Kamis, 30 Januari 2014

Hening ....

Aku mendengar... Lirih, sayup-sayup, berbisik membelai gendang telingaku... Alunan requiem yang kau tujukan untukku... Membawaku, menyeret keliang lahat yang tak kuingini... Perlahan... Kau usap sukmaku, kau belai rohku, pergi tinggalkan raga yang membusuk... Neraka menungguku... Iblis memanggilku... Izrail, aku tak takut kau...

di tepi nisan batu............... pecahkan aku... dengan bulir salju yang mengering....pada lenting semampai... disemu angin berkabut..ketika pagi membeku.... patahkan aku..pada getas ranting bambu..yang silir melambai..disiang kering musim kemarau..campakkan aku.....tanpa resah..disetiap kelokan waktu...ketika kita berhenti pada ragu...

Cinta, Cinta dan Cinta

Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian membawa kepada kemusnahan. Mahatma Ghandi
Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah namanya Cinta.
Ada 2 titis air mata mengalir di sebuah sungai. Satu titis air mata tu menyapa air mata yg satu lagi,” Saya air mata seorang gadis yang mencintai seorang lelaki tetapi telah kehilangannya. Siapa kamu pula?”. Jawab titis air mata kedua tu,” Saya air mata seorang lelaki yang menyesal membiarkan seorang gadis yang mencintai saya berlalu begitu sahaja.”
Cinta sejati adalah ketika dia mencintai orang lain, dan kamu masih mampu tersenyum, sambil berkata: aku turut bahagia untukmu.
Jika kita mencintai seseorang, kita akan sentiasa mendoakannya walaupun dia tidak berada disisi kita.
Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya.
Perasaan cinta itu dimulai dari mata, sedangkan rasa suka dimulai dari telinga. Jadi jika kamu mahu berhenti menyukai seseorang, cukup dengan menutup telinga. Tapi apabila kamu Coba menutup matamu dari orang yang kamu cintai, cinta itu berubah menjadi titisan air mata dan terus tinggal dihatimu dalam jarak waktu yang cukup lama.
Cinta datang kepada orang yang masih mempunyai harapan walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kepada mereka yang masih ingin mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan kepada mereka yang mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan.
Jangan simpan kata-kata cinta pada orang yang tersayang sehingga dia meninggal dunia , lantaran akhirnya kamu terpaksa catatkan kata-kata cinta itu pada pusaranya . Sebaliknya ucapkan kata-kata cinta yang tersimpan dibenakmu itu sekarang selagi ada hayatnya.
Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas kurniaan itu.
Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat -Hamka
Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat, dan kemarahan menjadi rahmat.
Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya.
Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu. Hanya untuk menemukan bahawa pada akhirnya menjadi tidak bererti dan kamu harus membiarkannya pergi.
Kamu tahu bahwa kamu sangat merindukan seseorang, ketika kamu memikirkannya hatimu hancur berkeping.

Dan hanya dengan mendengar kata “Hai” darinya, dapat menyatukan kembali kepingan hati tersebut.

Tuhan ciptakan 100 bahagian kasih sayang. 99 disimpan disisinya dan hanya 1 bahagian diturunkan ke dunia. Dengan kasih sayang yang satu bahagian itulah, makhluk saling berkasih sayang sehingga kuda mengangkat kakinya kerana takut anaknya terpijak.
Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehinggalah kamu kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna sesalan karena perginya tanpa berpatah lagi.
Jangan mencintai seseorang seperti bunga, kerana bunga mati kala musim berganti. Cintailah mereka seperti sungai, kerana sungai mengalir selamanya.
Cinta mampu melunakkan besi, menghancurkan batu, membangkitkan yang mati dan meniupkan kehidupan padanya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dasyatnya cinta !
Permulaan cinta adalah membiarkan orang yang kamu cintai menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kamu inginkan. Jika tidak, kamu hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kamu temukan di dalam dirinya.
Cinta itu adalah perasaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setitis embun yang turun dari langit,bersih dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlain-lainan menerimanya. Jika ia jatuh ke tanah yang tandus,tumbuhlah oleh kerana embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, langkah serong dan lain-lain perkara yang tercela. Tetapi jika ia jatuh kepada tanah yang subur,di sana akan tumbuh kesuciaan hati, keikhlasan, setia budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai yang terpuji.~ Hamka
Kata-kata cinta yang lahir hanya sekadar di bibir dan bukannya di hati mampu melumatkan seluruh jiwa raga, manakala kata-kata cinta yang lahir dari hati yang ikhlas mampu untuk mengubati segala luka di hati orang yang mendengarnya.
Kamu tidak pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. namun apabila sampai saatnya itu, raihlah dengan kedua tanganmu,dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya
Cinta bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut ke mulut tetapi cinta adalah anugerah Tuhan yang indah dan suci jika manusia dapat menilai kesuciannya.
Bukan laut namanya jika airnya tidak berombak. Bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka. Bukan kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merindu dan cemburu.
Bercinta memang mudah. Untuk dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai itulah yang sukar diperoleh.
Satu-satunya cara agar kita memperolehi kasih sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan. (Dale Carnagie)

Sabtu, 25 Januari 2014

Coklat, manfaat dan jenis-jenisnya

Cokelat (chocolate) adalah sebutan untuk makanan yang diolah dari biji kakao. Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian. Bahkan sebagai pernyataan cinta. Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia, selain sebagai cokelat batangan yang paling umum dikonsumsi, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin.

Ternyata jenis² chocolate itu bermacam-macam lho Mau tau apa aja? Ini dia jenis² chocolate & manfaatnya


• Couverture
coklat dan manfaatnya
Add caption

Couverture adalah jenis cokelat terbaik. Cokelat ini murni dengan persentase lemak kakaonya yang tinggi, sehingga menghasilkan flavor yang sangat baik. Biasanya digunakan untuk pembuatan produk cokelat buatan tangan. Sebelum digunakan, cokelat jenis ini melalui proses temper (dilelehkan) terlebih dahulu.


• Cokelat tawar
coklat dan manfaatnya
Add caption
Cokelat jenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dan aneka makanan ringan lainnya. Persentase massa kakao bervariasi, antara 30-70 persen. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao, semakin baik flavor-nya.


• Cokelat susu
coklat dan manfaatnya
Add caption

Jenis cokelat yang satu ini merupakan campuran gula, kakao, cokelat cair, susu, dan vanila. Cokelat jenis ini paling banyak dikonsumsi. Massa kakaonya cukup rendah, hanya 20 persen dan rasanya lebih manis dibandingkan cokelat tawar. Cokelat satu ini pasti disukai anak-anak karena bisa langsung disantap dengan rasa yang manis. Kandungan susunya membuat rasa menjadi lebih lembut. Jika Anda hendak membuat kue, cokelat jenis ini bukanlah pilihan yang baik. Selain kandungan cokelatnya relatif sedikit, cokelat ini mudah hangus bila dilelehkan.


• Cokelat putih
coklat dan manfaatnya
Add caption
Cokelat yang umumnya berwarna putih ini tidak mengandung massa kakao yang tinggi. Selain dikonsumsi langsung, cokelat putih kerap digunakan untuk dekorasi. Cokelat ini terbuat dari lemak cokelat, gula, dan vanili yang tidak mengandung cokelat padat. Karena mudah hangus, ada baiknya dimasak secara hati-hati.


• Kakao
Add caption
Produk cokelat satu ini terbuat dari massa kakao setelah lemak kakaonya dipisahkan. Produk ini sangat mudah diolah dan ekonomis. Bisa didapati di warung-warung sekitar tempat tinggal Anda.


• Cokelat cair
coklat dan manfaatnya
Add caption
Cokelat cair merupakan produk minuman yang mengandung massa kakao dan mengandung kadar gula tinggi. Kadar gulanya, disebut-sebut sebagai biang keladi meningkatnya berat badan.

Kamis, 23 Januari 2014

Kelebihan Orang Suka Begadang


 Tidur larut malam dan kebiasaan begadang adalah aktivitas yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Anehnya, dalam sebuah penelitian baru-baru ini, menemukan bahwa kebiasaan yang buruk ini, dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan analitik.

Para peneliti dari University of Madrid, menemukan bahwa orang yang suka begadang hingga larut malam lalu bangun pada siang hari, memiliki kemampuan yang lebih unggul dibanding yang tidur lebih dini, terutama pada aspek kecerdasan, penalaran, pemikiran konseptual dan analitis.

Pada umumnya orang yang sering bangun pagi, memiliki nilai yang lebih tinggi di sekolah. Tapi untuk masalah kesuksesan karir, para peneliti menemukan orang yang bangun pada siang hari lebih unggul dalam beberapa aspek tadi. Peneliti memperkirakan bahwa kecenderungan ini disebabkan karena perilaku yang dilakukan setelah matahari terbenam cenderung menarik orang dengan rasa ingin tahu yang besar (curiosity).

