' ala Septy

Septy Sanustika, istri Ahmad Fathanah namanya kian melambung dan kian eksis di dunia hiburan. Septy kian diperbincangkan lantaran dirinya akan merilis single lagu dangdut berjudul 'Papa Kini Sendiri' alias PKS. Seperti apa lagu ini?



PKS (Papa Kini Sendiri)

Abie: Aku takut 2x nanti jadi duda lagi

Aku takut 2x nanti ditinggal lagi

Kini aku sendiri di balik terali besi

Jauh dari anak istri...

Septi : Jangan takut 2x aku setia menantii...

Abie: Cukup satu kali aku ada di sini

Ku tak mau tak mau tak mau salah yang kedua kali... Jadi terulang kembali

Septi: Biar abang bersalah aku tetap setia

Biar saja biar saja biar saja biar aku sabar menanti sampai abang kembali...

Berdua: Karna ku tak mau terpisah lagi...

Septi: Jangan takut jangan takut aku setia menantiii...

Lagu MP3 Papa Kini Sendiri

Efek Makanan Pedas Untuk Berbuka dan Sahur



Gangguan pencernaan kerap dikeluhkan saat bulan puasa tiba. Hal ini bisa terjadi karena makanan yang diasup saat berbuka puasa dan sahur tidak diperhatikan dengan baik. Makan enak saat berbuka sah-sah saja, tapi jangan sampai mengganggu pencernaan.

Menurut konsultan saluran pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, saat berbuka sebaiknya hindari makanan pedas. "Makanan pedas bisa memicu penyakit maag organik yang disebabkan iritasi lambung," kata dr Ari saat dihubungi detikhealth, dan ditulis pada Rabu (10/7/2013).

Maag organik adalah kondisi di mana terdapat kelainan pada lambung, misalnya luka. Tak hanya makanan pedas, dr Ari juga mengimbau jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Lauk cukup satu jenis saja.

Seperti penuturan dr Ari, berbuka dan sahur dengan menu yang enak, misalnya rendang, diperbolehkan. "Namanya momen kebahagiaan itu tidak bisa dihilangkan. Bulan puasa pasti maunya sahurnya enak, bukanya enak, asal jangan terus-terusan," tuturnya.

Selain makanan berlemak, kopi, sawi, soda, dan kol juga harusnya dihindari saat berbuka atau sahur. Hal ini dikarenakan, makanan dan minuman itu bisa memicu produksi gas dalam lambung. Akibatnya, perut jadi terasa begah dan kembung.

Kebiasaan banyak orang lainnya saat ramadhan adalah 'balas dendam'. Saat tiba waktunya berbuka, banyak orang merasa kalap lantas 'balas dendam' menyantap semua menu berbuka yang dihidangkan. Hal ini sangat tidak dianjurkan dr Ari. Menurutnya, jika puasa dilakukan dengan benar-benar, maka kebutuhan sembako seseorang seharusnya menurun, bukan malah naik di bulan puasa.

Lantas, bagaimana pola tidur yang baik agar puasa tidak terganggu? "Habis sahur enggak boleh langsung tidur," ujar dr Ari.

Waktu yang ideal menurutnya adalah setelah sahur, tunggu dulu dua jam kemudian baru tidur. Tapi, tampaknya tidak mungkin terlalu lama, sebab sebagian besar orang sudah harus memulai aktivitasnya.

Jika ingin langsung tidur, menurut dr Ari, gunakan bantal yang tinggi. Hal ini dikarenakan, tidur dalam kondisi perut penuh makanan berisiko pada naiknya asam lambung sehingga terjadi gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD adalah kondisi di mana asam dan isi perut berbalik arah hingga keluar ke kerongkongan. Selain itu, dr Ari juga mengingatkan agar kebutuhan tidur selama enam jam tetap terpenuhi selama bulan puasa.