Jumat, 27 Desember 2013

Ngantuk setelah makan Mengapa?

Kita tentu pasti pernah membaca update status teman-teman kita di facebook yang mengeluhkan merasakan ngantuk yang amat sangat sesaat setelah makan.
Banyak orang yang jadi mengantuk dan ingin sekali tidur sehabis makan padahal sedang dalam kondisi belajar di sekolah, kuliah, maupun sedang bekerja. Sebenarnya kondisi ini tidak normal, karena setelah makan seharusnya tubuh menghasilkan energi yang membuatnya segar. Tapi jika Anda selalu ngantuk sehabis makan, sebaiknya ketahui sebab-sebabnya.

Mengantuk adalah salah satu tanda yang diberikan oleh tubuh agar seseorang beristirahat. Tapi jika selalu mengantuk sehabis makan itu pertanda ada yang salah dalam makanannya, enzimnya atau kondisi kadar gula darahnya.


Seperti dikutip dari Helium dan Steadyhealth, ada tiga alasan yang menyebabkan seseorang mengantuk setelah makan, yaitu:

1. Kekurangan enzim

Enzim bisa diibaratkan sebagai pekerja dalam tubuh, seperti rumah yang tidak akan bisa dibangun tanpa adanya pekerja meskipun bahan-bahannya sudah lengkap. Enzim memecah makanan yang dikonsumsi menjadi unit-unit yang lebih kecil sehingga dapat diserap oleh tubuh. Selain itu enzim juga bisa berfungsi sebagai katalis untuk membuat sesuatu bisa terjadi.

Terdapat tiga jenis enzim yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan yaitu enzim pencernaan yang disekresikan oleh kelenjar ludah, perut, pankreas, sel-sel endokrin dan juga usus kecil. Kedua, enzim yang ditemukan pada seluruh makanan mentah yang dikonsumsi. Ketiga, enzim metabolik yang berfungsi sebagai katalis, memproduksi energi, membuang kotoran dan detoksifikasi racun.

Saat sedang makan, enzim tubuh bekerja sangat keras agar dapat mencerna semua makanan yang masuk. Karena terlalu keras bekerja, tubuh merasa lelah dan seharusnya saat lelah makanan yang dimakan bisa memberikan energi.

Tapi bagi orang yang kekurangan enzim, makanan yang dimakan tidak bisa jadi energi karena ada gangguan penyerapan zat gizi. Akibatnya saat enzim lelah, tidak ada asupan energi sehingga membuat seseorang menjadi mengantuk.

2. Penggabungan makanan yang tidak tepat

Kebanyakan dari masyarakat tidak mengetahui mengenai penggabungan makanan (food combining) yaitu cara menggabungkan makanan agar dapat digunakan oleh tubuh sebagai nutrisi.

Beberapa jenis makanan membutuhkan enzim tersendiri agar bisa dicerna seperti protein memerlukan protease, karbohidrat memerlukan amilase dan lemak memerlukan lipase. Ketika seseorang mengonsumsi protein dan karbohidrat secara bersamaan, maka bisa menimbulkan konflik enzim dalam pencernaan.

Usahakan untuk menggabungkan protein dengan sayuran non-pati (sayuran berwarna hijau, tapi bukan kentang atau wortel), menggabungkan karbohidrat dengan sayuran, biji-bijian, mengonsumsi buah saja atau mengonsumsi 60-80 persen makanan mentah atau dikukus. Penggabungan makanan ini bisa membuat seseorang merasa kurang mengantuk dan menambah lebih banyak energi.

3. Pengaruh salah satu neuron

Alasan seseorang mengantuk setelah makan adalah neuron orexin. Neuron ini berada di hipotalamus yang merupakan bagian dari otak yang mengatur banyak proses serta hampir semua hormon.

Ketika kadar gula darah meningkat, hal ini mengakibatkan kerja dari neuron orexin dihambat. Akibatnya seseorang akan merasa mengantuk karena kinerja neuron orexin yang bertanggung jawab untuk mengontrol seseorang agar tetap terjaga dihambat.