"Orang yang bangun siang cenderung menjadi orang yang lebih kreatif, ekstrovert, penyair, seniman dan penemu. Sedangkan yang bangun pagi lebih banyak berpikir deduktif seperti yang sering dilakukan pegawai negeri dan akuntan," kata Jim Horne, profesor psikofisiologi di Loughborough University seperti dilansir Medical Daily, Kamis (28/3/2013).

Untuk membandingkan kedua tipe orang ini, Horne menegaskan ada 2 perbedaan yang mencolok. Orang yang tidur lebih larut malam dan bangun siang cenderung lebih sosial dan lebih berorientasi pada manusia. Sedangkan orang yang bangun pagi cenderung lebih mengutamakan berpikir logis.

Tak hanya itu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotion ini juga menunjukkan bahwa orang yang bangun pagi cenderung lebih bahagia. Diduga, karena jam biologis orang yang bangun pagi pada umumnya lebih sesuai dengan masyarakat.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan Angkatan Udara AS juga menunjukkan bahwa orang yang bangun siang lebih unggul dalam 'berpikir lateral'. Penelitian lain dari University of Southampton juga menemukan bahwa orang yang bangun siang rata-rata memiliki penghasilan yang lebih besar.

Mengetahui Kepribadian dari Posisi Tidur

Beberapa peneliti mengenai kesehatan tidur di Inggris mencari tahu apa kaitan posisi tidur seseorang dengan kepribadian kita. Ternyata kaitannya cukup erat. Berikut adalah 6 posisi tidur yang paling umum dari sekitar 1.000 responden dan kepribadian mereka. diambil dari Sumber : WebMD


Posisi Tidur Fetal. Posisi ini menempati posisi tertinggi dengan 41 persen responden mengatakan, mereka menggunakan posisi ini saat tidur. Orang yang tidur dengan posisi ini tidur dengan meringkuk, seperti bayi yang berada di dalam rahim. Umumnya tidur di salah satu sisi tubuh, kedua kaki menekuk dekat dengan perut. Kedua tangan menekuk di depan tubuh. Kepribadian orang yang tidur dengan posisi ini umumnya terlihat tangguh di luar, tapi sebenarnya sensitif di dalamnya, juga pemalu. Tipe ini juga mudah dan cepat relaks, tidak terlalu lama memusingkan masalah.

Log atau seperti balok kayu. Sebanyak 15 persen responden penelitian ini mengatakan tidur dengan posisi ini. Layaknya balok kayu, posisi tubuh tipe log umumnya tidur dengan menumpu pada salah satu sisi tubuh, kaki dan tangan lurus, tidak tertekuk. Orang yang tipe tidurnya seperti ini ditengarai memiliki kepribadian yang santai dan mudah bersosialisasi. Amat mudah percaya kepada orang asing. Namun, sayangnya kadang mudah tertipu oleh janji orang lain.
Yearner atau perindu. Selayaknya orang yang ingin memeluk, tipe yearner tidur dengan menumpu salah satu sisi tubuh, kaki lurus tak tertekuk, namun tangan seperti ingin menggapai. Lengan tergeletak lurus, seperti ingin menggapai. Tipe seperti ini biasanya memiliki kepribadian yang terbuka, namun tetap memiliki sikap sinis dan mudah curiga. Tipe ini juga lamban dalam mencapai keputusan dan sulit untuk mengubah pendirian dan pendapatnya.

Prajurit. Posisi ini menempati posisi keempat. Seperti prajurit yang selalu berada dalam keadaan siap siaga, posisi prajurit merupakan posisi orang yang tidur dengan keadaan rapi. Tubuh dalam keadaan telentang, kedua kaki dalam keadaan lurus, masing-masing lengan berada di sisi tubuh, juga lurus. Biasanya, orang yang tidur dengan tubuh ini adalah orang yang pendiam dan pemalu, tidak menyukai keributan. Tipe ini juga memiliki standar penilaian yang tinggi.

Freefaller. Sebanyak 7 persen responden penelitian ini mengatakan tidur dengan posisi ini. Posisi ini tidur dengan keadaan tengkurap. Biasanya, orang dengan tipe posisi tidur ini cenderung ceroboh, tergapah-gopoh, juga sensitif, namun memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi. Sayangnya, sulit untuk menerima kritik.

Posisi Tidur Bintang laut. Untuk mereka yang tidur dengan posisi kedua lengan tertekuk dan ditempatkan di sisi kepala, mereka ditengarai memiliki kepribadian sosial yang tinggi. Biasanya, mereka yang tidur dengan posisi yang dimiliki 5 persen para responden ini memiliki kepribadian yang mudah berteman. Siap untuk mendengarkan orang lain dan mudah menawarkan bantuan. Tipe ini pun memiliki sifat yang rendah hati, karenanya tak terlalu menyukai menjadi pusat perhatian.

Namun, para peneliti ini juga mengingatkan, seperti apa pun posisi tidur Anda, yang terpenting adalah bahwa Anda mendapatkan cukup waktu tidur, juga tidur dengan nyenyak. Kekurangan tidur dan masalah tidur lain bisa menimbulkan masalah pada kesehatan.
nah, termasuk kedalam posisi manakah tidur anda ? :D 

semoga bermanfaatt ^^

Mengetahui Kepribadian dari Posisi Tidur

Nikahi Kekasih Meski sudah sekarat

Kesetiaan ditunjukkan, Mandy, wanita asal Inggris ini pada kekasihnya, Mick Richardson yang divonis dokter sudah tidak punya harapan hidup. Mandy tetap bersedia dinikahi oleh pujaan hatinya tersebut.

Mick dan Mandy menikah 21 Desember 2011, 24 jam setelah sang pria dikatakan dokter dalam keadaan sekarat. Delapan hari kemudian, Mick meninggal dunia dalam usia 52 tahun.
Meski masih berduka, Mandy mau mengisahkan pernikahannya dengan Mick yang hanya berusia seumur jagung. Mandy menuturkan, mereka merayakan pernikahan tersebut bersama para staf di Rumah Sakit St James, Leeds, Inggris.

“Hal yang paling dia inginkan adalah kami menikah. Saat itu adalah waktu terpenting untuk kami,” tuturnya. Mandy menceritakan, suaminya meninggal karena menderita leukaemia. Pada 2010, Mick datang ke dokter mengeluh sakit batuk. Namun berdasarkan hasil tes darah, dia menerita leukaemia.
Setelah itu, Mick mulai menjalani kemoterapi. Sayang kondisi tubuhnya semakin melemah. Pada akhir Maret 2011, dokter mengatakan Mick sudah sekarat. Namun dia bisa tetap bertahan hidup dengan bantuan peralatan medis.

Pada Desember, dokter kembali mengatakan kalau peralatan medis sudah tidak bisa lagi membantu Mick hidup lebih lama. “Saat mereka memberitahu kami pada 16 Desember bawa dia tidak akan bisa bertahan, kami tetap berpikir, dulu dia bisa bertahan dari yang terburuk,” ujar Mandy.

Setelah berkencan cukup lama, pasangan Mandy dan Mick yang sudah berusia lanjut, sering membicarakan soal rencana pernikahan. Namun keduanya memilih menunggu hingga Mick sembuh. Oleh karena itu, saat dokter memberitahukan Mick tidak punya banyak waktu lagi, mereka pun memutuskan segera menikah.

Pada 20 Desember 2011, Mandy mendaftarkan diri untuk menikah di Leeds. Dia juga diizinkan untuk menggelar pernikahannya di rumah sakit. Mandy menghubungi staff rumah sakit untuk menghias kamar Mick.

Pasangan Mandy dan Mick kemudian menikah pada 21 Desember 2011 di kamar perawatan rumah sakit. Keluarga terdekat menyaksikan hari bahagia Mandy dan Mick tersebut.

Menyibak Hasrat wanita

Agnes Monica menyanyikan lagu berjudul “tak ada logika” yang SANGAT JELAS menggambarkan EKSPRESI SEBENARNYA akan perasaan wanita. Berikut cuplikan liriknya:
Bukan nya aku tak tau, kau sudah ada yang punya.
Ku tau engkau berdusta, namun ku TAK MAU mengerti.
Selama ku suka, ku butuh cinta yang pernah hilang dariku.
Cinta ini kadang tak ada logika. Berisi semua HASRAT dalam hati.
Saya ulangi baris terakhir:
Cinta ini kadang tak ada logika… berisi semua HASRAT dalam hati…
Lalu jika CINTA itu berisi HASRAT dalam hati, apa itu HASRAT? Hasrat adalah keinginan yang begitu besar akan sesuatu. Hasrat menyalakan API untuk bergerak maju. Hasrat adalah MOTIVASI.
Bayangkan jika anda sangat-sangat lapar.Tidak ada makanan lain disekeliling anda selain makanan yang ada didepan anda dengan harga 10 kali lipat dari harga normal. Akankah anda berpikir makanan tersebut terlalu mahal untuk anda beli? …Tentu TIDAK.

Seberapapun mahalnya makanan tersebut, anda akan tetap membelinya karena anda LAPAR. Orang LAPAR akan melakukan APAPUN untuk mendapatkan makanan. Pikirkan saat anda memiliki HASRAT mendapatkan Wanita cantik idaman anda. Hal gila apa yang rela anda lakukan? Mulai dari berguling ditanah, mendaki gunung himalaya, hingga berenang mengelilingi 7 samudra pun akan anda lakukan bukan?

Mengapa?
Karena anda LAPAR akan sang wanita.
Apa yang membuat Super Model Heidi Klum Jatuh Cinta kepada Seal?
  • Apakah Seal lebih Tampan dari anda?
  • Apakah Seal lebih kaya dari Heidi Klum?
Jika anda melihat Seal lebih tampan dari anda, periksakan mata anda ke dokter untuk memastikan anda tidak menderita katarak . Soal penghasilan, Heidi Klum masuk urutan 84 dari 100 besar selebriti terkaya dunia. (sumber: www.forbes.com, 2009), sedangkan Seal tidak masuk daftar forbes.
Lalu MENGAPA Super Model Heidi Klum yang cantik dapat begitu cintanya dengan Seal? Dapatkah anda menjelaskan secara LOGIKA? Apa mungkin Heidi Klum jatuh cinta dengan Seal karena Seal pemenang Grammy? Jika Heidi Klum tertarik dengan pemenang Grammy, mengapa ia memilih Seal? Mengapa tidak pemenang Grammy lainnya yang lebih ganteng dan kaya dari Seal?

Coba perhatikan gambar dibawah


Menyibak Hasrat wanita


Siapa yang dicium, siapa yang mencium? Siapa yang memeluk, siapa yang dipeluk? Cinta Heidi Klum terhadap Seal bukanlah cinta biasa, melainkan cinta penuh hasrat. Jika HASRAT bertemu EMOSI, wanita tidak hanya akan jatuh cinta kepada anda, mereka juga akan melakukan hal-hal gila seperti mengejar, berkorban dan melakukan apapun seperti lagu “tak ada logika”.

Lalu bagaimana membuat wanita agar menjadi lapar dan memiliki HASRAT untuk anda? Beruntunglah anda karena anda tidak perlu menghabiskan waktu bertahun-tahun seperti saya untuk mengetahui rahasia ini.

Didalam otak manusia ada DUA bagian khusus yang mengatur proses ADAPTASI yaitu Broca Region dan Reticular Activating System (RAS).
Fungsinya adalah:
  • Menangkap sesuatu yang JANGGAL dan secara otomatis membuat anda memusatkan seluruh perhatian anda kepada yang hal janggal tersebut,dan
  • Mendorong sesuatu yang SUDAH BIASA menjadi hal yang tidak penting. Dengan kata lain, jika anda menemukan hal BARU, UNIK atau JANGGAL, otak akan secara otomatis memusatkan seluruh perhatian anda kepada hal tersebut.
Kebalikan nya, jika anda berhadapan dengan hal BIASA, PASARAN dan MUDAH DITEBAK, otak akan secara otomatis mengabaikan nya.

Contohnya jika lingkungan anda biasanya sepi namun tiba-tiba anda mendengar TERIAKAN KERAS, anda akan kaget lalu secara otomatis memusatkan seluruh perhatian anda kepada suara tersebut dan tidak akan tenang hingga anda tau apa penyebab teriakan tersebut.

Namun ternyata, SETELAH anda tau bahwa tetangga baru anda adalah seorang pemain drama yang sedang berlatih, anda tidak akan lagi berfokus kepada teriakan tetangga saat ia berteriak karena hal itu sudah biasa. Lucunya, jika anda sudah terbiasa dengan teriakan tetangga anda namun tiba-tiba tidak mendengar lagi teriakan tetangga anda, maka FOKUS anda akan kembali tertuju kepada tetangga anda.
  • Jika anda TERUS MENERUS memberikan SEGALANYA untuk Wanita, lamakelamaan hal tersebut akan menjadi biasa dan MEMBOSANKAN. Jangan harap mereka membalas tingkah laku baik anda, mereka justru tidak akan menghormati anda.
  • Jika anda melakukan hal yang sudah biasa dilakukan Pria pada umumnya,anda akan otomatis dikategorikan “biasa” oleh wanita.
Wanita (khususnya yang cantik) sudah banyak mendapatkan pujian, perhatian bahkan pengorbanan dari Pria. Oleh karena itu, jika anda terlalu banyak memberikan pujian, perhatian dan pengorbanan, tidak akan ada yang spesial tentang anda.

Namun jika anda unik dan berbeda, wanita akan melihat anda sebagai tantangan yang harus ia menangkan.Oleh karena itu, lakukan hal yang berbeda dari apa yang biasa dilakukan pria pada umumnya.Jika yang lain memuji, anda mengejek (mengejek bukan menghina).Jika yang lain memberi perhatian lebih, anda cuek.

Hal ini menimbulkan rasa penasaran yang ADIKTIF mirip seperti menonton drama percintaan atau baca Novel. Wanita dapat berhari-hari menonton drama percintaan atau membaca novel tanpa bosan karena setiap lembar novel dan setiap detik drama percintaan membuatnya penasaran.
Ingat 3 hal untuk menimbulkan HASRAT:
  • Jadilah UNIK dan TAK TERDUGA untuk menarik perhatian wanita kepada anda.
  • Jadilah TANTANGAN dengan melakukan hal-hal yang berbeda dari pria pada umumnya untuk menimbulkan rasa penasaran yang menyebabkan wanita melihat anda sebagai sesuatu yang spesial untuk dimenangkan.
  • STATIS itu MEMBOSANKAN bagi wanita. Lakukanlah hal-hal yang berbeda dan “out of the box” agar anda tidak menjadi Pria yang membosankan.
Nah lalu bukankah SELALU menjadi unik dan tak terduga adalah hal yang terduga?
Ya.
Jika anda SELALU menjadi unik dan tak terduga, itupun adalah hal yang terduga dan biasa bagi wanita. Oleh karena itu, jadilah unik dan tak terduga, namun sesekali kembalilah menjadi pria biasa yang terduga, agar anda selalu menjadi pria yang tak terduga, yang menyebabkan wanita merasakan HASRAT untuk anda.

Fakta tentang Air mata (menangis)

Jika anda termasuk kalangan orang yang menganggap bahwa menangis adalah tanda lemah dan ketidakdewasaan seseorang. Menangis hanya suatu tindakan yang tidak ada gunanya dan membuang waktu. Maka anda salah! Jika anda tahu manfaat dari menangis, maka anda akan mensyukuri salah satu nikmat Allah ini.


Berikut beberapa fakta tentang Air mata (menangis)

1. Menangis merupakan salah satu pembeda kita dengan mahluk Allah lainnya. Menangis tidak hanya mewakili suasana sedih tapi juga bahagia.
2. Menangis merupakan cara alami untuk membuang unsur-unsur membahayakan dari tubuh manusia. Unsur-unsur ini diproduksi oleh tubuh saat manusia sedang mengalami keputusasaan dan ketakutan
3. Menangis dapat meredakan ketegangan jiwa.
4. Perempuan lebih banyak menangis 4 kali lipat dari laki-laki. Karena hal ini juga rata-rata usia perempuan lebih panjang dari laki-laki. Karena terbukti menangis dapat mengeluarkan racun yang diproduksi tubuh melalui kucuran air mata. Atau dengan kata lain, menahanair mata menyebabkan tumbuhnya racun. 
5. Menangis dapat memelihara kelembutan mata.
6. Seorang peneliti modern mengatakan, perempuan menangis sebanyak 3 – 5 kali dalam sebulan. 73% perempuan menagis karena laki-laki. 6% perempuan tidak menangis saat mengalami tekanan syaraf. 74% perempuan mengeluarkan air mata yang cukup deras saat menangis dan 85% merasa lega setelah menangis.
Fakta tentang Air mata (menangis)
7. Café kesedihan di China bagian timur ramai didatangi pengunjung yang ingin menumpahkan kesedihannya meski ditarif mahal perjam (50 yuan / US$ 6). Di café itu disediakan bawang, cabe merah, sapu tangan dan music melankolis untuk membantu pengunjung mencurahkan air matanya.
8. Bayi ternyata sudah menangis semenjak berada di dalam rahim.


Dan masih banyak fakta lainnya. Jadi bila anda berada pada satu situasi di mana menangis itu diperbolehkan dan secara social dapat diterima, maka demi kesehatan anda, menangislah. Tumpahkan dan lepaskan perasaan-perasaan sedih atau emosi yang terpendam dalam batin anda.

Rabu, 22 Januari 2014

Pria Mengejar, Wanita menentukan? Atau sebaliknya?

Coba tanya kepada Wanita: “Siapa yang mengejar, siapa yang menentukan?” Kebanyakan Wanita akan menjawab bahwa Pria lah yang MENGEJAR dan Wanita lah yang MENENTUKAN.

Pria bagaikan minuman dingin bagi wanita. Wanita menikmati setiap tetes minuman dinginnya, dan MEMUTUSKAN apakah minuman tersebut enak atau tidak. Jika enak, ia akan meminum minuman yang sama. Namun jika tidak, ia akan mengganti minuman tersebut dengan minuman yang baru.