Makanan adalah sumber energi, tapi beberapa makanan justru bisa menyerap energi dan membuat kita merasa ngantuk. Cari tahu makanan apa saja yang membuat seseorang mengantuk. Jangan-jangan selama ini Anda sering ngantuk dan lelah karena terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut.


Dikutip dari Fitsugar, berikut ini adalah makanan yang membuat Anda tidak bisa berhenti menguap.

1. Sarapan manis-manis, gula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya juga dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendapatkan oksigen lebih banyak untuk pembakaran energi. Hindari makanan manis seperti donat atau kue-kue manis lainnya karena bisa menurunkan produksi zat kimia dalam otak yang berfungsi membuatnya tetap 'menyala'.

2. Minuman berenergi, minuman khusus seperti ini biasanya mangandung gula tinggi dan juga kafein. Beberapa lama setelah minum, gula darah kembali turun dan menyebabkan kehausan dan tenaga kosong. Lebih baik konsumsi air putih jika lain kali kehausan daripada minum minuman penambah energi tapi jadi malas dan mengantuk.

3. Makanan berlemak, teorinya sederhana, lemak lebih susah dicerna. Organ pencernaan membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam untuk mencernanya, oleh karena itu jika tubuh tidak punya persediaan energi yang lain kemungkinan Anda akan merasa lemas dan mengantuk. Makanan berlemak juga diketahui bisa menyebabkan kemampuan mengingat berkurang.

4. Makanan rendah zat besi, zat besi adalah zat pembangun energi dan kalori. Anda akan merasa lelah jika kekurangan zat tersebut. Konsumsi paha ayam lebih baik dalam meningkatkan zat besi ketimbang bagian dadanya. Daging merah juga tinggi zat besi tapi lebih banyak kolesterol. Labu juga diketahui mengandung zat besi tinggi yang bisa dimakan sebagai camilan di sore hari.

5. Anggur merah, segelas anggur ketika makan malam mungkin terdengar enak bagi sebagian orang. Tapi asal tahu saja, alkohol bisa menyerap energi dari tubuh karena mengandung melatonin yang tinggi, yaitu hormon yang memproduksi rasa kantuk. Tapi jangan pernah gunakan alkohol sebagai obat tidur, cobalah susu untuk menggantinya.

Nah, jika kantuk menyerang saat kita sedang beraktivitas, berikut ada salah satu tips untuk menanggulanginya.

Menganut diet rendah karbohidrat mungkin akan membantu orang-orang tetap awas dan memerangi rasa ngantuk yang datang siang hari.
Sebuah studi baru menunjukkan bahwa orang yang menyandang narcolepsy yang mengikuti diet rendah karbohidrat Atkins mengalami perbaikan lumayan dalam hal rasa mengantuk siang hari.
Narcolepsy merupakan gangguan neurologis yang berdampak pada pengendalian tidur dan bangun. Gangguan ini menyebabkan rasa kantuk berlebihan di siang dan orang dengan gangguan ini biasanya tak mampu melawan kantuk, hingga tak sadar tertidur di siang hari, bahkan pada jam kerja. Wah!

Meskipun temuan awal ini menunjukkan bahwa perubahan pola makan membantu memperbaiki rasa mengantuk di siang hari, para peneliti mengatakan studi lebih komprehensif dibutuhkan untuk menentukan apakah diet rendah karbohidrat, penurunan berat badan atau faktor lain bertanggung jawab pada dampak menguntungkan ini.

Dalam studi yang hasilnya dimuat pada jurnal Neurology edisi Juni (2004), para peneliti menanyai sembilan orang berbadan gemuk penyandang narcolepsy yang mengikuti diet rendah karbohidrat yang dijabarkan dalam buku Dr. Atkins' New Diet Revolution selama delapan pekan. nasihat diet ini membatasi asupan karbohidrat kurang dari 20 gram per hari.
Salah satu peserta keluar dari studi ini setelah empat pekan sebab tidak mampu mengikuti pola diet yang memang lumayan berat.