Pria memberikan pujian, pelayanan, pengorbanan serta materi kepada wanita dengan MOTIF agar Wanita tersebut JATUH CINTA dengannya. Dan seperti minuman dingin, Wanita menikmati setiap pujian, pelayanan, pengorbanan dan pemberian sang Pria TANPA PEDULI MOTIF dibaliknya.


Malangnya, sang Pria yang belum juga mendapatkan cinta sang wanita malah berpikir bahwa semua yang ia berikan KURANG BANYAK. Oleh karena itu, ia malah memuji lagi lebih banyak, melayani lagi lebih banyak, berkorban lagi lebih banyak,dan memberi lagi lebih banyak DENGAN MOTIF yang sama, yaitu agar sang Wanita JATUH CINTA dengannya.

Sang Wanita sudah tentu akan menikmati kembali setiap pujian, pelayanan,pengorbanan dan pemberian sang Pria tanpa sama sekali JATUH CINTA dengan nya. Hal ini tentu menyebabkan sang Pria dongkol dan menuduh sang Wanita sebagai orang tidak tau berterima kasih.

Inilah yang terjadi. Pria MENGEJAR dengan pujian, pelayanan, pengorbanan dan pemberian, wanita MENENTUKAN siapa yang layak ia cintai TANPA PEDULI pujian,pelayanan, pengorbanan dan pemberian apapun dari sang Pria.

Jangan pernah berpikir bahwa semakin indah pujian anda, semakin baik pelayanan anda, semakin besar pengorbanan anda, semakin mewah pemberian anda, Wanita akan jatuh cinta kepada anda begitu saja.Pujian, pelayanan, pengorbanan dan pemberian bukanlah HAL yang membuat wanita jatuh cinta!

HAL yang membuat Wanita JATUH CINTA kepada seorang Pria akan kita bahas tuntas pada BAB II.

Nah sekarang…

Mungkinkah kondisinya dibalik, dimana wanita yang mengejar dan pria yang menentukan?

Tentu saja!

Namun perlu anda ketahui bahwa wanita sudah terkondisi sejak dulu kala untuk memiliki “gengsi sebagai wanita” yang menyatakan bahwa Pria lah yang HARUS mengejar dan Wanita lah yang menentukan. Bahkan jika ada wanita yang tertarik dengan anda, ia akan berusaha membuat skenario untuk membalikan situasi dimana pada akhirnya, andalah yang akan mengejarnya, dan dia yang menentukan.

Oleh karena itu, pada saat anda berhasil membuat wanita mengejar anda, biarkan saja situasinya TAMPAK seakan sang wanita yang memiliki kendali untuk menentukan, namun dibalik itu, anda tau bahwa situasi sebenarnya adalah sang wanitalah yang mengejar anda, dan andalah yang menentukan.

Jika Pria bagaikan minuman dingin bagi Wanita, buatlah sang Wanita mencicipi minuman tersebut sedikit demi sedikit dan buatlah sang wanita ketagihan. Pada saat dirinya sudah ketagihan, tarik minuman nya perlahan-lahan dan disitulah ia mulai mengejar anda.

Waspadai Kaki Bengkok Pada Bayi

Mewaspadai kaki Bengkok pada bayi atau Anak

Sering terjadi dalam suatu keluarga dimana orang tua menyadari bahwa kaki buah hati tercintanya tampak bengkok. Kejadian ini bisa didapatkan sejak bayi  dilahirkan, bisa juga saat bayi / anak mulai belajar berjalan.

Istilah kaki bengkok merupakan istilah awam, dimana menggambarkan bahwa bentuk kaki sang bayi atau anak tampak tidak normal sebagaimana bayi/anak pada umumnya. Istilah kaki dalam hal ini bisa menyangkut bagian kaki secara keseluruhan mulai dari pangkal paha sampai telapak kaki, atau bisa juga dari lutut kebawah, bahkan hanya terbatas mulai pergelangan kaki kebawah.

Tergantung pada jenis dan gambaran kelainannya maka diagnosis kaki bengkok akan dibuat dan ditentukan solusi  penanganannya.

Terdapat 4 Jenis Kelainan Kaki Bengkok yang paling sering terjadi :

1. CTEV (Congenital Talipes Equino Varus ) / Club Foot.

Suatu kelainan kaki bengkok yang merupakan kelainan yang didapat sejak lahir. Gambarannya adalah bentuk telapak kaki yang menekuk keatas dan terpuntir kearah dalam. Kelainan ini bisa mengenai pada satu atau dua kaki. Bila dibiarkan sampai besar maka anak akan berjalan dengan bertapak pada sendi Ankle nya. CTEV merupakan kelainan kaki bengkok yang paling sering didapatkan. Banyak teori tentang penyebabnya, antara lain akibat kelainan kromosom, kelainan otot, kelainan saraf maupun kelainan perkembangan intra uterine (kandungan).

Penangannya harus sesegera mungkin dilakukan sejak bayi dilahirkan, berupa koreksi pasif pada kaki CTEV dengan menggunakan teknik  gips bertahap. Prinsipnya adalah memposisikan bentuk kaki ke keadaan normal, mempertahankan koreksi sampai keseimbangan otot dan jaringan tendon membaik /stabil, dan evaluasi jangka panjang untuk mencegah kembalinya posisi kaki membengkok.


Kelainan kaki CTEV juga harus ditentukan apakah kelainan tersebut bersifat fleksibel, dalam arti sendi2 yang terlibat masih mobile dan mudah diposisikan ke keadaan yang normal dan ada juga CTEV yang rigid / kaku dimana terjadi kekakuan yang berat pada sendi2 kaki yang terlibat sehingga koreksi bentuk lebih sulit dilakukan, dimana dipertimbangkan untuk dilakukan tindakan pembedahan setelah kondisi bayi/anak memungkinkan.


2. Kaki “ Toeing – In “ / terpuntir.


Merupakan kelainan bentuk kaki yang sering ditemukan pada anak yang mulai belajar berdiri dan berjalan. Gambarannya adalah bentuk talapak kaki yang terpuntir kearah dalam,  paha dan betis yang terpuntir kearah  depan dan sebelah dalam.

Kelainan ini biasanya simetris, anak sering terjatuh saat berjalan atau berlari karena lutut yang sering bersinggungan dan telapak kaki yang tidak menapak lurus kedepan sehingga sering tersandung. Anak juga bila duduk dilantai sering dengan posisi seperti huruf “ W “, dimana kedua kaki dan lutut terlipat kearah luar. Kelainan bentuk kaki Toeing – In biasanya membaik dengan sendirinya. Orang tua tidak perlu terlalu cemas. Tetapi bila sampai umur 2 tahun atau lebih masih tetap belum membaik bahkan sampai mengganggu gaya berjalannya maka diperlukan pemeriksaan yang seksama oleh dokter yang ahli. Pada kasus yang lebih berat maka diperlukan tindakan koreksi dengan menggunakan alat serupa palang / bar yang dikaitkan pada kaki kanan dan kiri untuk memposisikan kaki pada kondisi yang normal dan digunakan sampai kaki bertumbuh sesuai dengan bentuk yang normal. Alat koreksi ini adalah Denis Browne bar

3. Kaki “ Knock – Knee” atau  kaki “ X “


Adalah bentuk kaki bengkok pada anak dengan gambaran kedua lutut yang menekuk kedalam dan sampai bersinggungan, telapak kaki justru saling menjauh dari sumbu tegak lurus tubuh.  Orang awam sering menyebutkan sebagai kaki bentuk “ X “.  Anak sering berjalan dengan telapak kaki di putar kearah luar untuk menghindari lutut bersinggungan, gaya berjalan tampak aneh (kepleh), dan anak sering mengeluh nyeri pada betis atau paha akibat otot yang terpuntir saat berjalan.

Penanganan ditentukan oleh berat ringannya deformitas (kecacatan). Bila masih ringan biasanya akan membaik dengan sendirinya. Aplikasi tindakan fisioterapi berupa teknik manipulasi dan masase terapi akan memberikan hasil yang cukup memuaskan.

Terapi pembedahan dilakukan pada anak dengan problem rotasi yang berat dan menetap. Diperlukan pemantauan beberapa tahun untuk memutuskan dengan yakin bahwa penanganan deformitas yang sudah dilakukan tidak memberikan perbaikan yang signifikan.

4. Kaki Bow Legs / Kaki “ O “


kelainan tungkai pada anak bisa terjadi antara lain karena posisi janin dalam rahim maupun pola kebiasaan sikap tubuh dalam kehidupan sehari-hari si anak. Janin berumur lanjut yang berada dalam rahim sempit, kemungkinan akan mengalami pelengkungan tungkai. Akibatnya, putaran dan sudut kemiringan pada tulang panjang tidak vertikal dan akan membentuk tungkai janin berbentuk huruf "0".
macam kaki bengkok pada anak-anak bayi, penyebab kaki tungkai bayi bengkok

Kelainan tungkai "0" - posisi kedua tumit saling mendekat, sementara lutut saling menjauh - cenderung terjadi pada anak laki-laki, sedangkan bentuk "X" pada anak perempuan. Perbedaan itu dikarenakan kondisi pertumbuhan bentuk panggul anak perempuan yang akan lebih besar daripada anak laki-laki. Kaki “O” bila ringan biasanya disebabkan akibat proses pembentukan dan pertumbuhan tulang tibia / tulang kering yang tertekuk kearah dalam pada janin. Pada beberapa kasus kaki “O” merupakan kelainan keturunan atau kromosom. Kaki “O” memang tidak terlalu mengganggu proses berjalan anak tetapi justru memberikan gangguan secara estetika. Bila gambaran bengkok tidak terlalu ekstrim biasanya kaki akan tumbuh menjadi lurus kembali dalam jangka waktu sekitar 3 tahun.

Tips Mewaspadai Tanda Kelainan bentuk Kaki pada anak.

1. Saat bayi lahir tampak bentuk telapak kaki atau tungkai bawah secara keseluruhan tidak normal atau tidak sama dengan bayi pada umumnya.

2. Sendi sendi kaki tampak sangat lentur dan bisa bergerak melebihi batas yang normal pada bayi / anak.

3. Betis terlihat sangat membengkok ke dalam atau keluar.

4. Bila kedua kaki diluruskan, tampak tidak segaris dengan sendi panggul, atau tampak ke dua lutut saling menempel sementara telapak kaki saling menjauh, seperti huruf “ X “.

5. Bila kedua kaki di luruskan tampak lutut saling menjauh dan telapak kaki saling menempel / seperti huruf “ O “.

6. Anak lebih suka duduk dilantai dengan lutut dan betis menekuk kearah luar, seperti huruf “W”.

7. Anak terlambat berjalan.

8. Anak sering terjatuh atau kaki “kesrimpung”.

9. Anak berjalan mengangkang atau kaki menggunting.

 10. Anak sering mengeluh pegal-pegal di otot betis atau paha.

Segeralah periksakan anak / bayi anda ke dokter spesialis Anak, spesialis Orthopedi atau spesialis Rehabilitasi Medik untuk memastikan adanya kelainan dan menentukan solusi penanganannya.

Kamis, 16 Januari 2014

Foto-foto Banjir Bandang Manado

Hujan deras yang mengguyur Kota Manado menimbulkan banjir bandang yang cukup memporakporandakan kota Manado, berikut foto-foto banjir bandang dan pasca banjir bandang



foto-foto banjir di kota manado
Add caption
banjir bandang di kota manado
tumpukan samapah pasca banjir manado
Ibu berpose di tengah banjir kota Menado
foto-foto banjir di kota manado
Bnajir merendam ribuan rumah di manado
foto-foto banjir di kota manado
Ketinggian air mencapai 4 meter
Pasca Banjir
foto-foto banjir di kota manado

Minggu, 12 Januari 2014

Pengaruh TV terhadap Kemampuan Bicara Anak

Televisi (TV) merupakan benda yang hampir selalu ada di setiap rumah tangga, dan sepertinya merupakan suatu kebutuhan pokok rumah tangga. Bahkan pada setiap pasangan yang baru saja menikah, didalam menentukan kebutuhan perabotan rumah tangga, maka pesawat TV sudah pasti masuk dalam daftar prioritas disamping perlengkapan tidur dan dapur.

Sering pada keluarga muda yang baru memiliki satu atau dua anak yang masih bayi atau balita, kegiatan menonton TV pada anak merupakan obat mujarab untuk menenangkan (menjinakkan) anak agar tidak rewel atau membuat onar, sehingga orang tua dapat lebih “bebas” dalam mencari nafkah atau mengurus rumah. TV seolah-olah menjadi “baby sitter” atau pengasuh anak yang setia dan lebih murah.

Memang anak tidak akan menolak bila disodori tayangan TV, karena gambar atau tayangan tersebut begitu menarik dikemas. Baik dalam bentuk film kartun, iklan, sinetron ataupun sekedar berita. Belum lagi dengan tata suara dan musik yang begitu menarik untuk didengarkan.

Banyak juga orang tua yang  beranggapan bahwa dengan menonton TV atau memutarkan VCD/DVD berbahasa asing (mis; Bahasa Inggris) , maka bayi atau anak akan lebih pintar dan cepat menguasai bahasa asing. Lebih sering lagi Orangtua membiarkan anak menonton siaran iklan atau sinetron atau infotainment  pada saat senggang keluarga di sore hari atau sepanjang hari libur dengan sekaligus menyediakan makanan camilan. Anak asyik menonton TV dengan tanpa peduli terhadap lingkungan rumah maupun kebersamaan bersama dengan keluarga. Anak tidak mau tahu dengan kewajiban maupun kodratnya sebagai anak untuk bermain, berfantasi serta bergaul dengan anak anak seusianya. Anak jarang bercakap cakap, lebih banyak diam dan asyik sendiri seperti robot didepan pesawat TV.

Perlu diketahui oleh pembaca sekalian bahwa TV memang merupakan media komunikasi, tetapi sifatnya adalah satu arah, dari televisi kepada penonton, bukan sebaliknya. Seorang bayi atau anak mungkin akan cepat memberikan respon terhadap suatu tayangan baik berupa senyum, tawa, takut atau marah, tetapi TV tidak mau tahu terhadap respon tersebut, siaran tetap berjalan dan tidak perduli terhadap respon si anak, the show must go on...akibatnya anak cenderung terbiasa untuk tidak dipedulikan terhadap apa yang dia ekspresikan. Akibatnya bayi atau anak tersebut akan berkembang menjadi anak yang pasif dan tidak peduli terhadap rangsangan atau stimulasi dari lingkungannya. Anak akan cenderung cuek dan tidak mau tahu, tidak mampu berkomunikasi dua arah dalam bentuk percakapan dengan keluarga atau orang lain dalam bentuk yang sewajarnya.

Bayi atau anak bisa berbicara dan bercakap cakap dengan melalui proses meniru. Yang ditiru adalah orang orang atau suara obyek yang berada di sekitarnya, baik itu orang tua, saudara, pengasuh,  binatang peliharaan, maupun benda lain yang mengeluarkan suara. Proses meniru tersebut dimulai dari mengucapkan suku kata berupa gabungan vokal dan konsonan yang mulanya tidak berarti, seperti : ta..ta...ta...atau pa..pa...pa..atau mam...mam...Dengan berjalannya waktu dan komunikasi dua arah dengan orang tua yang berkesinambungan, dimana orang tua memberi respon terhadap kata kata si anak yang terucap, maka bayi atau anak akan makin pandai dan makin menguasai serta makin berani untuk menambah perbendaharaan kata yang dimilikinya. Dari kemampuan mengucapkan kata, kemudian akan dirangkaikan dalam bentuk kalimat. Mulai yang sederhana terdiri dari dua atau tiga suku kata, seperti ;...mau pipis...,minta minum..., adik minta makan...dst.

TV tidak memiliki kemampuan untuk telaten mengajari bayi atau anak berbicara. TV hanya bisa menyodorkan tayangan audiovisual dengan tidak memperdulikan usia penontonnya, karena TV juga tidak akan tahu siapa yang menontonnya. TV memang menayangkan gambar hidup tetapi TV adalah benda mati, kalau sudah begitu bagaimana mungkin benda mati bisa mengajari anak untuk bisa berbicara...? TV tidak akan bisa menggantikan peran manusia untuk mengajari seorang bayi atau anak belajar berbicara, itu sudah pasti.

Seorang bayi/anak yang setiap hari waktunya dihabiskan di depan TV/ Video hampir selalu mengalami gangguan perkembangan. Anak cenderung sulit bergaul, karena tidak pernah bermain dengan teman teman seusia permainannya. Anak cenderung sulit konsentrasi pada suatu topik dikarenakan anak terbiasa menyaksikan tayangan yang cepat berubah ubah dalam beberapa detik, anak cenderung sulit mengekspresikan emosi nya karena tidak terbiasa berkomunikasi dua arah dengan manusia (orang tua), Anak menjadi pasif, kurang kreatif karena terbiasa disodori dengan sesuatu yang instan seperti tayangan di TV. Anak cenderung kurang lincah dan lemah tubuhnya karena lebih banyak duduk atau tiduran di depan TV, anak beresiko kelebihan berat badan / obesitas karena lebih sering duduk, ngemil dan makan sambil nonton TV. Anak cenderung manjadi agresif atau pemarah akibat tayangan yang mengumbar kekerasan....dan masih banyak lagi.

Dari semua efek negatif TV, maka keterlambatan bicara dan bahasa pada anak, merupakan efek yang makin sering ditemukan di masyarakat. Orang tua yang sibuk mencari nafkah dan anak yang dibiasakan menonton TV/video sementara sang pengasuh sibuk membersihkan rumah atau malah ngobrol dengan pembantu tetangga sebelah, merupakan pola klasik yang sering ditemukan dalam kasus anak terlambat berbicara (speech delayed).