Di antara peserta yang menyelesaikan studi selama delapan pekan, para peneliti menemukan bahwa gejala-gejala narcolepsy berkurang sebesar 18% dan jumlah serangan tidur siang hari berkurang 13%.
Para peserta kehilangan berat badan rata-rata 15 pon dalam studi ini, dan dilaporkan tak ada dampak serius. Empat orang mengalami efek samping sementara termasuk sakit kepala, kram kaki serta sulit berkonsentrasi.
Wah, boleh juga nih. Berat badan turun, rasa kantuk terkendali!

Semoga bermanfaat.

Mengetahui Watak Cowok dari Rokoknya

Menurut sebuah penelitian, karakter pria perokok bisa dilihat dari merek atau jenis rokoknya.
Anda ingin tahu?

Dji Sam Soe Kretek
Kecenderungan pria yang merokok Dji Sam Soe Kretek memiliki kepribadian yang kuat, suka tantangan dan memiliki mental leadership & enterpreneurship yang kuat, tetapi cenderung egois.

Gudang Garam Filter International
Kecenderungan pria yang merokok Gudang Garam Filter International memiliki idealisme sendiri, cuek, apa adanya, santai dan tidak menyukai keributan (peaceful guy).

Djarum Super
Kecenderungan pria yang merokok Djarum Super memiliki idealisme sendiri, cuek, ingin selalu menonjolkan diri dan cenderung menyukai keributan, tetapi akan sangat baik terhadap sahabatnya.

Sampoerna A Mild
Kecenderungan pria yang merokok Sampoerna A Mild selalu stylist, cenderung supel sehingga terkadang keputusan yang dibuat dipengaruhi orang sekitarnya, dan tidak menyukai sesuatu yang complicated sehingga lebih suka mencari jalan amannya saja.

Marlboro
Kecenderungan pria yang merokok Marlboro memiliki kepribadian yang kuat, stylist, cuek, ingin selalu menonjolkan diri, dan memiliki mental enterpreneurship yang kuat.
Marlboro Menthol
Kecenderungan pria yang merokok Marlboro Menthol memiliki kepribadian yang kuat, ingin selalu menonjolkan diri, tidak mau kalah sehingga terkadang menggunakan segala kekuatan yang dimiliki untuk menang dan selalu membuat kesan pertama itu menggoda.

Rokok Mild Menthol
Kecenderungan pria yang merokok Mild Menthol merek apapun, memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain, tidak mau kalah dan memiliki mental leadership yang kuat.

Rokok Mild Yang Lain
Kecenderungan pria yang merokok Mild merek yang lain, selalu stylist, cenderung supel, kuat terhadap pendirian sendiri tetapi tetap toleran terhadap sekitarnya.


Rokok Kretek Yang Lain
Kecenderungan pria yang merokok kretek merek yang lain selalu kuat terhadap pendiriannya sendiri, cenderung supel, menyukai tantangan dan memiliki mental enterpreneurship yang cukup kuat.

Rokok Apapun
Kecenderungan pria yang merokok merek apapun, cenderung supel tetapi labil, mudah terpengaruh sekitarnya, menyukai hal-hal yang baru dan selalu mengalami kesulitan setiap akan mengambil keputusan.