Lalu bagaimana sebaiknya yang harus dilakukan orang tua agar anaknya tidak terlambat bicara? Sebelumnya perlu diketahui bahwa usia 0-2 tahun merupakan masa yang sangat penting untuk anak belajar berbicara. Orangtua adalah guru bahasa dan bicara yang terbaik bagi anaknya, demikian juga lingkungan sosial terdiri dari keluarga, tetangga dan handai taulan. Interaksi setiap hari dan setiap ada kesempatan akan membuat anak cepat meniru dan cepat belajar untuk berbicara. Setelah anak mencapai usia dua tahun dan sudah  mampu merangkai kata dan kalimat, mampu berkomunikasi secara verbal, maka orang tua sudah boleh sedikit bernafas lega, anak sudah memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi dan mencerna informasi yang diterimanya. Tentunya setelah usia dua tahun tersebut anak sudah boleh menonton TV, tetapi perlu diingat, hanya tontonan yang bersifat mendidik dan dengan waktu terbatas serta dengan pendampingan orang tua. Waktu yang cukup untuk menonton TV adalah sekitar 2-3 jam/hari. Selebihnya biar si anak bermain atau beraktifitas sekreatif mungkin dengan orang orang / teman dilingkungan sekitarnya.

Tips bagi orang tua dan pengasuh anak usia kurang dari dua tahun :

1. Hindari  menonton televisi, pilihlah aktivitas yang dapat membantu perkembangan bahasa dan pertumbuhan otak anak seperti bercakap cakap, menyanyi, membaca cerita bergambar, mendongeng, mendengarkan lagu anak  sambil bernyanyi bersama.

2. Luangkan waktu untuk berjalan jalan bersama anak ke alam bebas atau di tempat keramaian, agar anak semakin mengenal lingkungan dan mampu menyerap informasi yang diberikan orangtua dan lingkungannya.


Anak usia diatas dua tahun :

1. Hindari peletakan TV pada kamar tidur anak.

2. Batasi menonton TV maksimal dua jam per hari.

3. Dilarang menonton TV sebelum berangkat sekolah atau pada jam belajar, sebaiknya pada siang atau sore sehabis makan atau istirahat.

4. Hindari kebiasaan makan di depan tayangan TV.

5. Awasi tayangan televisi, bahkan pada serial kartun pun sering mempertontonkan adegan kekerasan.

6. Ajarilah anak untuk lebih menyukai membaca  surat kabar atau majalah anak daripada menonton TV.

7. Jelaskan kepada anak-anak mengenai maksud iklan-iklan yang ditayangkan dan cara-cara yang digunakan untuk menjual produk

8. Berbicara bersama sebagai satu keluarga mengenai program-program TV, termasuk iklan yang dapat memberi sejumlah keuntungan untuk mendiskusikan nilai-nilai positif yang anda kehendaki.

Penyebab Munculnya Saku Kecil di Celana Jins

Pernah tidak terlintas kenapa celana jeans selalu ada saku kecil di bagian sebelah kanannya? Selintas saku kecil ini tak ada fungsinya selain hanya tempelan untuk menambah aksentuasi gaya pemakainya, atau mungkin ciri khas celana jeans. Namun, dari saku imut-imut inilah sebenarnya bisa dibaca sejarah celana yang dipopulerkan oleh Levi Strauss tahun 1880 ini, delapan tahun setelah jeans masuk ke Amerika Serikat (AS) tahun 1872.

Sebagai jenis tekstil, jeans pertama kali dibuat di Genoa, Italia tahun 1560-an. Kain celana ini biasa dipakai oleh angkatan laut. Orang Prancis menyebut celana ini dengan sebutan "bleu de Génes", yang berarti biru Genoa. Meski tekstil ini pertama kali diproduksi dan dipakai di Eropa, tetapi sebagai fashion, jeans dipopulerkan di AS oleh Levi Strauss, seorang pemuda berusia dua puluh tahunan yang mengadu peruntungannya ke San Francisco sebagai pedagang pakaian. Ketika itu, AS sedang dilanda demam emas.

Akan tetapi, sampai di California semua barangnya habis terjual, kecuali sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas. Kain kanvas ini dipotongnya dan dibuatnya menjadi beberapa celana yang dijual pada para pekerja tambang emas. Dan ternyata para pekerja menyukainya karena celana buatan Strauss tahan lama dan tak mudah koyak. Merasa mendapat peluang, Strauss menyempurnakan "temuannya" dengan memesan bahan dari Genoa yang disebut "Genes", yang oleh Strauss diubah menjadi "Blue Jeans".

Di sinilah para penambang tambah menyukai celana buatan Strauss dan "menobatkan" celana itu sebagai celana resmi para penambang. Para penambang emas itu menyebut celana Strauss dengan "those pants of Levi`s" atau "Celana Si Levi". Sebutan inilah yang mengawali merek dagang pertama celana jeans pertama di dunia.

Naluri bisnis Strauss yang tajam membuatnya mengajak pengusaha sukses Jakob Davis untuk bekerja sama, dan pada tahun 1880 kerja sama itu melahirkan pabrik celana jeans pertama. Dan produk desain mereka yang pertama adalah "Levi`s 501".

Produk desain pertama memang dikhususkan bagi para penambang emas. Celana ini memiliki 5 saku, 2 di belakang dan 2 di depan, dan 1 saku kecil dalam saku depan sebelah kanan. Karena diperuntukkan bagi para penambang, saku ini tentu bukan untuk bergaya-ria. Tetapi saku imut-imut ini dirancang untuk menyimpan butiran-butiran emas yang berukuran kecil. Meski kini jeans diproduksi dalam berbagai merek dan bukan hanya untuk para penambang, tetapi saku imut-imut itu tetap ada. Tentu saja fungsinya bukan sebagai tempat menyimpan butiran emas.

Selasa, 07 Januari 2014

Pemulihan Pasca Stroke

DIBALIK  REHABILITASI  PASCA  STROKE


Stroke adalah penyakit akibat gangguan pembuluh darah otak, baik yang terjadi sesaat maupun permanen. Dilihat dari mekanisme gangguan pembuluh darahnya, ada yang berupa stroke sumbatan dan stroke perdarahan karena pecahnya pembuluh darah otak. Gangguan suplai darah ke otak akan mengakibatkan kerusakan jaringan saraf pada area otak yang dialiri pembuluh darah yang terganggu. Akibatnya akan muncul gangguan yang merupakan ciri khas dari stroke, yaitu gangguan yang melibatkan sisi sebelah tubuh baik kiri maupun kanan. Kenapa begitu..? ini dikarenakan otak manusia memiliki dua belahan, kiri dan kanan. Walaupun pada beberapa kasus kelainan stroke bisa juga muncul dua sisi, akibat kerusakan luas pada kedua belahan otak atau justru kerusakan yang mengenai area batang otak.

Gambaran kelainan yang muncul pada penderita stroke sangatlah bervariasi tergantung jenis stroke, berat ringan stroke , area otak yang terkena, usia penderita, penyakit penyerta , dan proses penanganan stroke pada fase awal.

Salah satu ciri khas kelainan stroke adalah gambaran kelemahan otot yang bersifat spastik (kaku/kejang) dan bukan bersifat flaksid (layuh / loyo / keple). Ini yang akan membedakan dengan kelemahan otot akibat gangguan saraf tepi (neuropati perifer) atau gangguan yang murni mengenai otot (miopati).

Gambaran umum selain kelemahan otot yang bersifat spastik, adalah adanya gangguan berbicara seperti  pelo (disartria), gangguan berbahasa (disfasia), wajah perot, gangguan daya ingat, gangguan emosi dan kognisi, gangguan buang air besar dan buang air kecil, gangguan kemampuan sexual  yang kesemuanya akan mengakibatkan munculnya suatu kelemahan (impairment) , keterbatasan kemampuan (disabilitas), bahkan suatu kecacatan (handycap) didalam menjalankan aktifitas sehari-hari secara pribadi maupun sosial.

Faktor dukungan keluarga sangatlah penting bagi pemulihan / rehabilitasi pasca stroke. Oleh karena itu sangat diperlukan adanya dialog dan saling pengertian antara penderita, keluarga penderita dan dokter yang menangani agar proses rehabilitasi bisa berjalan dengan baik. Penderita stroke pun perlu diberi pengertian, bahwa proses pemulihan dan rehabilitasi akan berlangsung secara bertahap dan membutuhkan kesabaran. Penderita  pasca stroke tidak boleh egois dan maunya menang sendiri, harus memberikan juga rasa aman dan tenang pada anggota keluarga, berusahalah menjadi pasien yang menyenangkan, agar semuanya berjalan dengan baik, tanpa ada rasa paksaan ataupun saling curiga dan saling menyalahkan. Ini perlu dipahami karena proses rehabilitasi akan berjalan dalam waktu yang lama. Biasanya berlangsung antara 1 – 6 bulan, bahkan bisa juga sampai bertahun-tahun pada kasus yang berat. Perlu dimengerti sebenarnya pada kasus  stroke, yang menderita adalah  juga seluruh anggota keluarganya.