Sabtu, 21 Desember 2013

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

TENGGELAMNYA KAPAL PROFETIK. Kita memang harus berterima kasih pada Sunil Soraya, yang menghidupkan impian banyak orang untuk melihat ekranisasi roman legendaris "Tenggelam Kapal Van Der Wijck" karya Buya Hamka. Dan Sunil pun, konon, menyiapkan waktu lima tahun untuk memproduksi film berdurasi 165 menit ini, cukup panjang untuk rata-rata film Indonesia yang biasanya berkisar 100-an menit. Lalu kita mendengar dialek kental Makassar dari Zainuddin (ayah Minang, ibu Makassar) di sepanjang film. Anak yang "di Makassar dianggap orang Minang, di Minang dilihat sebagai anak Makassar" ini mencoba mencari jejak leluhur ke Batipuh, Sumatra Barat, untuk menemukan dirinya jatuh hati 3/4 mati pada Hayati, "bunga Batipuh" yang dijaga para mamak (paman dari garis ibu) seketat para pengusaha menjaga investasi. Lalu kita melihat keindahan alam Minangkabau dan seketul tradisinya yang kaya memenuhi kamera.
Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Pepatah petitih bertebaran menyapa penonton, terutama berkat peragaan mumpuni Musra Dahrizal -- seniman serbabisa Minang yang populer dipanggil Mak Katik -- yang berperan sebagai datuk kaum adat dan mamak Hayati. Begitu pun tradisi borjuasi segelintir elit Minang di kota Padangpanjang lewat kegiatan pacuan kuda, kegiatan yang mempertemukan Hayati dengan Aziz, lelaki "modern", yang hidupnya jauh lebih mapan dari Zainuddin, dan yang terpenting, Minang tulen. Layaknya dalam rumus kisah tragedi, tokoh Aziz menjadi vital karena melalui dialah konflik dibangun setelah sang datuk yang berwenang memutuskan masa depan Hayati menerima lamaran Aziz dan mencampakkan Zainuddin. Karam dalam patah hati yang tak tersembuhkan, patah hati yang membuatnya majenun, Zainuddin pindah ke Batavia, lalu ke Surabaya, menekuni profesi sebagai pujangga yang kelak membuatnya masyhur.

Kemudian garis nasib sekali lagi mempertemukan Zainuddin (kini bernama Shabir) dengan Hayati dan suaminya Aziz, yang kini sudah jatuh miskin, di Surabaya. Shabir mengizinkan dua "sahabatnya" itu untuk tinggal di rumahnya yang semewah istana. Aziz yang awalnya ingin memanfaatkan kebaikan hati Shabir, akhirnya malah memutuskan bunuh diri untuk memberikan kesempatan agar Hayati bisa bersatu kembali dengan kekasih lamanya. Namun Shabir tak menggunakan kesempatan itu untuk mendekati Hayati, malah menyuruhnya pulang kampung dengan naik kapal Van der Wijck. Tim skenario (termasuk Sunil di dalamnya, selain Imam Tantowi dan Donny Dhirgantoro) memilih setia pada plot kisah yang dikembangkan Buya Hamka. Tak ada puntiran, sisipan, pengubahan, pengembangan, alur kisah dari yang sudah dikenali publik yang, sedikitnya, pernah sekali membaca roman itu. Jadi dari sisi ini, Sunil berhasil menjadikan film ini sebagai "palapeh taragak" (pelepas rindu) terhadap Buya Hamka.

Ditambah dengan promosi masif sebelum pemutaran, antusiasme penonton terlihat jelas sebelum mereka memasuki pintu bioskop. Tetapi kemudian mulai berdatangan gangguan. Awalnya secara visual ketika pada adegan-adegan awal, terutama saat di Minangkabau, sering terjadi perubahan intensitas cahaya pada gambar. Efek-efek cahaya yang disajikan mengingatkan pada gaya ABG yang baru kenal instagram. Usai "parade efek visual" yang lebih sering mengganggu mata ketimbang memuaskan itu, datanglah adegan penting pertama ketika Zainuddin bersirobok mata dengan Hayati yang sedang naik bendi.

Percikan cinta yang muncul dalam pandangan pertama ini, sayangnya, kurang "tradisional". Keduanya berpandangan lama, layaknya dalam film-film masa kini, yang tentu saja tak akan terjadi jika Sunil dan tim lebih mendalami sisi sosiologis dan psikologis remaja tahun 1930-an apalagi di daerah seperti Minang. Tak terlihat di layar cara pandang "malu-malu kucing" yang terkenal itu. Dan mungkin juga tersebab ekspektasi penonton terhadap sosok Zainuddin dan Hayati, berdasarkan pembacaan mereka terhadap roman asli Buya Hamka, tak dipenuhi Sunil yang memasang duet Herjunot Ali (Zainuddin) - Pevita Pearce (Hayati), yang tak memiliki tipikal wajah rakyat Indonesia kebanyakan. Upaya lima tahun Sunil untuk menghidupkan roman ini gugur sejak awal, karena dia lebih memilih pendekatan ekonomis untuk menggunakan kembali pasangan yang bermain dalam film "5 cm" (dari karya Donny Dhirgantoro) -- film yang cukup sukses memikat hati penonton muda di akhir tahun lalu dan awal tahun ini. Tetapi seharusnya Sunil paham bahwa Zainuddin bukanlah Zafran di "5 cm", seperti halnya Hayati juga bukan Dinda di film yang sama. Artinya, pendalaman akting yang dimulai dari penghayatan tentang sosok tokoh yang akan dimainkan, menjadi kelemahan mendasar film ini. Malah Aziz yang diperankan Reza Rahadian (pemeran Habibie dalam "Habibie & Ainun") yang jauh lebih menonjol, dan mampu menghidupkan sosok itu.

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Jika peran Reza dan Herjunot dipertukarkan, saya yakin hasilnya akan lebih baik. Reza akan lebih mampu menangkap jiwa Zainuddin. Begitu pun jika peran Hayati diperankan oleh pemain yang lebih matang dibandingkan Pevita, katakanlah misalnya, Nirina Zubir. Jadi, trik Sunil "don't change the winning team" (dari film "5 cm" dengan mempertahankan Junot-Pev) seharusnya tidak dilakukan untuk film dari roman selegendaris ini. Singkat cerita, meski sepanjang 165 menit penonton disuguhi baris-baris dialog dari gubahan asli Buya Hamka, juga disajikan lokasi-lokasi yang (disajikan ulang) sesuai periode aslinya (usaha yang tak mudah, dan karena itu pantas diapresiasi), tapi Sunil tergelincir juga saat menafsirkan kesuksesan Shabir/Zainuddin sebagai pujangga masyhur dengan memiliki rumah sebesar dan semegah istana -- yang biasanya tampil dalam adegan-adegan film Bollywood. Sekiranya Sunil mau melihat langsung rumah museum Buya Hamka di Maninjau, atau rumah pujangga Abdoel Moeis di Birugo, Bukittinggi, yang juga pengarang masyhur saat itu, niscaya pemahaman tentang rumah seorang pujangga masyhur itu tidak seperti di dalam film, yang lengkap dengan acara cocktail party (post-party) ala MTV. Absurd. Zainuddin bukan hanya mengubah nama menjadi Shabir, tapi betul-betul berubah menjadi karakter lain yang tak dikenal para pembaca setia roman ini.

"Tenggelamnya Van der Wijck" besutan Sunil Soraya, walhasil benar-benar menenggelamkan elemen terpenting yang ingin diangkat Buya Hamka: sisi profetik dari sebuah kisah yang setua peradaban manusia, bahwa cinta sepasang insan pada hakikatnya fana, jika tak bersandar lebih dulu pada kecintaan terhadap Tuhan, Muasal dari Segenap Cinta Yang Mengalir di Semesta.

Rabu, 18 Desember 2013

Review Film Butterfly 2013

Film ini berkisah tentang sebuah perjalanan tiga orang sahabat yaitu Fano (Andhika Pratama), Tia (Poppy Sovia), dan Desi (Debby Kristy) dalam pencarian jati diri dan mencari makna kehidupan bagi mereka. Persahabatan mereka diawali dengan pertemuan yang tidak disengaja di saat awal masuk kuliah. Walaupun mereka memiliki karakter yang sangat jauh berbeda satu sama lain, tapi itu semua tidak menghalangi persahabatan mereka. Tia, anak tunggal yang tomboy. Dia tidak menginginkan ibunya, yang hidup seorang diri, memiliki pasangan lagi.