Pada kasus stroke yang ringan, dimana penderita dalam tempo kurang dari 2 minggu sudah mampu pulih seperti sediakala, maka penderita bisa kembali beraktifitas seperti sebelumnya, tidak perlu ada pembatasan aktifitas fisik, penderita bisa kembali ke pekerjaannya semula. Asal jangan lupa untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat dan kontrol kondisi kesehatan secara teratur.

Sering dalam kenyataan sehari-hari. Penderita pasca stroke yang ringan malah dilarang beraktifitas oleh keluarganya, harus selalu beristirahat, bahkan kalau perlu keluar atau berhenti dari pekerjaannya. Ini merupakan kekeliruan yang mendasar akibat adanya ketidaktahuan atau ketakutan akan kambuhnya serangan stroke yang lebih berat.  Memang resiko terhadap serangan ulang pada penderita pasca stroke akan lebih besar daripada orang yang yang belum pernah kena stroke. Tapi ini bukan alasan untuk kemudian membatasi aktifitas penderita pasca stroke. Karena pembatasan aktifitas justru akan memperberat kelemahan fisik yang dialaminya. Selain itu akan menimbulkan gangguan yang  berat pada fungsi mental nya. Penderita akan menjadi minder, depresi bahkan paranoid. Penderita menjadi “berubah” , menjadi pemarah, pencuriga dan mengalami kemunduran pada status mentalnya. Kalau sudah begini maka segala upaya pemulihan/rehabilitasi pasca stroke nya akan semakin sulit bahkan sia-sia.

Dokter spesialis Rehabilitasi Medik akan melakukan assesment terhadap penderita pasca stroke untuk menentukan kelainan atau gangguan yang dialaminya. Kemudian akan menentukan langkah2 program rehabnya. Kursi roda hanya dibutuhkan pada penderita stroke dengan kelemahan fisik berat, gangguan keseimbangan berat atau penderita yang sudah sangat lanjut usianya. Dokter rehab akan selalu berusaha melatih penderita agar mampu mencapai status kemampuan berjalan yang setinggi tingginya. Mulai dari berjalan dengan bantuan pendamping disisi tubuhnya. Berjalan mandiri dengan bantuan “walker” atau cukup dengan tongkat , sampai mampu berjalan mandiri seperti sebelumnya.

Kesalahan dalam menentukan status kemampuan fisik seperti berjalan, perawatan diri dan kemampuan kognitif akan mengakibatkan menurunnya status pemulihan penderita. Dimana tingkat kemandirian penderita pasca stroke justru turun. Penderita pasca stroke akan jatuh dalam status kecacatan berat (handicap) dan menjadi tergantung sepenuhnya pada orang lain, menjadi beban keluarga dan masyarakat juga.

Perlu diwaspadai juga bahwa pada masa pemulihan penderita pasca stroke, sering diterima informasi2 sesat tentang penyembuhan stroke. Informasi ini biasanya dibawa oleh iklan2 di media masa,  teman, saudara atau tetangga dalam bentuk terapi alternatif atau obat/ramuan2 yang tidak jelas khasiatnya secara ilmiah, bantuan dukun atau orang yang mengaku “pintar”,  dengan janji2 akan  bisa meberikan kesembuhan.  Ini yang sering menyebabkan penderita pasca stroke lupa atau mangkir dan bahkan melepaskan diri dari perawatan rehabilitasi stroke. Penderita dan keluarganya tergiur dengan janji2 palsu tentang kesembuhan dengan cara alternatif. Padahal kenyataannya sering yang terjadi  penderita akan kembali lagi ke dokter yang menangani sebelumnya dengan kondisi kecacatan yang lebih berat yang sulit untuk dipulihkan , tangan dan jari kaku, berjalannya pincang dan diseret, bahkan tak mampu bangun dari kursi roda atau tempat tidur, atau masuk rumah sakit lagi akibat serangan stroke ulang. Ini semua diakibatkan penanganan rehabilitasi pasca stroke yang tidak mengikuti kaidah ilmu rehabilitasi medik yang benar.

Sebenarnya prinsip penanganan rehabilitasi pasca stroke adalah terapi latihan (exercise) , dan bukan berbagai macam terapi alternatif maupun ramuan2 yang aneh yang justru akan meninabobokkan penderita sehingga malas melakukan latihan. Bahkan kalau dihitung-hitung secara ekonomis, terkadang  uang/biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal daripada penanganan secara medis. Perlu dipahami bahwa penyakit stroke sendiri hanya berlangsung sekitar 1-4 minggu, tetapi yang menjadi masalah jangka panjang adalah kelemahan atau kecacatan itulah  yang berlangsung lama dan  perlu penanganan dari dokter yang kompeten dan benar2 ahli dalam program Rehabilitasi Stroke.

Dokter Rehabilitasi medik bersama timnya yang terdiri dari Fisioterapis, Okupasi terapis, Terapis wicara, Orthosis Prostesis,  akan bahu membahu memberikan pelayanan yang terbaik dan bermutu terhadap penderita pasca stroke, bukan sekedar janji2 muluk, tetapi semuanya berdasarkan kajian ilmiah yang rasional dan logis.

Info  tentang stroke

 1. Segeralah bawa pasien ke rumah sakit bila dijumpai anggota keluarga yang mendadak mengalami wajah perot, kelemahan sebelah anggota tubuh, rasa gringgingan sebelah tubuh bahkan kesadaran yang menurun secara mendadak. Untuk secepatnya mendapatkan pemeriksaan dan penanganan.

2. Wajah perot memang belum tentu menderita stroke, tetapi alangkah baiknya untuk dipastikan penyebabnya melalui pemeriksaan seksama oleh dokter spesialis saraf.

3. Saat dalam perawatan rumah sakit, pastikan penderita juga mendapatkan penanganan rehabilitasi segera setelah fase “life saving” terlewati.

4. Bila penderita pulang dari perawatan rumah sakit, segera mungkin mengikuti program pemulihan atau rehabilitasi medik di rumah sakit yang ada dokter spesialis rehab mediknya. Dokter Rehab medik akan segera mangetahui apa2 saja yang perlu dilakukan pada penderita dan langkah2 apa yang harus dikerjakan oleh penderita beserta keluarganya.

5. Rajin dan rutin mengikuti program rehabiltasi stroke dan jangan segan berkonsultasi dengan dokter Rehab untuk mengetahui perkembangan pemulihan kemampuan dan rencana program selanjutnya (program jangka panjang).

6. Usahakan penderita untuk mengerjakan aktifitas pribadi secara mandiri, bantuan hanya diperlukan kalau penderita memang tidak mampu melakukannya.

7. Tangan atau kaki yang lemah jangan dimanja, tetapi harus selalu dilatih dan dibiasakan mengerjakan tugas, walaupun seringan apapun pekerjaannya, hasilnya akan lebih baik daripada didiamkan saja, yang justru akan menjadi kaku dan lemah.

8. Pada penderita stroke dengan usia lanjut dan mengalami gangguan kognitif berat, sebaiknya ada perawat khusus (perawat lansia) yang tentunya sudah menjalani pelatihan sehingga penderita dapat lebih terawat untuk perawatan diri, dan higiene sanitasinya.

Sabtu, 04 Januari 2014

Panduan Melangsingkan badan Sesuai bentuk postur Tubuh

panduan-melangsingkan-badan-sesuai-bentuk-postur-tubuh
Entah sudah berapa kali Anda mencoba melakukan diet dan olahraga untuk mendapatkan tubuh yang semampai, namun hasilnya nihil.

Mungkin akar permasalahannya adalah Anda tidak melakukan diet dan olahraga sesuai bentuk tubuh. Trainer selebritas Matt Roberts mengatakan kunci sukses melangsingkan bentuk tubuh adalah mengetahui dulu bentuk tubuh.

Pada dasarnya ada empat bentuk tubuh perempuan yaitu pir, apel, jam pasir, dan Tubular.

"Anda harus mulai berpikir realistis. Jika bentuk tubuh Anda adalah jam pasir, maka Anda harus tampil seksi ala tubuh berbentuk jam pasir," kata Matt seperti dikutip Tribunnews.com dari Daily Mail.

Melangsingkan tubuh masuk dalam resolusi 2014 Anda? Kalau begitu Anda patut menyimak tips Matt berikut ini:

1. Pir

Perempuan berbadan pir memiliki berat yang berfokus pada area bokong hingga paha. Selebritas yang memiliki bentuk tubuh ini antara lain Beyonce dan Rihanna.

Matt menyarankan untuk melakukan training interval berintensitas tinggi untuk meningkatkan metobolisme dan membakar lemak. Tak lupa upper body weight untuk membangun otot di area lengan dan bahu sehingga mempertegas lekuk tubuh.

Sebagai training interval, Matt mengatakan, "Pergi ke taman, cari area berbukit. Lalu lari sprint menanjak bukit. Lakukan berulang."

Yang perlu dihindari adalah lower body weightlifting. Untuk mengencakangkan area ini, lakukan dynamic lunges dan squat.