Desi, yang datang dari keluarga kurang harmonis, sudah lama mengidap penyakit leukemia. Sikap Tia yang terlalu sayang dan protektif terhadap dirinya, membuat Desi memiliki ketergantungan kepadanya. Permasalahan mulai timbul saat Fano jatuh hati pada Desi. Sedangkan, Desi tahu Tia sangat menyukai Vano. Akhirnya Desi dan Tia sepakat hanya menjadikan Fano sebagai sahabat.

kisah dan cerita film butterfly andika pratama, poppy sofia dan debby kristy
Pada ulang tahunnya yang ke-20, Desi merencanakan sebuah perjalanan panjang bersama Tia dan Vano. Tia dan Fano langsung setuju.Mereka berharap perjalanan ini akan menjadi hiburan bagi Desi yang tertekan akibat konflik di keluarganya yang semakin memburuk. Di tengah-tengah perjalanan, tiba-tiba Desi sakit. Tia dan Fano memutuskan untuk kembali ke Jakarta, tapi Desi menolak dan tetap ingin melanjutkan perjalanan. Di sinilah muncullah konflik-konflik hati yang membuat mereka bertiga belajar tentang hidup, persahabatan dan cinta dalam suka dan duka.

Selasa, 10 Desember 2013

8 Tipe jomblo dari letak gingsulnya

8 Tipe jomblo dilihat  dari letak gingsulnya


Nih, simak baik baik ya .....

1.  Gingsul di gusi kanan atas : Dia tipe jomblo sopan, selalu menggunakan kanan sebagai acuan. Hobi jomblo ini adalah suka salaman, pelukan, cium kening kepada setiap orang yang di jumpainya, karena dia sopan.

2.  Gingsul di gusi kiri bawah : Dia tipe jomblo kidal. Hobi jomblo ini selalu menggunakan bagian tubuh kirinya untuk aktifitasnya. Misalnya ngupil kaki kiri, berkedip mata kiri aja dan kalau ciuman cuman pake bibir sebelah kiri.
3.  Gingsul di otak : Dia tipe jomblo paling smart dibanding jomblo lain. Hobi jomblo ini setiap pagi sarapan buku pintar, siang makan kamus, malem makan ensiklopedia.
4.  Gingsul di lidah : Dia tipe jomblo brand ambassador ‘peduli kasih’. Kasian banget jomblo yang satu ini, mending kalau ketemu dia, jangan di bully. Antarkan saja ke puskesmas terdekat.

5.  Gingsul di sela sela kuku : Dia tipe jomblo males, ada gingsul di sela sela kuku gak di bersihin. Hobi jomblo yang satu ini tidur mulu. Bahayanya, jomblo ini bisa menyebabkan tetanus kalau di sentuh.

6.  Gingsul di lubang hidung : Dia tipe jomblo paling ngenes, sulit nafas, sering kena asma. No coment lah sama jomblo ini. Hidupnya biasanya sebentar. Paling lama cuman 2 menit, itu juga kalau ada babak tambahan dari Tuhan.

7.  Gingsul di ketek : Dia tipe jomblo jorok, ketek nya gak pernah di kasih deodoran, sampai muncul gingsul. Faktanya, jomblo ini suka nongkrong nongkrong gak jelas di trotoar trotoar. Kadang dia juga meminta 'pasangan' pada setiap orang yang lewat.

8.  Gingsul di poni : Dia tipe jomblo alay. Kalau kalian tau Andika bekas Kangen Band, nah, mungkin cocok dikatain seperti jomblo yang satu ini.

Nah, udah jelas kan....sekarang periksa deh gebetan mu. Kalau dia punya gingsul, cocokin sama tipe di atas, biar kamu tau sifat dan kebiasaan do'i. Thanks ya yang uda baca,,,kalau mau coment,kritik atau follow silahkan.

Minggu, 08 Desember 2013

Tips Agar Tidak Telat Kerja

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarokatuh. Kayaknya bangun pagi ini emang susah ya. apalagi buat cowok. Saya pernah baca itu karna bahasa inggris laki-laki adalah male. Dan kalo di plural-in jadi males. Nyambung abiezzz.
Dan Karena saya orangnya baik,maka kali ini saya akan memberi kalian tips cara agar tidak telat ngampus/ngantor. Sekalian mengingat salah satu cara jadi pegawai teladan yang belum juga dapat diraih. *nyemplung sumur
agar tidak telatMungkin banyak diantara kalian yang gak punya baju karena telat. Iya,Telat ngangkat jemuran. Atau banyak diantara anda yang takut setengah mati karena telat. Betul,Telat datang bulan. Dan sejenis dengan yang barusan,ada terpaksa nikah karena telat … Ng.. telat.. ng.. *Istigfar

Tapi kali ini saya bukan menjelaskan ke 3 hal diatas. Kali ini saya akan menjelaskan tips agar tidak telat ngampus/ngantor. Langsung aja,berikut tipsnya.
Tidur jangan terlalu larut
Untuk tips pertama adalah jangan tidur terlalu larut malam. Ini akan berpengaruh ke jam bangun anda.Jadi Jika biasanya anda tidur jam 03.00 pagi, kurangi jadi jam 02.59 pagi. Jika biasanya anda tidur bareng pacar, putusin. Gak nyambung? Gak apa-apa,yang penting putusin. Jangan lupa kasih nomer HPnya ke saya.
Buat alarm
Mungkin terlihat sepele,namun yakinlah ini langkah pertama tidak telat ngantor. Anda tipe orang yang langsung matiin alarm trus tidur lagi? Dapat disiasati. Taruh alarm di tempat jauh,jadi anda harus bergerak untuk mematikannya. Misalnya di kamar bapak gebetan yang galak. Saya yakin. Anda yang bakalan bangun nungguin alarm.
Tetapkan tempat peralatan.
Banyak orang terlambat karena sembarangan naruh peralatan. Jadi pagi sebelum ke kantor masih nyari “dasi ku mana ya?”, “kaoskaki ku mana ya?”, “jodohku mana ya?”. Itu gak boleh dibiarin. Jadi untuk mengatasinya,tetapkan tempat bagi tiap-tiap peralatan. Jadi misalnya dasi digantung sama ikat pinggang. Kaoskaki disimpan di lemari pakaian. Dan untuk jodoh anda adanya cuma di mimpi.
Gerak cepat.
Jika anda orangnya lambat,sekali hirup nafas 1 menit,ngancing 1 kancing 10 menit,suapan makan pertama 15 menit maka anda lebih baik nyemplung sumur mempersiapkan diri lebih awal. Jadi misalnya anda makannya lama,ya makan dari malam. Kalo anda lama saat berpakaian maka sebelum tidur pakailah baju kerja,jadi habis bangun bisa langsung cabut. Dan jika anda lama nafas,ya tunda dulu lah. Kapan kapan aja.
Nikah.
Mungkin ini terdengar sepele. Tapi menurut riset,rata-rata orang yang udah nikah bangun sekitar jam 4-5 pagi. Buat apa lagi kalo bukan mau gituan. itu tuh. Apa? betul,sholat subuh berjamaah. Dan riset dari yang melakukannya saya sendiri,terhadap tetangga samping rumah.
Naik kendaraan yang bisa nyelip.
Bukan,bukan nyelip kayak kolor. Tapi yang fleksibel dan bisa melewati celah-celah dari kendaraan roda 4. Ada banyak pilihan kok. Mulai sepeda motor,sepeda gowes,sepatu roda,skateboard,jalan kaki atau yang paling keren,naik elang. Jadi buat kalian yang punya mobil,siniin aja mobilnya,trus beli pilihan yang tadi saya kasih. Keren kan? Bangetzzz.
Cari kos dekat kampus atau kantor
Ini juga sangat berpengaruh. Biarpun anda bangun jam 4 kalo kos anda di Sabang dan kantor anda di Merauke saya yakin anda bakalan tetep telat. Jadi carilah kos yang dekat. Kalo susah ngeluarin duit,anda bisa tidur dikantor. Sekalian double job jadi satpam. Mayan tuh.
Gimana tipsnya? Gampang-gampang kan? Paling dari 7 tips diatas yang paling sulit itu yang ke 5. Gimana mau nikah, pacar aja gak punya.
Wuih,kayaknya udah cukup ya. kalo udah ngikutin tips dari Calon Pegawai Teladan ini kalian masih tetap terlambat, mungkin kalian memang orang-orang terpilih. Terpilih buat telat seumur hidup,termasuk telat nikah.
Wassalam