2. Apel

Titik fokus terletak pada area torso dan lengan. Area kaki perlu dilatih untuk mempertegas lekuk tubuh. Melanie Griffith, Catherine Zeta Jones dan Drew Barrymore adalah beberapa selebritas yang tubuhnya masuk dalam kategori ini.

Fokuskan latihan pada pembentukan area abdominal dan kaki. Interval training dan olahraga kardio berjarak jauh menjadi kunci latihan. Latihan ini menawarkan keseimbangan antara pembakaran lemak dan penguatan otot.

"Perempuan berbentuk apel memiliki kaki yang indah dengan punggung kecil yang seksi. Semua latihan yang dilakukan adalah untuk mengecilkan garis pinggang ," kata Matt.

Ia menyarankan untuk tidak melakukan latihan upper body terlalu berat agar area bahu dan dada tak semakin membesar.

3. Jam pasir

Tubuh tipe ini identik dengan lekukan tubuh yang indah. Lekukan tegas terlihat mulai dari bagian dada hingga bagian bokong. Sementara bagian pinggul lebih langsing. Selebritas yang bertubuh tipe ini antara lain Kate Winslet dan Myleene Klass.

Latihan berfokus pada pengecilan garis pinggang. Olahraga yang Matt sarankan adalah lari dipadu dengan latihan circuit training.

Pola makan harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya, berat badan perempuan dengan tubuh tipe ini paling mudah meningkat.  

4. Tubular

Bentuk tubuh ini identik dengan dada dan bokong yang tak berisi.

"Inilah bentuk tubuh yang diinginkan banyak perempuan. Padahal perempuan dengan tubuh tipe ini merasa tidak nyaman karena tak berbentuk," ujar Matt.

Meningkatkan asupan kalori sebagai energi pembentukan otot menjadi kunci mendapatkan lekuk tubuh Anda. Lakukan latihan yang berbeda setiap harinya sehingga seluruh bagian tubuh yang dilatih mendapat bagian.

Supermodel Cara Delevingne dan aktris Keira Knightley adalah selebritas bertubuh tipe ini.

Untuk makanan dan minuman, sebaiknya Anda memangkas segala asupan yang mengandung alkohol dan produk susu. Ini berlaku untuk semua jenis tubuh.

Rabu, 01 Januari 2014

Pemanasan Sebelum Berolahraga

Kita semua pasti sudah tahu bahwa pemanasan sebelum olahraga (warming up) merupakan ritual yang perlu dilakukan. Tetapi mungkin banyak yang belum tahu sebenarnya apa sih proses yang terjadi pada tubuh kita saat pemanasan.

Tubuh manusia merupakan suatu mesin biologis yang sangat rumit. Merupakan suatu gabungan dari bermacam sistim, baik itu sistim pernafasan, pompa jantung dan saluran pembuluh darah,  kelistrikan saraf,  mekanisme gerak otot, sistim pendukung berupa kerangka/tulang,  sendi dan jaringan ikat, juga termasuk organ metabolisme seperti otak, hati, ginjal, pankreas, dll. Kesemuanya akan bekerja secara sinergis dan simultan untuk menyokong agar tubuh mampu bergerak dengan baik dan terbebas dari efek cedera atau kejadian tubuh menjadi lemas akibat suplai oksigen dan zat zat nutrisi yang terlambat memenuhi kebutuhan metabolisme otot (tubuh).

Pemanasan Sebelum Berolahraga

Olahraga  merupakan aktifitas tubuh yang sangat baik untuk meningkatkan kekuatan dan  daya tahan otot , tulang dan organ2 tubuh, serta untuk mendetoksifikasi racun-racun sisa metabolisme yang berbahaya. Jadi pentingnya olahraga sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Pemanasan merupakan proses dimana kita mempersiapkan sistim sistim yang ada pada tubuh kita untuk siap memasuki fase olahraga yang sebenarnya. Jadi pemanasan seharusnya tidak dilakukan terlalu berat atau keras. Apabila pemasan dilakukan terlalu berat/keras atau terlalu lama, maka akibatnya juga kurang baik, karena tujuan olahraga yang diharapkan justru tidak akan tercapai, karena tubuh sudah terlanjur lelah atau justru mengalami cedera.

Prinsip pemanasan adalah untuk mempersiapkan otot agar mampu bekerja dengan baik,  dimana oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan sudah siap untuk digunakan, disamping itu sendi dan tendon serta jaringan ikat sudah lentur dan siap untuk digerakkan. Sering terjadi pada awal kita melakukan pemanasan kita merasa lemas, mulut menguap terus dan pandangan serasa berkunang-kunang , itu tandanya tubuh kita sedang membutuhkan oksigen lebih banyak, sementara sistim ventilasi oksigen serta transportasi darah belum bekerja dengan optimal,  dan bila pemanasan telah mencapai tujuannya maka rasa lemas dan mengantuk menjadi hilang, yang ada adalah rasa segar dan tubuh terasa ringan.

Mekanisme apa yang terjadi pada pemanasan sehingga efeknya bisa seperti diatas ? Pemanasan yang benar akan meningkatkan suhu tubuh sekitar 2 -3 derajat celcius diatas suhu tubuh normal. Peningkatan suhu tubuh sebesar itu akan meningkatkan laju metabolisme tubuh sekitar 10-30 persen. Peningkatan suhu tubuh tersebut diikuti dengan meningkatnya frekwensi pernafasan, meningkatnya denyut jantung dan curah jantung, meningkatnya aliran darah, meningkatnya kecepatan impuls saraf, dan meningkatnya pelepasan oksigen dijaringan otot dan organ tubuh. Meningkatnya kelenturan / elastisitas otot dan tendon, dan lingkup gerak sendi. Tubuh siap untuk bergerak dengan lebih cepat dan gesit saat memasuki fase olahraga.

Pemanasan yang tepat tergantung pada jenis olahraga yang akan dilakukan, usia, serta kondisi badan secara umum. Penting diketahui bahwa pemanasan yang dilakukan oleh seorang yang terlatih (atlet olahraga) tentunya ada perbedaan dengan orang awam (bukan atlet), dimana pada orang awam tentunya olahraga yang dilakukan tidaklah terlalu berat. Begitu juga faktor usia akan sangat menentukan kadar pemanasan dan olahraga yang dilakukan. Pemanasan yang tepat biasanya dilakukan cukup 10-15 menit saja, bila terlalu lama justru akan menyebabkan munculnya kelelahan yang lebih dini saat kita berolahraga.

Sebagai patokan apakah pemanasan telah mencapai tingkat yang optimal dapat dengan menggunakan cara menghitung denyut nadi di pergelangan tangan kita. Menggunakan rumus  220 – Usia X (60% - 80%). Rumus ini hanya sebagai patokan umum yang mudah diterapkan oleh siapa saja.  Pada orang dengan usia kurang dari 40 tahun dengan kondisi jantung sehat dapat menggunakan yang  220-Usia X 80% , sedangkan pada orang berusia diatas 40 tahun dengan jantung kurang sehat atau menderita hipertensi/darah tinggi  dapat menggunakan rumus yang 220-Usia x 60%. Sebagai contoh seorang pemuda sehat berusia 20 tahun maka diharapkan pemanasan boleh dilakukan sampai denyut nadi mencapai 220-20 X 80% = 160 X/menit.  Setelah itu silahkan memasuki fase olahraga yang sesungguhnya.

Rumus diatas hanya merupakan patokan yang bersifat umum, keadaan sesungguhnya tergantung pada respon tubuh  saat pemanasan dilakukan, apabila setelah 10 menit melakukan pemanasan dirasakan adanya sesak nafas  atau nyeri dada, atau pandangan berkunang-kunang, segera berhenti dan lakukan gerakan  relaksasi ringan dengan menarik nafas panjang secara bertahap sampai rasa sesak atau berkunang kunang menghilang dan sebaiknya segera ditindak lanjuti dengan memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan check up kondisi tubuh.


Tips Menghitung Denyut Nadi


Alat yang dibutuhkan adalah Jam tangan atau stop watch. Caranya; tekankan ujung jari ke 2,3 dan 4 tangan kanan pada pergelangan tangan kiri sisi dalam pada pangkal ibu jari. Tekan perlahan dan sesuaikan sampai dirasakan adanya denyut nadi. Sambil melihat detik jarum jam ukurlah jumlah denyut selama 1 menit. Bisa juga kita ukur selama 30 detik kemudian hasilnya dikalikan dua, atau mau lebih cepat lagi diukur selama 15 detik dan hasilnya dikalikan empat. Hasil yang didapat merupakan jumlah denyut nadi per menit. Perlu diketahui bahwa jumlah denyut nadi tidak identik dengan jumlah denyut jantung, karena pada penderita gangguan irama jantung kadang ada denyut jantung yang tidak teraba denyutnya di nadi pergelangan tangan. Tapi setidaknya dengan mengukur frekwensi denyut nadi akan dapat diketahui gambaran umum dari frekwensi denyut jantung kita.